Blog » Flowerpedia » Bunga Kelahiran Agustus dengan Racunnya: Gladiol dan Poppy

Membahas bunga kelahiran menjadi hal yang menarik untuk menambah pengetahuan, khususnya bagi para pecinta bunga. Bunga kelahiran Agustus menjadi salah satunya.

Agustus merupakan bulan ke-8 dalam kalender Masehi sebagai penanda berakhirnya musim panas. Biasanya, bulan ini menjadi waktu yang tepat untuk berlibur.

Saat bulan ini tiba, orang-orang menyambut dengan sukacita. Begitu pula dengan seseorang yang lahir di bulan Agustus.

Istimewanya bulan ini turut menghadirkan dua bunga kelahiran Agustus yaitu Gladiol dan Poppy. Meski beracun bagi beberapa hewan, keindahan bunganya tetap membawa kebahagiaan.

Bagi seseorang yang lahir di bulan Agustus, sangatlah penting untuk mengetahui bunga kelahirannya. Bunga Gladiol dan Poppy juga memiliki makna yang bersinggungan dengan kehidupan manusia.

Artikel ini akan membahas bunga kelahiran Agustus mulai dari makna, sejarah, fakta menarik, dan hal lain yang berkaitan dengan bunga Gladiol dan Poppy.

Bunga Kelahiran Agustus: Gladiol dan Poppy

Bulan istimewa seperti Agustus memiliki dua bunga kelahiran yang tidak kalah istimewa. Hadir dengan penuh makna, Gladiol dan Poppy menjadi menjelma sebagai bunga yang indah.

Keduanya menjadi ikon bulan Agustus yang selalu dinantikan semua orang pada setiap tahunnya. Seseorang yang lahir pada bulan ini dapat memilih satu diantara kedua bunga tersebut yang sesuai dengan kepribadiannya.

Selama berabad-abad, Gladiol dan Poppy telah tumbuh dan berkembang menjadi bunga yang populer. Kedua bunga ini juga memiliki makna yang sama sebagai simbol peringatan.

Dalam bahasa bunga, seseorang dapat membawa karakteristik atau kepribadian yang sama dengan bunga kelahirannya. Meski bukan hal yang mutlak, banyak orang yang masih mempercayainya sampai sekarang.

Baca juga: Bunga Kelahiran April: Daisy Dan Sweet Pea Yang Penuh Makna

1. Bunga Kelahiran Agustus: Gladiol

Gladiol sebagai Bunga Kelahiran Agustus

Setiap bulan memiliki bunga kelahiran yang utama sebagai ikon dari bulan tersebut. Pada bulan Agustus, bunga Gladiol yang menjadi utamanya.

Gladiol memiliki bunga yang tinggi dengan beragam warna cantik dan menarik perhatian. Tidak hanya warna yang mencolok, bunga Gladiol juga hadir dalam warna-warna pastel yang lembut.

Bunga Gladiol juga dikenal sebagai pedang lily. Dinamakan demikian karena bunga ini berbentuk seperti corong dengan daun yang panjang menyerupai pedang.

Bunga kelahiran Agustus ini sangat menarik untuk disimak lebih lanjut karena belum banyak yang memahami bunga Gladiol secara mendalam.

Berikut informasi mengenai makna, sejarah, fakta menarik, kandungan racun, hingga rangkaian yang cocok dengan bunga Gladiol.

Makna Bunga Gladiol

Bunga Gladiol memiliki makna yang digadang-gadang menjadi simbol untuk seseorang dengan kelahiran Agustus. Makna bunga Gladiol membuatnya populer sebagai pelengkap berbagai kesempatan atau acara.

Sejarah panjang membawa bunga Gladiol memiliki makna yang penting dalam kehidupan manusia. Berikut beberapa makna bunga Gladiol yang populer.

Kekuatan dan Integritas

Daun Gladiol yang menyerupai pedang memberikan makna simbolis pada bunga Gladiol. Makna ini berkaitan dengan kekuatan dan Integritas dari seorang gladiator saat bertarung.

Dalam menghadapi musuhnya gladiator akan mengerahkan seluruh kekuatannya dengan tetap menjunjung tinggi integritas moral dalam dirinya.

Peringatan dan Penghormatan

Beberapa budaya menyebutkan kaitan erat antara bunga Gladiol dengan simbol peringatan dan penghormatan. Mereka menggunakan bunga ini untuk mengingat dan menghormati kematian orang-orang terkasih.

