Blog » Flowerpedia » Simbol pada Bunga Kelahiran Desember: Holly dan Narcissus

Desember menjadi bulan ke-12 dalam tahun Masehi yang sekaligus menjadi penanda akan adanya pergantian tahun. Bulan ini sangat istimewa karena terdapat perayaan Natal setiap tanggal 25 Desember.

Orang-orang sangat menantikan kedatangan bulan ini diikuti dengan turunnya salju yang indah. Tidak heran jika orang yang lahir di bulan Desember memiliki keberuntungan.

Pada bulan Desember terdapat dua bunga kelahiran yang memiliki simbol penting bagi kehidupan manusia. Bunga itu adalah Holly dan Narcissus.

Kedua bunga tersebut menambah kemeriahan dan keceriaan dalam perayaan Natal yang dilakukan oleh umat Kristiani. Banyak pula makanan lezat dan hadiah istimewa yang tidak boleh terlewatkan.

Hadirnya bunga Holly dan Narcissus dapat melambangkan kebahagiaan, keberuntungan, dan harapan. Ini sangat cocok dengan bulan Desember yang dipenuhi oleh perayaan dan doa untuk menyambut pergantian.

Artikel ini akan sangat berguna bagi Kamu yang lahir di bulan Desember agar mengetahui lebih dalam tentang bunga Holly dan Narcissus. Berikut ini bunga Kelahiran Desember yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Bunga Kelahiran Desember Artinya

Musim dingin di bulan Desember membawa turunnya salju dengan lebat. Hal ini menandakan tibanya pergantian tahun sebagai dimulainya perjalanan baru.

Bersamaan dengan itu, terdapat bunga kelahiran Desember yaitu Holly dan Narcissus yang mekar dengan sempurna. Musim dingin tidak membuat kedua bunga itu menyembunyikan keindahannya.

Pada perayaan Natal, bunga Holly juga mengambil peran yang penting. Bunga ini hadir sebagai hadiah dalam bentuk rangkaian bunga sebagai simbol kebahagiaan dan keberuntungan.

Sedangkan Narcissus yang berwarna putih akan menyambut pergantian tahun sebagai tanda adanya kelahiran kembali dan harapan untuk terus melanjutkan hidup.

Kedua bunga ini membawa kehangatan pada musim dingin selama bulan Desember. Mereka hadir pada setiap rumah dengan penuh suka cita.

Bagi Kamu yang lahir di bulan Desember akan sangat penting untuk mengetahui seluk beluk Holly dan Narcissus. Mulai dari sejarah, simbol, keunikan, karakteristik, hingga ide hadiah dengan bunga kelahiran Desember.

Baca juga: Bunga Kelahiran April: Daisy Dan Sweet Pea Yang Penuh Makna

Holly sebagai Bunga Kelahiran Desember

Holly sebagai Bunga Kelahiran Desember

Bunga kelahiran Desember yang pertama adalah bunga Holly. Meski dianggap sebagai bunga, sebenarnya Holly merupakan pohon hijau yang berbentuk semak, daun runcing, dan buah beri berwarna merah.

Termasuk dalam tanaman hias yang populer saat perayaan Natal di bulan Desember. Meski bukan sepenuhnya bunga, orang-orang meletakkan Holly pada karangan bunga sebagai dekorasi Natal.

Tidak salah jika Holly menjadi bunga kelahiran Desember yang membawa berbagai simbol. Pada musim dingin, bunga ini membawa kehangatan dan kebahagiaan yang sempurna.

Tanaman Holly biasa ditemukan di kebun, hutan, atau daerah beriklim sedang. Selain itu, bunga ini juga menggantung di rumah-rumah sebagai bentuk perlindungan dari roh jahat.

Kamu yang lahir di bulan Desember harus mengambil peran dalam memahami bunga Holly yang memiliki sejarah panjang beserta simbol yang ada di baliknya. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sejarah Bunga Holly

Bunga Holly memiliki sejarah yang menarik untuk Kamu ketahui. Bunga ini berasal dari Eropa, Asia, dan Amerika yang telah hadir berabad-abad lamanya.

Tidak hanya itu, bunga holly menjadi salah satu tanaman hias favorit di Inggris untuk berbagai perayaan. Bahkan pada zaman Druid Kuno, bunga ini dianggap sakral karena tidak layu saat musim dingin.

