Blog » Flowerpedia » Keindahan Makna Bunga Kelahiran Oktober: Marigold & Cosmos

Bunga kelahiran Oktober identik dengan datangnya musim gugur yang membuatnya mekar sempurna. Di sisi lain, kebahagiaan turut terpancar karena terdapat orang yang akan mengalami pertambahan umur.

Mereka menyambut dengan perayaan suka cita bersama orang terkasih selama satu hari penuh. Pada saat itu peran bunga kelahiran Oktober menjadi sangat penting.

Terdapat dua bunga kelahiran Oktober, yaitu Marigold dan Cosmos. Sama seperti bunga kelahiran lainnya, kedua bunga tersebut memiliki arti, sejarah, dan fakta menarik untuk diselami.

Baik Marigold maupun Cosmos memiliki kelopak bunga dengan warna cerah sehingga mampu menarik perhatian orang-orang yang melihatnya. Tidak heran jika bunga kelahiran Oktober ini sangat populer di kalangan pecinta bunga.

Seseorang yang lahir di bulan Oktober sangat beruntung memiliki dua bunga kelahiran tersebut. Selain indah, keduanya memiliki arti yang positif sehingga dapat menjadi karakteristik dari orang tersebut.

Jika Kamu termasuk orang dengan kelahiran Oktober, artikel ini akan sangat membantu dalam memahami dua bunga yang menjadi ikon kelahiran pada bulan tersebut. Berikut informasi lengkap mengenai bunga kelahiran Oktober yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Bunga Kelahiran Oktober dan Artinya

Bulan Oktober menempati urutan ke-10 pada tahun Masehi. Pada bulan ini negara bagian barat mulai mengalami musim gugur dengan udara yang sejuk.

Bunga kelahiran Oktober pun bermekaran menyambut datangnya bulan yang istimewa ini. Dengan warna yang cerah, Marigold dan Cosmos menghiasi bayi yang lahir pada bulan tersebut.

Meski memiliki arti yang berbeda, kedua bunga kelahiran Oktober ini memberikan beberapa makna seperti kehangatan, gairah, dan kreativitas. Makna tersebut dapat menjadi kepribadian atau karakteristik seseorang dengan kelahiran Oktober.

Warna-warna yang cerah juga mencerminkan keceriaan, kebahagiaan, dan energi positif yang menyelimuti bulan Oktober. Ini mengingatkan kepada kita untuk selalu produktif untuk melakukan sesuatu meski tahun akan segera berakhir.

Setelah ini, Marigold dan Cosmos sebagai bunga kelahiran Oktober akan dibahas dengan detail pada artikel ini. Bagi Kamu yang lahir di bulan Oktober, penting untuk menyimak artikel bunga kelahiran Oktober sampai selesai.

Bunga Kelahiran Oktober: Marigold

Bunga Kelahiran Oktober: Marigold

Setiap bulan yang memiliki bunga kelahiran lebih satu pasti terdapat bunga utamanya. Pada bulan Oktober, Marigold menjadi ikon utama bunga kelahiran yang populer.

Marigold memiliki nama ilmiah Tagetes yang termasuk dalam tanaman tahunan. Hal ini mengartikan tanaman Marigold menyelesaikan siklus hidupnya dalam waktu satu tahun.

Kelopak bunga Marigold memiliki warna-warna yang cerah seperti kuning, oranye, dan merah. Bunga ini akan mekar dengan sempurna pada musim panas dan bertahan hingga musim gugur yang menambah keindahan pada bulan Oktober.

Bunga Marigold juga dilengkapi dengan daun berenda yang menambah kesan manis pada bunga tersebut. Tidak heran jika banyak orang memilih bunga ini sebagai hadiah dalam bentuk karangan atau buket bunga untuk orang terkasih.

Banyak hal lain tentang bunga Marigold yang dapat disimak untuk menambah pengetahuan mengenai bunga kelahiran Oktober. Berikut informasi lengkapnya.

Arti Bunga Marigold

Bunga memiliki arti yang sangat beragam dengan sejarah panjang dibaliknya. Begitu pula dengan arti bunga Marigold.