Biasanya bunga Gladiol digunakan saat pemakaman dan upacara peringatan kematian seseorang. Ini menjadi bentuk penghormatan paling tulus yang dapat mereka berikan.

Romantisme

Meski dipakai sebagai simbol peringatan dan penghargaan pada kematian, bunga Poppy juga memiliki makna yang membahagiakan. Bunga ini melambangkan kegilaan seseorang kepada orang yang dicintainya.

Bunga dengan warna cerah ini menggambarkan emosi cinta yang penuh gairah pada kisah romantisme dalam sebuah hubungan. Tidak heran jika banyak orang memilih bunga Gladiol sebagai hadiah untuk pasangannya.

Kesuksesan

Dalam sejarah, bunga Gladiol dipakai sebagai tanda kemenangan gladiator yang berhasil menumbangkan lawannya. Ini membuat bunga Gladiol menjelma sebagai simbol kesuksesan atau kemenangan.

Kesuksesan tersebut tidak diraih dengan proses yang instan, tetapi seseorang harus berusaha keras untuk mencapai apa yang menjadi mimpi dan cita-citanya.

Gladiol dalam Sejarah

Gladiol dalam Sejarah untuk Bunga Kelahiran Agustus

Bunga Gladiol telah hadir sejak zaman Romawi Kuno yang berkaitan erat dengan para gladiator. Konon bunga ini diberikan sebagai persembahan untuk gladiator yang menang.

Persembahan dengan bunga Gladiol melambangkan kekuatan, kakaguman, dan kemenangan dari sang gladiator tangguh.

Nama “gladiator” berasal dari bahasa Latin “gladius” yang berarti pedang. Penamaannya melihat bentuk daunnya yang panjang seperti pedang.

Tanaman ini pertama kali dibudidayakan di wilayah Mediterania. Bangsa Yunani dan Romawi Kuno juga sangat menghargai bunga Gladiol karena bentuknya yang indah.

Sampai saat ini, bunga Gladiol memiliki lebih dari 260 spesies yang terus dibudidayakan untuk menikmati keindahan dan kegunaan serta menyelami maknanya.

Fakta Menarik Bunga Gladiol

Tidak terlepas dari sejarah panjang kemunculannya, bunga Gladiol memiliki beberapa fakta menarik sebagai bunga kelahiran Agustus yang utama. Berikut informasinya.

  • Masyarakat kuno percaya bahwa Gladiol dapat digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit seperti sakit perut dan batuk.
  • Seniman terkenal Belanda bernama Vincent van Gogh menampilkan karya lukisan dengan Gladiol yang berjudul “Vase with Red Gladioli”.
  • Umbi Gladiol yang ditanam secara berurutan dipercaya dapat memperpanjang musim mekar di antara musim panas dan gugur.

Apakah Bunga Gladiol Beracun?

Selain indah bunga Gladiol ternyata memiliki racun yang dapat membahayakan hewan hingga manusia. Letak racun terdapat pada umbi, daun, dan bunganya.

Hal ini sangat bertolak belakang dengan khasiat bunga Gladiol yang dipercaya masyarakat kuno. Seseorang yang menelan salah satu bagian dari bunga ini dapat mengalami mual, muntah, diare, serta iritasi pada mulut dan tenggorokan.

Oleh karena itu, awasi anak-anak dan hewan saat berada di sekitar tanaman atau bunga Gladiol. Anda harus memastikan bahwa bunga ini hanya menjadi hiasan di halaman atau taman bunga.

Rangkaian yang Cocok dengan Bunga Gladiol

Kandungan racun dalam bunga Gladiol tidak membuat bunga ini menjadi kehilangan keindahannya. Bunga Gladiol dapat menjadi ide hadiah untuk rangkaian bunga kelahiran Agustus.

Bunga Gladiol dapat dikombinasikan dengan bunga lain untuk menghasilkan rangkaian bunga yang indah dan cantik. Namun, tidak semua bunga cocok dengan bunga Gladiol.

Beberapa bunga yang cocok di antaranya mawar, hydrangea, krisan, aster, dan bunga lily. Kombinasikan bunga tersebut dengan memperhatikan susunan bunga agar terlihat harmonis dan proporsional.

Biasanya bunga Gladiol ditempatkan di belakang atau samping buket sebagai aksen atau titik fokus dalam buket bunga tersebut. Rangkaian bunga Gladiol menjadi pilihan paling tepat untuk diberikan kepada seseorang atau bayi yang lahir di bulan Agustus.

