Blog » Karir & Bisnis » Hadapi Resesi dengan Optimis, Perusahaan Wajib Lakukan Tips Ini untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Sekarang ini, dunia tengah dilanda kekhawatiran dan kecemasan akan bayangan resesi 2023. Prediksi ini semakin heboh dan menakutkan ketika IMF mengeluarkan laporan Countering the Cost of Living Crisis pada 11 Oktober 2022 lalu.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi global melambat dari 3,2 persen di tahun 2022 menjadi 2,7 persen pada tahun 2023. Tak hanya itu, IMF juga menyatakan bahwa sepertiga ekonomi dunia telah mengalami resesi. Hal ini lantas menyebabkan kepanikan akan ketidakpastian ekonomi di tahun depan. 

2023 Akan Gelap karena Resesi?

meningkatkan loyalitas pelangganKeadaan ekonomi di masa sekarang memang sedang sulit, terlebih fenomena pandemi covid-19 yang belum sepenuhnya selesai. Banyak pakar keuangan bahkan hingga Presiden Joko Widodo menyuarakan tentang adanya ancaman resesi 2023 ini.

Pengertian resesi sendiri adalah kondisi pertumbuhan ekonomi sebuah negara mengalami penurunan selama dua kuartal berturut-turut. Penyebabnya juga beragam, mulai dari naiknya suku bunga acuan hingga krisis pangan dan energi.

Dampak resesi ekonomi nantinya akan sangat dirasakan oleh para pebisnis karena menurunnya daya konsumsi masyarakat. Roda ekonomi perusahaan akan terganggu dan membuat kondisi finansial berantakan.

Perusahaan Bisa Tahan Resesi dengan Bertahannya Pelanggan Loyal

Meninjau permasalahan di atas, dapat disimpulkan bahwa diperlukan adanya strategi yang tepat untuk menghadapi resesi 2023. Salah satu caranya yaitu dengan meningkatkan loyalitas pelanggan

Mengapa demikian? 

Karena pelanggan setia merupakan aset berharga perusahaan yang bisa mempertahankan laba penjualan. Loyalitas pelanggan adalah sumber utama bagi kelangsungan dan pertumbuhan bisnis.

Selain mempertahankan angka penjualan, pelanggan loyal juga dapat menarik customer baru. Mereka yang puas akan sebuah layanan bisnis pasti cenderung mengajak kerabat atau orang lain untuk ikut menggunakannya.

Dengan begitu, bisnis akan terus tumbuh bahkan di masa-masa sulit seperti resesi 2023 nanti.

Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan Perusahaan

meningkatkan loyalitas pelangganNah, selanjutnya Delovery kali ini akan memberikan secercah tips untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Bagaimana caranya? Yuk, intip penjelasannya berikut ini.

  • Berikan Produk dan Layanan yang Berkualitas

Salah satu indikator loyalitas pelanggan adalah adanya pembelian ulang secara berkala. Untuk menciptakan kondisi tersebut, Anda harus memperhatikan kualitas produk dan layanan yang ada.

  • Menjaga Komunikasi dengan Customer

Cara kedua untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan membangun hubungan emosional yang baik. Sisi emosional konsumen ternyata berperan penting dalam pengambilan keputusan.

Dengan hal ini pula, Anda dapat tahu tentang apa yang mereka butuhkan. Nantinya, hal tersebut dapat Anda gunakan untuk menyusun strategi dan target bisnis selanjutnya.

  • Ciptakan Kemudahan dalam Bertransaksi

Perlu diketahui, bukan diskon dan promo besar-besaran yang membuat pelanggan kembali melainkan pengalaman berbelanja itu sendiri. 

Jika ingin memiliki pelanggan setia, pastikan layanan bisnis Anda cepat dan tanggap dalam mengurus segala kebutuhan maupun permasalahan konsumen. 

  • Meminta Review 

Sebagai pelaku usaha, jangan ragu untuk meminta pendapat, feedback, kritik maupun saran kepada pelanggan. Hal ini justru membuktikan bahwa bisnis yang Anda miliki profesional dan selalu ingin berinovasi.

Hal seperti ini akan menciptakan citra yang baik di mata konsumen sehingga dapat meningkatkan value brand.

  • Menciptakan Budaya Gifting untuk Customer

Tak hanya menjaga komunikasi, Anda juga harus memberi mereka perhatian. Sebuah perhatian kecil seperti hadiah ulang tahun nyatanya sukses meningkatkan loyalitas pelanggan.

Budaya Gifting Semakin Mudah dengan Corporate Gifting Club

Berbicara tentang budaya gifting atau reward, banyak yang berpikir bahwa hal semacam itu sangatlah ribet dan memusingkan. Padahal, kini Anda dapat dengan mudah mengatur hadiah untuk customer dan karyawan dengan bergabung bersama Corporate Gifting Club.

Program unik dari Delovery ini menyediakan layanan yang memudahkan korporasi untuk menerapkan budaya gifting. Program ini kian menarik karena adanya specialist gift yang akan memberikan Anda rekomendasi hadiah sesuai budget.

Anda hanya perlu mengirimkan data partner bisnis dan karyawan lalu Delovery akan mengirim hadiah tepat waktu. Khawatir soal keamanan data? Tenang saja! Delovery sudah menyiapkan NDA atau Surat Perjanjian Kerahasiaan.

Yuk, join Corporate Gifting Club dan nikmati praktisnya berkirim hadiah!

Previous

Cara Jitu untuk Pria Pemalu PDKT ke Gebetan

Next

Kenali 5 Macam Love Language, Kamu yang Mana?