Sebagai bunga kelahiran Oktober, bunga Marigold memiliki arti yang mungkin menjadi kepribadian atau karakteristik orang yang lahir pada bulan tersebut. Arti bunga Marigold juga mampu membuat seseorang lebih takjub kepadanya.

Kreativitas

Makna kreativitas dari bunga Marigold berasal dari sifat Marigold yang dapat beradaptasi dengan suhu dan cuaca panas sekalipun. Sama seperti manusia yang harus memiliki kemampuan untuk terus adaptif dengan segala perubahan yang ada.

Bunga Marigold melambangkan kreativitas manusia dengan menemukan segala cara untuk terus menghadapi tantangan dan rintangan di hidupnya. Tidak jarang mereka juga mengembangkan atau memperbaharui cara-cara yang pernah dilakukan sebelumnya.

Pengabdian

Bunga Marigold mekar sepanjang musim panas dan gugur dengan indah. Masyarakat pun mengasosiasikan bunga ini sebagai simbol pengabdian.

Proses pembungaan Marigold yang selalu terjadi setiap tahunnya mencerminkan kesetiaan, komitmen, dan kekonsistenan. Ini menggambarkan seperti manusia yang tidak pernah goyah pada suatu hal yang telah dimulainya.

Gairah Cinta

Warna-warna cerah pada bunga Marigold melambangkan gairah cinta yang diselimuti oleh keceriaan dan kebahagiaan. Pesona yang dipancarkan Marigold juga menjadi simbol daya tarik yang mampu memikat pasangan.

Ketika keduanya memiliki ketertarikan yang kuat, hubungan tersebut akan semakin intens dengan saling berbagi kasih setiap harinya. Mereka sangat antusias dalam menjalani hubungan tersebut.

Semangat dan Energi Positif

Selain melambangkan gairah cinta, warna cerah pada bunga Marigold juga menjadi simbol semangat dan energi positif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Kehadirannya sebagai bunga kelahiran Oktober mampu meningkatkan suasana hati yang dapat menular kepada orang-orang disekitarnya. Tidak heran jika seseorang yang lahir di bulan Oktober memiliki banyak teman atau sahabat.

Bunga Marigold masuk dalam catatan Delovery sebagai bunga yang melambangkan harapan. Yuk baca apa saja bunga yang melambangkan harapan: 9 Bunga Yang Melambangkan Harapan, Ada Si Cantik Bunga Lily!

Asal Usul Bunga Marigold

Asal Usul Marigold sebagai Bunga Kelahiran Oktober

Bunga Marigold atau dikenal juga sebagai Calendula termasuk dalam bunga dengan sejarah yang panjang. Kemunculannya disinyalir sudah ada sejak berabad-abad lamanya.

Nama Marigold sendiri memiliki arti “emas Maria” yang berasal dari kata “Mary’s Gold”. Ini sebagai bentuk penghormatan kepada Perawan Maria yang merupakan ibu Yesus dalam tradisi Kristen.

Bunga ini pun menjelma sebagai simbol penghargaan dan persembahan yang sederhana untuknya. Bahkan pada upacara keagamaan dan festival, bunga Marigold diletakkan di altar dan karangan bunga.

Bunga Marigold berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, kemudian dibudidayakan sebagai tanaman hias, obat, hingga berbagai kuliner. Dari situlah bunga ini menjadi populer hingga digunakan pada acara-acara penting.

Negara Meksiko menggunakan bunga Marigold dalam perayaan Día de Muertos atau Hari Orang Mati yang jatuh pada setiap tanggal 2 November. Bunga ini hadir dalam beragam warna dengan bau harum sebagai persembahan kepada orang-orang terkasih yang telah meninggal.

Khasiat obat pada bunga Marigold dipercaya pada budaya Aztec kuno. Mereka menggunakan Marigold untuk mengobati berbagai penyakit seperti masalah pencernaan, peradangan, infeksi, dan penyakit kulit.

Variasi Marigold sebagai Rangkaian Bunga yang Indah

Bunga Marigold memiliki jenis yang beragam dengan daya tariknya masing-masing. Keunikan dan keindahannya sangat cocok sebagai pilihan bunga dalam rangkaian bunga.

