Blog » Perlu Tahu » Kenali 5 Macam Love Language, Kamu yang Mana?

Belakangan ini, istilah love language atau bahasa cinta seringkali menjadi perbincangan di sosial media. Banyak orang yang penasaran, sehingga mereka menebak-nebak, bahkan mengikuti tes untuk mengetahui tipe love language dirinya atau pasangan. 

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa dalam sebuah relationship, bahasa cinta yang dimiliki antara kamu dan pasangan bisa saja berbeda. Dengan memahami ekspresi cinta yang dimiliki oleh pasangan, maka kamu bisa mencintainya dengan baik sesuai yang ia inginkan. 

Lantas sebenarnya, apa saja jenis love language yang kemungkinan paling sesuai dengan kamu? Yuk, simak macam-macam bahasa cinta di bawah ini untuk mengetahui kamu dan pasangan tipe yang mana!

Mengenal 5 Macam Love Language

Menurut Dr. Gary Chapman, love language terbagi menjadi lima jenis.  Apa saja? Berikut merupakan jenis-jenis bahasa cinta yang kemungkinan kamu miliki.

Word Of Affirmation

Tipe bahasa cinta yang pertama yaitu word of affirmation atau merupakan kata-kata penegasan. Penyampaian bahasa cinta ini ditunjukkan dengan kata-kata manis dan romantis. 

love language Misalnya seperti ungkapan rasa sayang, ucapan terima kasih, ucapan selamat, memuji penampilan pasangan, dan lain sebagainya. Jenis bahasa cinta ini, bisa disampaikan secara langsung maupun tidak langsung seperti melalui pesan pribadi, sambungan telepon, video call, dan masih banyak lagi.

Apabila pasangan memiliki love language word of affirmation, kamu bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Mengungkapkan segala hal yang dirasakan
  • Apabila tidak bisa menyampaikan kata-kata manis dan romantis secara langsung, kamu bisa menyampaikan melalui tulisan
  • Gunakanlah kata-kata bijak, karena seseorang dengan bahasa cinta jenis ini sangat memperhatikan setiap kata yang diucapkan maupun didengar
  • Pahamilah kalimat yang disukai oleh pasangan

Quality Time 

love language Bentuk ekspresi kasih sayang dari bahasa cinta ini ditandai dengan kesenangan menghabiskan waktu bersama pasangan. Ciri lainnya dari seseorang yang memiliki bahasa cinta quality time adalah sebagai berikut:

  • Merasa kesepian saat pasangan tidak memiliki banyak waktu untuk bersama
  • Sangat menghargai waktu yang dihabiskan saat bersama pasangan
  • Bagi mereka, menghabiskan waktu bersama pasangan lebih penting dibandingkan kata-kata, hadiah, serta love language tipe lainnya
  • Merasa kesal dan sedih saat pasangan tidak memiliki waktu untuk bertemu 

Physical Touch

love languageSesuai dengan artinya, bahasa cinta physical touch merupakan ungkapan sayang yang ditunjukkan melalui sentuhan fisik secara langsung. Bagi mereka yang memiliki bahasa cinta tipe ini, senang menunjukkan rasa sayangnya dengan cara menyentuh, membelai, dan sebagainya.

Bahasa cinta physical touch, dinilai sebagai ekspresi kasih sayang yang efektif. Namun dengan syarat, harus dilakukan dalam suasana yang penuh cinta dan tidak ada unsur pemaksaan.

Act Of Service

Love language act of service merupakan ungkapan kasih sayang yang ditampilkan dengan cara melakukan tindakan untuk membantu atau meringankan beban pasangan. 

love languageApabila pasangan memiliki bahasa cinta tipe ini, beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Berusaha menyenangkan pasangan melalui tindakan nyata
  • Mendengarkan keluh kesah pasangan
  • Memberikan apresiasi terhadap hal-hal yang dilakukan pasangan
  • Menunjukkan komitmen melalui tindakan

Receiving Gift

Seseorang yang memiliki love language jenis ini, biasanya akan merasa dicintai dan diperhatikan saat menerima hadiah. Artinya, mereka membutuhkan tindakan atau bukti yang nyata, bukan sekadar kata-kata saja. Maka dari itu, apabila pasangan kamu memiliki bahasa cinta ini, tak ada salahnya memberikan hadiah yang berkesan.

Kado hand bouquet untuk sampaikan rasa sayang pada pasanganMisalnya pada saat momen spesial, kamu bisa memberikan buket bunga yang indah ini untuk menyampaikan rasa sayang kepada pasangan. Untuk mendapat inspirasi hadiah buket bunga ini, langsung klik: Katalog Buket Bunga.

Kado custom karikatur bisa membuat pasangan merasa dicintaiAtau, memberikan hadiah sederhana namun bermakna seperti kado custom juga bisa membuat pasangan senang dan merasa dicintai. Kamu bisa kirim kado custom seperti di gambar ini disini: Kado Custom.

Selain memberikan hadiah berupa barang, kamu juga bisa sesekali memberikan surprise. Apalagi jika surprise tersebut diberikan saat hari istimewanya.

Nah, untuk mengetahui apakah pasangan kamu memiliki love language tipe ini, bisa dilihat melalui ciri-ciri sebagai berikut:

  • Senang memberi atau menerima hadiah meskipun tak ada acara spesial
  • Suka menerima atau memberi surprise
  • Selalu antusias saat menerima hadiah
  • Menyimpan setiap hadiah yang pernah diterima dan tidak membuangnya
  • Menghargai setiap pemberian, dibuktikan dengan cara menggunakannya, merawatnya, dan menyimpannya dengan baik.
  • Merasa sedih dan tidak nyaman saat tidak mendapatkan hadiah pada momen spesial. Misalnya seperti pasangan tidak memberikan hadiah saat hari ulang tahunnya.

Itulah penjelasan terkait macam-macam love language yang perlu kamu ketahui agar bisa mencintai pasangan lebih baik lagi. Bagi kamu yang sedang berusaha untuk memenuhi bahasa cinta pasangan, terus berusaha ya!

Sesekali, cobalah untuk memberikan pasangan hadiah. Meskipun bahasa cinta pasangan kamu bukan tipe receiving gift, namun tak ada yang tidak senang saat menerima hadiah, kan?  

Dengan memberikan hadiah yang disediakan oleh Delovery, diharapkan bisa membuat relationship kalian menjadi semakin erat.

Previous

Hadapi Resesi dengan Optimis, Perusahaan Wajib Lakukan Tips Ini untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Next

Jangan Bingung Lagi, Ini 5 Kado Natal Paling Dicari Tahun Ini!