Bangsa Celtic juga menganggap bunga Holly sangat istimewa. Masyarakatnya percaya bahwa bunga ini memiliki kekuatan untuk melindungi dari serangan roh jahat. Mereka beramai-ramai membawanya ke rumah untuk mendapatkan perlindungan.

Tidak hanya dalam tradisi, Holly juga ditemukan dalam beberapa karya sastra dan seni seperti puisi dan lagu. Salah satunya adalah lagu Natal “The Holly and the Ivy”. Lagu tersebut menyebutkan bahwa bunga Holly sebagai lambang Natal yang abadi.

Baca juga: Bunga Kelahiran Agustus Dengan Racunnya: Gladiol Dan Poppy

Keunikan Bunga Holly

Keunikan Bunga Holly sebagai Bunga Kelahiran Desember

Holly sebagai bunga kelahiran Desember memiliki keunikan yang membuatnya semakin menarik perhatian banyak orang. Berikut beberapa keunikan dari bunga Holly untuk Kamu yang lahir di bulan Desember.

  • Bunga Holly memiliki daun yang berwarna hijau gelap dan mengkilap yang dapat bertahan dalam waktu lama.
  • Beberapa spesies memiliki daun dengan duri yang tajam sebagai perlindungan.
  • Buah berwarna merah cerah menjadi salah satu makanan yang penting bagi burung.
  • Tanaman Holly betina dapat menghasilkan buahnya sendiri, tetapi membutuhkan tanaman jantan untuk penyerbukan.
  • Kayu tanaman Holly memiliki karakteristik yang kuat dan padat sehingga dapat digunakan dalam pembuatan perabotan, alat musik, dan ukiran.

Simbol Bunga Holly

Sebagai bunga kelahiran Desember, bunga Holly memiliki simbol-simbol yang membuatnya berbeda dengan bunga lainnya. Pahami simbol bunga Holly untuk Kamu yang lahir di bulan Desember.

Kebahagiaan

Perayaan Natal pada bulan Desember menjadi hari yang paling dinantikan oleh seluruh umat Kristiani. Bunga Holly juga mengambil peran penting sebagai hiasan atau dekorasi pada perayaan tersebut.

Simbol kebahagiaan akan terpancar dari bunga yang berwarna merah ini. Dengan tampilan yang cerah, bunga Holly mampu meningkatkan suasana hati bagi siapapun yang melihatnya.

Perlindungan

Bunga Holly dianggap sebagai salah satu tanaman suci dalam tradisi pangan dan Druid kuno. Masyarakat pada zaman tersebutlah melambangkan bunga Holly sebagai simbol perlindungan dari roh jahat.

Simbol perlindungan juga terlihat dari tajamnya daun yang menunjukkan kekuatan dari ancaman bahaya. Bahkan tanaman bunga Holly tidak mudah tersambar petir. Tidak heran jika bunga ini sering menggantung di rumah-rumah.

Keberuntungan

Warna merah dengan daun hijau yang mengkilap tumbuh subur di musim dingin. Pada umumnya tanaman lain akan mulai meranggas dan mati saat tibanya musim dingin.

Hal ini membuat bunga Holly menjadi lambang keberuntungan. Setiap orang akan memiliki keberuntungannya masing-masing dalam menjalani kehidupan.

Niat Baik

Pada zaman Romawi Kuno, bunga Holly menghiasi rumah-rumah pada festival Saturnalia sebagai perayaan kemakmuran dan niat baik. Bunga Holly juga sering disebut sebagai tanaman hijau abadi. Ini menjadi simbol seseorang untuk terus menjalani hidup.

Mereka memiliki keinginan baik untuk kehidupan di masa depan. Sama halnya dengan orang-orang yang melantunkan harapan pada bulan Desember sebelum bergantinya tahun.

Baca juga: Simbol Bunga Kelahiran Juni: Mawar Dan Honeysuckle Yang Indah

Hubungan Bunga Holly dengan Perayaan Natal

Hubungan Bunga Holly dengan Perayaan Natal

Bunga Holly memiliki hubungan erat dengan perayaan Natal yang diperingati setiap tanggal 25 Desember. Orang-orang menganggap bunga ini menjadi unsur yang penting dan harus ada pada setiap perayaannya.

Ternyata hubungan ini memiliki sejarah yang berkaitan dengan Yesus. Holly melambangkan mahkota berduri tajam yang digunakan saat proses penyaliban. Buah Holly berwarna merah juga menjadi simbol darah yang tertumpah untuk menebus dosa umatnya.