Terdapat beberapa jenis bunga Marigold yang cocok sebagai rangkaian bunga dengan tema cerah. Ini dapat menjadi ide hadiah yang menarik untuk Kamu berikan kepada orang terkasih.

Marigold Perancis

Marigold Perancis

Memiliki bentuk yang kecil, Marigold Perancis terdiri atas kelopak bunga yang berlapis-lapis. Dalam rangkaian, bunga ini cocok untuk mengisi ruang-ruang kosong.

Dengan warma yang beragam, bunga ini dapat memberikan sentuhan ceria dan hangat pada rangkaian bunga. Berikan bunga ini sebagai tanda cinta kepada orang terkasih.

Marigold Afrika

Marigold Afrika

Bunga Marigold jenis ini juga dikenal sebagai Marigold Amerika yang memiliki ukuran besar dengan warna yang cerah. Hal ini dapat menambah volume dan keindahan.

Biasanya bunga ini berwarna oranye atau kuning cerah. Marigold Afrika juga sangat cocok sebagai fokus utama dalam sebuah rangkaian bunga.

Pot Marigold

Pot Marigold

Nuansa cerah Pot Marigold yang berasal dari warna kuning dan oranye membuat bunga ini menjadi pilihan yang tepat. Ukurannya yang mungil menjadi keindahan tersendiri dari Pot Marigold.

Selain itu, bunga ini memiliki daya tahan yang lama dengan aroma semerbak. Hal ini dapat menyenangkan seseorang yang menerima rangkaian bunga Pot Marigold.

Banyak juga orang yang percaya bunga marigold dapat menjadi mood booster bagi yang menerima. Yuk baca catatan kami terkait bunga-bunga yang dapat menjadi mood booster: Bikin Hati Senang, Ini 10+ Bunga Yang Bisa Menjadi Mood Booster.

Bunga Kelahiran Oktober Cosmos

Bunga Kelahiran Oktober: Cosmos

Sekarang saatnya kita membahas bunga kelahiran Oktober yang kedua, yaitu Cosmos. Bunga dengan warna beraneka ragam ini membawa kebahagiaan di bulan Oktober.

Cosmos atau yang biasa disebut dengan Kenikir. Bentuknya menyerupai bunga Aster atau Daisy yang memiliki cakram tengah dengan kelopak bunga halus di sekelilingnya.

Bunga ini termasuk dalam jenis tanaman tahunan dengan batang ramping dan berumur pendek yang mekar di sepanjang musim panas dan gugur. Meski berumur pendek, Cosmos memiliki warna cerah yang bertahan lama sehingga dapat menambah keindahan sebuah tempat.

Selain menarik perhatian manusia, Cosmos juga dapat menarik serangga seperti kupu-kupu dan lebah yang dapat membantu penyerbukan bunga dengan cepat.

Cosmos memiliki filosofi yang sangat menarik untuk dipelajari mulai dari makna, sejarah, fakta, hingga jenis-jenis bunganya. Ini menjadi langkah untuk memahami bunga kelahiran Oktober dengan baik. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Makna Bunga Cosmos

Mengulik Cosmos sebagai bunga kelahiran Oktober tidak lengkap tanpa adanya makna bunganya tersendiri. Makna ini akan membuat kita semakin menghargai bunga-bunga indah yang ada di sekitar.

Dengan begitu, Kamu dapat memberikan makna bunga Cosmos kepada orang terkasih tanpa adanya keraguan. Bunga ini dapat mencerminkan ketulusan seseorang dari hati yang terdalam.

Ketenangan dan Kedamaian

Makna bunga Cosmos sebagai simbol ketenangan dan kedamaian berasal dari arti Cosmos itu sendiri. Setiap kelopak yang tersusun secara harmonis mengisyaratkan adanya ketenangan hidup seseorang.

Dengan keseimbangan yang dimilikinya, bunga ini mengajarkan kita untuk selalu menyeimbangkan antara fisik, batin, dan rohani agar mampu mencapai kedamaian dalam hidup.

Kepolosan

Bunga Cosmos memiliki bentuk yang sederhana melambangkan kepolosan dari sifat alami manusia. Mereka hidup dengan kemurnian tanpa menutupi atau mengubah diri kita.