Memberikan rangkaian atau buket bunga untuk bayi tidak boleh sembarangan karena perlu memperhatikan beberapa tips penting. Kami telah menyediakan artikel tentang Tips Memilih Buket Bunga untuk Bayi yang perlu Anda baca terlebih dahulu sebelum beranjak ke bunga kelahiran Agustus yang berikutnya.

2. Bunga Kelahiran Agustus: Poppy

Poppy sebagai Bunga Kelahiran Agustus

Bunga kelahiran Agustus yang kedua adalah Poppy. Memiliki warna cerah yang cantik dan beragam mulai dari merah, kuning, oranye, pink, putih, hingga ungu.

Pada bagian tengah bunga ini berwarna gelap yang menonjol dan menjadi ciri khas tersendiri. Kelopak bunga yang halus membuat banyak orang kagum dengan bunga ini hingga menyentuhnya.

Bunga Poppy akan mekar pada akhir musim semi hingga awal musim panas melalui bantuan sinar matahari penuh dan tanah yang terdrainase dengan baik.

Bunga ini sangat populer di kalangan pecinta bunga. Mereka banyak membudidayakan bunga Poppy sebagai penghias taman agar lebih menarik perhatian dengan keindahan dan kecantikannya.

Sama seperti Gladiol, bunga Poppy disinyalir memiliki bagian yang beracun dan dapat membahayakan manusia dan hewan. Untuk itu, perlu berhati-hati saat bersinggungan dengan bunga ini.

Meski begitu, bunga Poppy tetap memiliki makna, sejarah, fakta menarik, hingga mitologi yang penting untuk Anda pahami sebagai seseorang dengan bulan kelahiran April. Berikut informasi selengkapnya.

Makna Bunga Poppy

Bunga kelahiran Agustus memang memiliki keistimewaan tersendiri khususnya pada makna bunganya. Salah satu makna populer dari bunga ini adalah sebagai simbol peringatan bagi pahlawan yang gugur.

Terdapat makna bunga Poppy lain yang berkembang seiring berjalannya waktu. Makna ini sangat penting bagi setiap orang yang lahir di bulan Agustus. Simak informasinya.

Tidur dan Kedamaian

Kandungan opium dalam bunga Poppy dapat menenangkan seseorang hingga membuatnya tertidur lelap. Dari situlah bunga ini menjadi simbol tidur dan kedamaian.

Hal ini juga berkaitan dengan kelopak-kelopak bunga Poppy yang menutup di malam hari dan kembali terbuka di pagi harinya. Bunga ini sering digunakan pada ritual atau upacara untuk menghadirkan kedamaian dan ketenteraman.

Peringatan

Sama seperti Gladiol, bunga Poppy juga menjadi simbol peringatan. Khususnya bagi tentara atau pahlawan yang gugur dalam peperangan.

Simbol bunga Poppy ini hadir pada bunganya yang berwarna merah. Tidak sampai disitu, bunga Poppy dapat menjadi pengingat akan pengorbanan yang dilakukan tentara tersebut.

Penghiburan dan Simpati

Bunga Poppy sering diberikan pada acara pemakaman sebagai simbol penghiburan dan simpati kepada orang yang ditinggalkan. Kehilangan secara tiba-tiba membuat seseorang mengalami kesedihan yang mendalam.

Sebagai orang terdekat, sudah seharusnya kita memberikan penghiburan dalam bentuk pemberian bunga Poppy untuk menunjukkan perhatian dan kepedulian terhadap sesama.

Imajinasi dan Mimpi

Efek penenang dari opium dalam bunga Poppy dapat membuat seseorang mengalami halusinasi dalam pikirannya. Secara tidak langsung bunga Poppy melambangkan sebuah imajinasi dan mimpi.

Seiring dengan simbol tersebut, aspek kreatif pada seseorang juga dapat datang dengan sendirinya. Hal ini sangat berguna dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari yang membutuhkan kreativitas.

Sejarah Bunga Poppy

Sejarah Poppy untuk Bunga Kelahiran Agustus

Bunga Poppy telah hadir sejak zaman kuno yang dipercayakan sebagai obat untuk berbagai penyakit. Bunga ini ditemukan di beberapa wilayah seperti Mesopotamia, Mesir, dan Yunani.

