Blog » Flowerpedia » Simbol Bunga Kelahiran Juni: Mawar dan Honeysuckle yang Indah

Bulan Juni merupakan pertengahan tahun yang penuh akan bunga-bunga bermekaran. Seseorang yang lahir pada bulan ini memiliki dua bunga kelahiran yaitu Mawar dan Honeysuckle.

Bunga kelahiran Juni muncul sejak zaman kuno yang berasal dari tradisi budaya pada zaman tersebut. Kedua bunga tersebut memberikan keceriaan dan kehangatan yang berasal dari pesona uniknya.

Meski memiliki perbedaan yang mencolok, bunga Mawar dan Honeysuckle memiliki aroma harum yang menarik perhatian. Perbedaan ini juga memungkinkan seseorang dengan bulan kelahiran Juni dapat memilih bunga yang cocok sesuai karakteristiknya.

Bunga kelahiran Juni memiliki simbol, sejarah, dan fakta menarik yang menarik untuk diketahui. Kehadiran bunga Mawar dan Honeysuckle menjadi simbol cinta, kesetiaan, dan persahabatan di bulan Juni itu sendiri.

Simak informasi selengkapnya mengenai bunga Mawar dan Honeysuckle sebagai bunga kelahiran Juni yang dapat menjadi ide hadiah yang menarik.

Bunga Kelahiran Juni: Mawar dan Honeysuckle

Pertengahan tahun merupakan waktu dimana orang-orang sudah menjalani separuh perjalanan yang melelahkan dalam setahun. Meski begitu, bulan Juni tetap menghadirkan kebahagiaan bagi yang lahir di bulan ini.

Mereka merasakan kebahagiaan berkat hadirnya dua bulan kelahiran Juni yaitu Mawar dan Honeysuckle. Utamanya, bunga Mawar yang menawan menjadi ikon pada bulan Juni.

Meski tidak sepopuler Mawar, Honeysuckle tetap memiliki pesonanya sendiri. Bunga ini memiliki aroma yang manis hingga mampu menarik burung kolibri dan kupu-kupu yang cantik.

Dalam perayaan kelahiran pada bulan Juni, akan semakin lengkap dengan kehadiran bunga Mawar dan Honeysuckle. Sama seperti bunga kelahiran pada bulan lainnya, kedua bunga ini akan memberikan perasaan menyenangkan saat menyambut umur yang baru.

Baca juga: Jenis Bunga Berdasarkan Bulan Kelahiran (Januari – Juni)

1. Mawar sebagai Bunga Kelahiran Juni yang Utama

Mawar sebagai Bunga Kelahiran Juni yang Utama

Semua orang tentu mengenal Mawar sebagai bunga indah dengan aroma harum yang khas. Bahkan bunga ini menjadi salah satu bunga terpopuler dan menjadi favorit banyak orang.

Hadir sebagai bunga utama untuk kelahiran Juni, Mawar memiliki berbagai warna dengan pesonanya masing-masing. Mulai dari merah, putih, kuning, pink, oranye, ungu, biru, hingga hitam.

Meski memiliki batang yang penuh duri, kelopak bunga yang halus menjadi daya tarik orang-orang untuk menyentuhnya. Namun, perlu kehati-hatian agar durinya tidak melukai tangan.

Bulan kelahiran Juni ini memiliki simbolisme, sejarah, dan fakta menarik yang wajib untuk diketahui oleh orang yang lahir di bulan Juni. Berikut informasi selengkapnya.

Simbolisme Bunga Mawar

Bunga Mawar memiliki beragam simbolisme yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Biasanya bunga ini hadir dalam pernyataan cinta atau hal-hal romantis lainnya.

Secara umum, bunga mawar dipercaya menjadi simbol romantisme, kemurnian, kecantikan, dan kenangan. Hal ini membuat orang dengan kelahiran Juni memiliki karakteristik yang sama dengan bunga Mawar.

Romantisme

Semua orang pasti setuju bahwa bunga Mawar menjadi simbol romantisme yang mencakup perasaan cinta mendalam kepada seseorang. Simbol ini secara universal dipercaya dan diikuti oleh orang di seluruh dunia.

Biasanya mereka memberikan rangkaian Mawar Merah untuk menghadirkan romantisme pada momen spesial dengan orang terkasihnya. Warna merah menyala menggambarkan gairah cinta yang menggebu-gebu.

Tidak hanya sebagai simbol romantisme, masih banyak arti dan fakta menarik dari Mawar Merah. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca artikel kami tentang Arti Bunga Mawar Merah Dalam Cinta sebelum beranjak ke simbolisme yang berikutnya.

Kemurnian dan Kepolosan

Simbol kemurnian dari Mawar berasal dari bunga Mawar putih yang populer dalam acara pernikahan atau upacara keagamaan. Warna putih bersih juga menunjukkan kepolosan pada seseorang yang lahir di bulan Juni.

Kemurnian dalam bunga Mawar Putih juga menandakan sebagai awal baru yang belum ternodai oleh suatu hal yang buruk. Seseorang akan dengan optimis memulai langkahnya dengan percaya diri.