Meski hadir dalam warna-warna cerah, terdapat Cosmos dengan warna yang lembut seperti putih dan pink. Warna ini semakin menegaskan simbol kepolosan dan kemurnian dalam bunga Cosmos.

Cinta dan Kekaguman

Pesona dari bunga Cosmos yang sederhana namun elegan menghadirkan kekaguman bagi orang yang melihatnya. Sama halnya seperti seorang manusia yang kagum dan jatuh hati kepada lawan jenis.

Perasaan itu menciptakan benih-benih cinta yang tulus dari hati. Dalam situasi ini mereka justru tidak mengharapkan perasaannya terbalaskan. Hanya dengan melihat orang tersebut bahagia, dia juga turut merasakan kebahagiaan itu.

Keberanian

Tanaman Cosmos dapat hidup dan mudah tumbuh di berbagai lingkungan dengan tanah yang kering sekalipun. Bunga ini melambangkan keberanian untuk terus hidup walaupun di keadaan yang sulit.

Seseorang harus tetap menunjukkan kemampuan dan potensinya meski situasi dan kondisi tidak mendukung. Keberanian dan usaha yang keras akan mendatangkan keberhasilan di masa depan.

Baca juga: 5 Makna Mendalam Bunga Mawar Biru Misterius Tentang Perasaan

Sejarah Bunga Cosmos

Nama Cosmos berasal dari kata “Kosmos” dalam bahasa Yunani yang berarti “keteraturan” atau “dunia”. Hal ini terlihat dari kelopak bunga yang tersusun secara beraturan dalam setiap tangkainya.

Bunga Cosmos muncul pertama kali di Amerika Latin tepatnya di Meksiko dan Amerika Tengah. Kemudian bunga ini menjadi populer karena kaya akan tradisi yang berhubungan dengan spiritualitas.

Masyarakat adat setempat menganggap Cosmos sebagai jembatan suci yang menghubungkan dunia manusia dengan dunia ilahi (Tuhan). Oleh sebab itu, bunga ini digunakan dalam beberapa upacara keagamaan atau ritual untuk mengirimkan pesan dan doa agar mendapatkan berkah serta kedamaian.

Sama seperti Marigold, bunga Cosmos juga sering diletakkan di altar pada perayaan Hari Orang Mati. Warnanya yang cerah dipercaya sebagai penerang jalan dan roh pembimbing agar mendiang dapat mengunjungi orang terkasih yang masih hidup.

Bunga Cosmos mulai menyebar ke seluruh dunia pada akhir tahun 1700-an dan awal tahun 1800-an. Mereka cepat beradaptasi dan tumbuh dengan subur di taman-taman.

Fakta Menarik Bunga Cosmos

Cosmos termasuk ke dalam bunga berwarna cerah yang memberikan kebahagiaan pada seseorang dengan kelahiran Oktober. Di Balik warna cerahnya, terdapat fakta menarik bunga Cosmos yang menjadikannya populer. Berikut informasi selengkapnya.

  • Terdapat 20-30 spesies bunga Cosmos di dunia.
  • Bunga Cosmos dapat menghasilkan biji sendiri sehingga memungkinkan untuk dapat tumbuh dari tahun ke tahun.
  • Dalam vas, bunga Cosmos potong dapat bertahan dalam waktu lama dengan warnanya yang tetap cerah.
  • Tanaman Cosmos dapat tumbuh di tempat yang panas dan kering.

Jenis dan Varietas Bunga Cosmos yang Populer

Jika membahas jenis dan varietas bunga Cosmos akan membutuhkan satu artikel baru yang secara khusus menjelaskan bunga ini. Namun, tidak perlu untuk mengetahui semuanya karena hanya membuat bingung.

Kamu hanya perlu mengetahui jenis dan varietas bunga Cosmos yang populer, khususnya dalam rangkaian bunga. Ini dapat menjadi pilihan bunga sebagai hadiah terbaik.

Cosmos bipinnatus

Cosmos bipinnatus

Bunga Cosmos bipinnatus merupakan jenis Cosmos yang paling populer. Bunga ini memiliki kelopak besar dengan warna yang beraneka ragam.