Poppy dikenal sebagai bunga dengan kandungan opiumnya untuk bahan narkotika yang dibudidayakan sejak zaman Mesopotamia Kuno. Meski begitu, tidak semua bunga Poppy memiliki kandungan opium dengan dosis yang tinggi.

Bunga Poppy berkaitan erat dengan peristiwa Perang Dunia I. Mereka tumbuh subur di tanah bekas peperangan, salah satunya di Flanders Fields.

Dari peristiwa itulah makna bunga Poppy sebagai simbol peringatan dan penghormatan atas tentara atau pahlawan yang gugur di medan perang.

Hingga saat ini bunga Poppy masih terus populer dan dikagumi sebagai bunga indah dalam rangkaian bunga atau buket untuk diberikan kepada orang tersayang.

Mitologi Bunga Poppy

Hadir selama berabad-abad membuat bunga Poppy berhubungan dengan mitologi zaman kuno. Secara umum bunga ini sering menjadi simbol dewa atau dewi pada suatu mitologi.

Dalam mitologi Yunani dan Romawi, bunga Poppy dikaitkan dengan Dewi Pertanian yang bernama Demeter. Selain itu, bunga ini sering digunakan dalam ritual keagamaan.

Lebih lanjut, mitologi Yunani juga mengaitkan bunga Poppy dengan Dewa Tidur Hypnos dan Dewa Kematian Thanatos. Simbol ini berasal dari kandungan opium dari bunga Poppy yang dapat menidurkan hingga mengurangi rasa sakit.

Fakta Menarik Bunga Poppy

Fakta menarik suatu bunga membuat seseorang dapat mengetahui seluk beluk bunga dengan mendalam. Terlebih lagi pada bunga Poppy yang menjadi bunga kelahiran Agustus. Berikut fakta menariknya.

  • Bunga Poppy memiliki lebih dari 70 spesies dengan ciri khasnya masing-masing.
  • Selama berabad-abad bunga Poppy hadir dalam beberapa lukisan terkenal karya Vincent van Gogh, Claude Monet, dan Georgia O’Keeffe.
  • Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada menggunakan bunga Poppy sebagai simbol penghormatan kepada para veteran perang setiap tanggal 11 November.
  • Bunga Poppy dipercaya sebagai obat penenang dan pereda nyeri selama berabad-abad.
  • Biji bunga Poppy juga dapat digunakan sebagai bahan makanan seperti roti, kue kering, dan salad.

Racun dalam Bunga Poppy

Keindahan pada suatu bunga memiliki sisi lain yang tidak boleh dikesampingkan begitu saja. Sama halnya dengan Gladiol, bunga Poppy juga memiliki kandungan racun yang membahayakan.

Racun dalam bunga Poppy terdapat pada bagian lateks yang berwarna putih. Lateks tersebut mengandung alkaloid opium seperti morfin dan kodein.

Opium dalam bunga Poppy dapat menjadi obat penenang, penghilang rasa sakit, dan membangkitkan suasana hati seseorang.

Konsumsi dalam dosis tinggi dapat menyebabkan seseorang berperilaku tidak wajar, hilangnya nafsu makan, pingsan, hingga pada tingkat terparah akan mengalami koma.

Ide Hadiah untuk Bunga Kelahiran Agustus dari Delovery

Bunga kelahiran Agustus dapat menjadi ide hadiah menarik terkhususnya bagi seseorang yang lahir pada bulan tersebut. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan rangkaian bunga Gladiol atau Poppy.

Sebagai langkah praktisnya, Anda dapat melakukan pemesanan rangkaian bunga pada toko hadiah dan bunga online Delovery. Berbagai pilihan tersedia untuk melengkapi perayaan bertambah umur tersebut.

Anda dapat melihat katalog occasion Ulang Tahun untuk memperoleh bunga kelahiran Agustus yang menawan. Jika tidak, pilihan kustomisasi rangkaian bunga dapat menjadi alternatifnya.

Delovery akan memberikan pelayanan terbaik dengan customer service yang ramah dan cepat tanggap dalam melayani pelanggan. Cukup dengan menghubungi melalui WhatsApp, Anda dapat melakukan pemesanan produk sesuai kebutuhan dan keinginan.

Previous

Simbol Bunga Kelahiran Juni: Mawar dan Honeysuckle yang Indah

Next

Keindahan Makna Bunga Kelahiran Oktober: Marigold & Cosmos