Hubungan bunga Holly dengan perayaan Natal ini diadaptasi dari tradisi Pagan Eripa sebagai tanaman pelindung dari roh jahat. Pada perayaan Natal, bunga Holly banyak ditemukan menggantung di rumah-rumah sebagai hiasan dekoratif yang memeriahkan perayaan tersebut.

Bunga Kelahiran Desember Narcissus

Bunga Kelahiran Desember Narcissus

Beranjak ke bunga kelahiran Desember yang kedua yaitu Narcissus atau bunga bakung dengan kelopak indah yang mekar di musim semi. Bunga ini menjadi populer dengan keindahan kelopak bunganya yang halus.

Bunga Narcissus memiliki warna yang beragam untuk dekorasi atau hiasan di taman atau halaman rumah. Orang-orang menghargai bunga Narcissus dengan sejarah panjangnya.

Hadir selama berabad-abad membuat bunga ini semakin populer di kalangan pecinta bunga. Narcissus menyambut kedatangan bulan Desember dengan kelopak-kelopak yang mulai bermekaran.

Meski tidak sepopuler bunga Holly, Narcissus juga menyertai perayaan Natal untuk menambah kehangatan dan kegembiraan pada setiap umat Kristiani. Ketahui seluk beluk bunga Narcissus dalam informasi berikut ini.

Asal Usul Bunga Narcissus

Berabad-abad tahun yang lalu, bunga Narcissus hadir dari wilayah Eropa, Afrika Utara, dan Timur Tengah. Bunga kecil ini memiliki sejarah panjang yang unik.

Nama “Narcissus” berasal dari nama seorang pemburu muda pada zaman Yunani. Ia sangat terobsesi dengan segala sesuatu yang indah.

Mulai dari situ ia mementingkan penampilannya agar selalu terlihat indah dan menarik di hadapan orang-orang. Banyak orang yang mengagumi dan jatuh cinta terhadapnya. Namun, ia menolak semua pernyataan cinta tersebut.

Akhirnya, dewa Nemesis menghukum atas kesombongannya. Suatu hari, Narcissus menemukan bayangan dirinya di sebuah kolam. Dalam waktu yang lama, ia sibuk memandangi dirinya di kolam tersebut hingga akhirnya jatuh dan tenggelam.

Tenggelamnya Narcissus disebabkan oleh keindahan penampilan yang membutakan dirinya sendiri. Dari situlah, masyarakat Yunani menamai bunga kecil yang indah tersebut dengan nama “Narcissus”.

Karakteristik Bunga Narcissus

Karakteristik Bunga Narcissus sebagai Bunga Kelahiran Desember

Termasuk dalam kategori bunga yang indah, Narcissus memiliki karakteristik yang membedakannya dengan bunga lainnya. Meski ukurannya kecil, bunga ini tetap mencuri perhatian para pecinta bunga.

Karakteristik bunga Narcissus membuatnya populer dan mudah dikenali. Ini juga menjadi keunikan tersendiri pada bunga tersebut. Beberapa karakteristik Narcissus di antaranya.

  • Hidup berkelompok dengan tinggi tanaman sekitar 30-45 cm.
  • Daun dan tangkai bunganya panjang dan ramping.
  • Bentuk bunga menyerupai terompet.
  • Terdiri dari beragam warna, tetapi yang biasa ditemukan adalah warna putih
  • Aroma bunga yang manis dan khas dari bunga Narcissus.
  • Memiliki musim mekar di akhir musim dingin hingga awal musim semi.
  • Tumbuh subur pada suhu yang dingin
    Tidak menyukai sinar matahari langsung.

Simbol Bunga Narcissus

Bunga kelahiran Desember Narcissus hadir dengan keindahan yang tidak lepas dari simbol-simbol penting dalam kehidupan. Beberapa simbol bunga Narcissus adalah sebagai berikut.

Kesombongan

Simbol kesombongan dari bunga Narcissus tidak terlepas dari asal usulnya. Masyarakat Yunani yang menamai bunga ini menganggap bahwa apa yang dilakukan Narcissus adalah bentuk dari kesombongan.

Ia sangat terobsesi dengan penampilannya yang indah. Bahkan hal tersebut diketahui oleh banyak orang. Ia menemui ajal saat memandangi keindahan dirinya sendiri di kolam.

Harapan

Menjelma sebagai bunga kelahiran Desember, bunga Narcissus banyak dipakai dalam perayaan pergantian tahun di berbagai negara. Salah satunya di Cina pada Festival Musim Semi.