Kecantikan

Bunga Mawar menjadi salah satu bunga dengan bentuk yang paling indah. Orang-orang mengagumi keindahan pada setiap kelopak dalam tangkai bunga tersebut.

Batangnya yang penuh duri mengisyaratkan bahwa kecantikan bunga ini tidak mudah untuk digapai. Mereka harus berhati-hati saat ingin menyentuhnya agar tidak terkena durinya.

Kecantikan bunga Mawar sudah diakui dengan populernya rangkaian bunga Mawar sebagai hadiah untuk orang terkasih. Tidak sedikit pula yang menjadikan bunga ini sebagai hiasan di taman dan halaman rumah.

Kenangan

Setiap orang tentu memiliki kenangan indah bersama orang lain. Apalagi jika kenangan tersebut berhubungan dengan orang lain yang sudah meninggalkan dunia ini. Tentu kenangan itu akan sulit dilupakan begitu saja.

Berkaitan dengan hal tersebut, bunga Mawar Hitam dapat menjadi simbol kenangan untuk menghormati atau menghargai kenangan yang ditinggalkannya.

Biasanya mereka juga akan memberikan bunga Mawar Hitam saat upacara pemakaman sebagai bentuk duka cita yang mendalam.

Sejarah Bunga Mawar

Bunga Mawar tidak serta merta menjadi bunga populer tanpa adanya sejarah di baliknya. Sejak 35 juta tahun yang lalu, Mawar telah hadir di tengah-tengah bangsa Mesir Kuno. Hal ini terbukti dari ditemukannya fosil bunga Mawar.

Pada zaman Mesir Kuno, Mawar digunakan sebagai persembahan bagi para Dewa. Di sisi lain, bangsawan Romawi juga membuat taman Mawar yang luas karena bunga ini sangat dicintai pada masa itu.

Bunga Mawar pertama kali dibudidayakan di Tiongkok Kuno karena bangsa tersebut sangat mengagumi keindahan dari bunga ini. Budidaya Mawar semakin meningkat pada abad ke-18 dan ke-19 hingga memunculkan banyak varietas baru.

Hingga saat ini, Mawar menjadi bunga populer yang mampu mengurangi kecemasan dan stres dengan meningkatnya mood.

Fakta Menarik Bunga Mawar

Seperti bunga pada umumnya, Mawar memiliki fakta menarik untuk diselami dengan baik. Apalagi bunga ini menjadi bunga kelahiran Juni yang utama. Berikut fakta menarik dari bunga Mawar.

  • Inggris, Amerika Serikat, dan Maladewa menjadikan Mawar sebagai bunga nasional.
  • Selama berabad-abad, bunga Mawar dipakai sebagai bahan masakan dan pengobatan.
  • Terdapat bunga Mawar tertua yang berusia lebih dari 1000 tahun di dinding Katedral Hildesheim, Jerman.
  • Juliet Rose menjadi jenis Mawar paling mahal karena membutuhkan waktu 15 tahun untuk tumbuh.
  • Dengan luas lebih dari 9000 kaki, semak Mawar di Trombostone, Arizona menjadi yang paling besar di dunia.

2. Bunga Honeysuckle Berbau Harum

Bunga Kelahiran Juni: Honeysuckle yang Harum

Beranjak ke bunga kelahiran Juni yang kedua yaitu Honesysuckle. Mungkin beberapa di antara kita masih belum familiar dengan bunga ini.

Termasuk dalam jenis tanaman yang merambat, Honeysuckle berukuran kecil dengan bau yang harum. Bunga ini berwarna merah, kuning, merah jambu, dan putih.

Bunga Honeysuckle berbentuk tabung dan memiliki nektar yang manis. Tidak heran jika serangga seperti kupu-kupu dan lebah hinggap di bunga ini dalam waktu yang lama.

Jika kamu lahir di bulan Juni mengetahui Honeysuckle menjadi hal yang mutlak. Mulailah dengan arti, sejarah, dan fakta menarik Honeysuckle sebagai bunga kelahiran Juni.

Arti Bunga Honeysuckle

Honeysuckle dapat menyebar dan berkembang dengan mudah di taman, kebun, hingga pinggir jalan.

Bunga Honeysuckle memang tidak sepopuler Mawar, tetapi bunga ini tetap memiliki penggemar dari pecinta bunga. Banyak yang membudidayakan Honesysuckle sebagai bunga yang menghiasi tamannya.

Sama halnya dengan bunga Mawar, Honeysuckle memiliki arti atau simbolisme yang berkembang dari waktu ke waktu. Berikut beberapa arti dari bunga Honeysuckle.

Cinta

Dalam bahasa bunga, Honesysuckle menjadi simbol cinta dan kasih sayang. Hal ini berasal dari aromanya yang manis sehingga cocok sebagai ungkapan perasaan untuk orang terkasih.

Sifatnya yang merambat dengan lilitan yang kuat juga melambangkan ikatan cinta abadi dalam sebuah hubungan. Meski tidak biasa, kamu dapat menggunakan Honeysuckle sebagai hadiah pada momen spesial.