Batangnya yang panjang membuat Cosmos jenis ini sangat ideal sebagai bunga potong. Mereka cocok dipadukan dengan Larkspur, Salvia, Lavender, dan Marigold untuk menghasilkan rangkaian bunga yang indah.

Cosmos sulphureus

Cosmos sulphureus

Meski memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jenis sebelumnya, Cosmos sulphureus tidak kalah indah untuk menjadi bunga yang populer. Bunga ini memiliki daya tahan yang lebih lama terhadap cuaca panas dan kering.

Hadir dalam warna kuning, oranye dan merah, Cosmos sulphureus juga cocok dikombinasi dengan bunga lain seperti Marigold dan Lavender.

Tips Menanam Marigold dan Cosmos dengan Mudah

Tips Menanam Marigold dan Cosmos

Seseorang dengan bulan kelahiran Oktober tentu memiliki keinginan untuk mempunyai bunga Marigold dan Cosmos di rumahnya. Kedua bunga ini termasuk dalam tanaman yang mudah ditanam dan dirawat.

Meski begitu, seseorang harus memiliki komitmen dan ketelatenan dalam melakukannya. Tidak memerlukan skill khusus, seorang pemula juga dapat mulai menanam kedua tanaman tersebut.

Terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan saat Kamu ingin menanam Marigold dan Cosmos dengan mudah. Berikut informasinya.

  • Baik Marigold dan Cosmos membutuhkan sinar matahari penuh setidaknya paparkan selama 6-8 jam per hari.
  • Pilih tanah yang subur dengan drainase yang baik, tetapi jangan sampai tergenang oleh air.
  • Berilah pupuk pada tanaman Marigold dalam kadar yang cukup, sedangkan Cosmos tidak perlu.
  • Lakukan penyiraman dengan konsisten tanpa melakukannya dengan berlebihan.
  • Cek secara berkala untuk menghindari tanaman terserang hama atau gulma.

Cara Terbaik Memberikan Bunga Kelahiran Oktober

Cara Terbaik Memberikan Bunga Kelahiran Oktober

Bunga Kelahiran Oktober memiliki keindahan yang tidak dapat ditemukan pada bunga kelahiran lainnya. Ini membuat bunga Marigold dan Cosmos sangat populer dan dinanti-nantikan oleh semua orang.

Memberikan bunga kelahiran Oktober kepada orang terkasih seperti keluarga, sahabat, hingga pasangan merupakan hal yang paling bijak untuk dilakukan.

Dengan begitu, Kamu dapat menyampaikan makna kedua bunga sesuai kebutuhan pada suatu momen penting. Harapannya baik Marigold ataupun Cosmos dapat sebagai perantara ungkapan kasih sayang.

Untuk orang terkasih, kita pasti ingin memberikan yang terbaik. Pastinya bunga kelahiran Oktober ini Kamu berikan saat hari ulang tahunnya sebagai hadiah, bentuk perhatian, dan kepedulian. Kami menyediakan cara terbaik memberikan bunga kelahiran Oktober.

  • Rangkaian Bunga Segar
  • Buket Bunga Kering
  • Gift Box Bunga
  • Bunga Potong
  • Pot Bunga Hidup
  • Karangan Bunga

Hadiah Bunga Kelahiran Oktober dari Delovery

Produk Bunga Kelahiran Oktober dari Delovery

Saat ini memberikan hadiah bunga kelahiran Oktober hanya membutuhkan satu langkah yang mudah. Cukup dengan melakukan pemesanan di toko bunga online, Kamu bisa mendapatkan produk yang diinginkan.

Salah satu pionir toko bunga online di Indonesia adalah Delovery. Terdapat macam-macam pilihan produk yang sudah disesuaikan dengan berbagai kesempatan dan acara.

Untuk melakukan pemesanan, Kamu bisa terlebih dahulu melihat katalog occasion Ulang Tahun dari Delovery dan langsung menghubungi customer service melalui WhatsApp untuk mendapatkan pelayanan.

Previous

Bunga Kelahiran Agustus dengan Racunnya: Gladiol dan Poppy

Next

9 Jenis Bunga yang Cocok untuk Pacar, Tunjukkan Cintamu!