Bunga ini menjadi simbol harapan untuk masa depan yang lebih baik. Harapannya di tahun yang baru mereka senantiasa dilimpahi kemakmuran dan keberuntungan.

Kelahiran Kembali

Bunga Narcissus menjadi salah satu bunga yang pertama mekar setelah melalui panjangnya musim dingin. Mereka mekar di musim semi dengan bentuk paling indah.

Hadirnya bunga Narcissus melambangkan adanya kelahiran kembali yang terjadi setiap tahunnya. Jika dikaitkan dengan manusia, hal ini menandakan adanya sebuah perubahan saat memasuki tahun yang baru.

Kepolosan

Narcissus memiliki beberapa varietas dengan warna yang beragam. Salah satunya warna putih yang identik sebagai simbol kepolosan atau kemurnian.

Simbol ini sangat cocok sebagai bunga kelahiran Desember yang menjadi penanda akan dimulainya tahun yang baru. Pada kesempatan tersebut orang-orang akan memulai sebuah awal yang baru dengan penuh kepolosan dan ketidaktahuan.

Panduan Bunga Narcissus untuk Hadiah

Panduan Bunga Narcissus untuk Hadiah Bunga Kelahiran Desember

Bunga Narcissus bukan sekadar bunga yang indah untuk dipandang. Bunga ini memiliki simbol kuat yang hadir sebagai bunga kelahiran Desember.

Untuk mengabadikan momen pertambahan umur tersebut, Narcissus dapat digunakan sebagai hadiah yang unik dan menarik. Hadiah bunga ini menjadi hal paling manis untuk menunjukkan perhatian dan kasih sayang.

Kamu tidak perlu bingung untuk menjadikan bunga Narcissus sebagai hadiah. Terdapat beberapa panduan yang dapat Kamu jadikan sebagai acuannya. Berikut informasi selengkapnya.

  • Pilihlah warna bunga Narcissus sesuai simbol yang ingin ditonjolkan, seperti simbol kepolosan dengan Narcissus warna putih.
  • Mulailah dengan menyusun bunga Narcissus pada vas atau rangkaian bunga lain seperti buket dan kombinasikan dengan bunga lainnya.
  • Perhatikan penyusunan mulai dari bentuk, ukuran, dan warna dari masing-masing bunga agar terlihat harmonis.
  • Tambahkan hiasan seperti pita atau renda untuk menambah keindahannya.
  • Jangan lupa untuk memberikan kartu ucapan atau pesan kepada orang terkasih.

Selain menjadi bunga kelahiran Desember, bunga Narcissus atau bunga Daffodil juga dipercaya sebagai lambang kelahiran bulan Maret. Baca selengkapnya pada artikel kami tentang: Arti Bunga Daffodil, Bunga Kelahiran Maret: Kebahagiaan

Memberikan Bunga Kelahiran Desember dengan Delovery

Ide hadiah dengan bunga Holly dan Narcissus untuk kelahiran Desember menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Bunga-bunga ini akan menambah kehangatan dan kegembiraan pada pertambahan umurnya.

Delovery hadir sebagai toko bunga dan hadiah online yang menyediakan berbagai pilihan bunga sebagai pilihan hadiah. Meski sebagian besar produknya menghadirkan bunga-bunga populer seperti mawar dan tulip, Delovery juga menyediakan layanan kustomisasi.

Layanan ini membuat Kamu dapat melakukan pemesanan bunga kelahiran Desember Holly dan Narcissus dengan mudah. Kustomisasi ini tidak dikenakan biaya tambahan sedikitpun.

Jika Kamu bingung memilih bentuk dan ukuran dari rangkaian bunga kelahiran Desember, lihatlah terlebih dahulu katalog occasion Ulang Tahun sebagai referensinya.

Buket Charming Bloom untuk Bunga Kelahiran Desember

Salah satu produk rangkain bunga yang paling indah dari Delovery adalah produk Buket Bunga Charming Blooms yang tersedia di toko bunga online Semarang. Perpaduan bunga mawar, gerbera, dan babybreath yang manis sangat cocok untuk momen romantis.

Jika Kamu ingin memesan di Kota Semarang, silakan klik detail produk Buket Bunga Charming Blooms dan menghubungi customer service Delovery melalui WhatsApp.

Previous

7 Arti Bunga Tulip Putih dan Penggunaannya dalam Budaya, Jangan Keliru!

Next

Bunga Kelahiran Juli: Pesona Bunga Larkspur dan Teratai