Kesetiaan

Honeysuckle menjadi tanaman merambat yang harus menempel pada suatu penyangga untuk bertahan hidup. Dalam waktu yang lama, Honesysuckle akan terus menempel dengan kuat.

Cara merambat tanaman Honesysuckle melambangkan kesetiaan karena bunga ini tidak mudah berpindah tempat untuk merambat. Sama halnya dengan orang yang setia pada satu pasangannya selama bertahun-tahun.

Keindahan

Bunga Honesysuckle memiliki kelopak-kelopak yang halus dengan bentuknya yang indah. Setiap bunga dalam tangkainya menjadi simbol keindahan.

Banyak orang mengagumi pesona keindahan yang dipancarkan oleh bunga ini. Berikan bunga Honeysuckle untuk menggambarkan keindahan pasanganmu.

Kebahagiaan

Bau harum dan manisnya nektar dari bunga Honesysuckle menunjukkan hidup yang manis dengan kebahagiaan di dalamnya. Siapapun yang melihat bunga ini akan memiliki perasaan bahagia dalam hidupnya.

Bunga Honeysuckle mampu memancarkan perasaan manis yang mampu mengubah kesedihan atau mengembalikan mood menjadi lebih menyenangkan.

Sejarah dan Tempat Mekar Bunga Honeysuckle

Kemunculan bunga Honeysuckle tidak terlepas dari sejarah panjang selama berabad-abad lamanya. Pada zaman dahulu, bunga ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan demam dan penyakit kulit.

Kandungan antibakteri dan sifat antiinflamasi membuat Honeysuckle ampuh dalam mengobati kedua penyakit tersebut. Bunga ini pun menjadi populer sebagai pengobatan tradisional Tiongkok.

Pada abad ke-18 dan ke-19 kepopuleran bunga Honeysuckle semakin meningkat di Eropa dan Amerika Utara. Hal ini disebabkan karena adanya pengembangan varietas baru pada bunga tersebut.

Saat ini pun bunga Honeysuckle masih populer di kalangan pecinta bunga karena aroma harum dan rasa yang manis. Bahkan bunga ini menjadi tanaman tanam yang disukai di berbagai belahan dunia.

Fakta Menarik Bunga Honeysuckle

Bunga Honeysuckle memiliki fakta menarik sebagai bunga kelahiran Juni. Dengan rasa nektar yang manis, bunga ini menyimpan keunikannya. Berikut informasi selengkapnya.

  • Rasanya yang manis membuat Honesysuckle digunakan sebagai penambah rasa pada teh, hidangan penutup, dan salad.
  • Nama “Honeysuckle” berasal dari cara menghisap nektar manis dari pangkal bunganya.
  • Beberapa tradisi dan budaya percaya bahwa bunga Honeysuckle dapat menjadi perlindungan dan keberuntungan.

Rangkaian Bunga Kelahiran Juni

Rangkaian Bunga Kelahiran Juni

Sebuah bunga tentu akan lebih menarik jika dibuat sebuah rangkaian yang indah dan cantik. Hal yang sama terjadi pada kedua bunga kelahiran Juni yaitu Mawar dan Honeysuckle.

Meski memiliki bentuk dan ukuran yang sangat berbeda, keduanya dapat dikombinasikan dalam satu rangkaian bunga. Apalagi Mawar dan Honeysuckle memiliki aroma harum yang akan menarik perhatian banyak orang.

Mawar dengan bunganya yang besar akan memberikan kontras indah jika berdampingan dengan Honeysuckle yang kecil. Bentuk bunga yang melengkung juga membuat Honeysuckle menciptakan desain yang tidak membosankan.

Hal yang harus diperhatikan adalah memilih warna pada kedua bunga tersebut. Pastikan untuk tidak memilih warna kontras yang dapat mengganggu mata saat memandangnya.

Kirim Bunga Kelahiran Juni dengan Delovery

Produk Delovery sebagai Bunga Kelahiran Juni

Bunga kelahiran Juni menjadi ide rangkaian bunga yang sangat menarik sebagai hadiah untuk orang yang lahir pada bulan tersebut. kamu bisa memberikan Mawar dan Honeysuckle secara terpisah atau mengkombinasikannya dalam satu rangkaian bunga.

Maraknya toko bunga online membuat seseorang tidak lagi kebingungan untuk memilih rangkaian bunga yang mereka sukai. Salah satu pionir toko bunga online yang terpercaya adalah Delovery.

Hadir dengan mitra-mitra yang tersebar di seluruh Indonesia menjadikan Delovery sebagai platform ungkapan kasih dan silaturahmi yang paling utama. kamu bisa menemukan berbagai pilihan produk sesuai kebutuhan acara dan momen penting.

Rangkaian bunga kelahiran Juni dapat dengan mudah kamu buat dengan mengunjungi katalog occasion Ulang Tahun. Temukan produk yang cocok sebagai hadiah untuk diri sendiri atau orang lain dengan kelahiran Juni.

Previous

5 Arti Bunga Mawar Putih: Simbol Kesucian hingga Keabadian

Next

Bunga Kelahiran Agustus dengan Racunnya: Gladiol dan Poppy