Blog » Inspirasi » 20+ Ucapan Belasungkawa untuk Ungkapan Simpati ke Kerabat yang Berduka

Sudah semestinya kita menyampaikan ucapan belasungkawa pada seseorang yang sedang tertimpa musibah seperti kehilangan orang tersayang. Kematian memang sudah menjadi takdir manusia karena setiap yang bernyawa akan merasakan mati.

Memberikan ucapan duka cita kepada mereka yang sedang berada di situasi memilukan bisa menjadi salah satu bentuk perhatian dan kepedulian terhadapnya. 

Namun, ada kalanya orang-orang kebingungan untuk menyusun kalimat ucapan belasungkawa yang tepat. Pasalnya kesalahan dalam pemilihan kata justru dapat menimbulkan salah paham.

Untuk menyiasati hal tersebut, Delovery merangkum contoh ucapan berduka yang menenangkan dan penuh makna di bawah ini. Simak sampai habis ya!

Ucapan Belasungkawa yang Penuh Simpati

ucapan belasungkawaSeperti yang telah disebutkan, ucapan duka cita bisa menjadi salah satu bentuk perhatian atau rasa simpati. Sehingga, orang yang berduka tidak merasa sendirian dalam menanggung beban kehilangan. Berikut contoh ucapan berduka yang akan sukses menunjukkan kepedulianmu terhadapnya!

  • Kehilangan orang terkasih untuk selamanya tentu bukanlah hal yang mudah. Aku tahu pasti rasanya sungguh berat. Tapi ketahuilah, tak ada langkah yang lebih baik selain ikhlas atas kepergiannya.
  • Saya tahu bahwa apa yang kamu alami saat ini sangatlah sulit. Tidak apa-apa untuk bersedih, tapi jangan lupa untuk bangkit. Ketahuilah aku ada disini untukmu.
  • Aku tidak bisa membayangkan betapa berdukanya kamu sekarang. Tapi ingat jangan ragu jika ada yang kamu butuhkan, aku akan membantu sepenuh hati. Aku benar-benar turut berduka cita.
  • Aku memang tidak tahu pasti rasanya jadi kamu, tapi aku percaya bahwa ini bukanlah hal yang mudah. Turut berduka sedalam-dalamnya dan semoga diberikan ketabahan serta hati yang kuat untuk melalui semuanya.
  • Mendengar kabar sedih hari ini membuat hatiku turut berduka. Akan tetapi, doaku akan selalu menyertaimu.
  • Kata-kata mungkin tidak cukup untuk mengungkapkan segala kesedihan dan perhatianku untukmu. Tapi ucapan berduka cita dariku ini sangatlah tulus dan aku harap bisa menenangkanmu walau sesaat.
  • Pada momen yang sulit ini, aku berdoa agar Tuhan memberimu kekuatan yang cukup untuk melewati semuanya.

Ucapan Belasungkawa yang Memberi Semangat

ucapan belasungkawaSelain menunjukkan simpati kepada mereka yang berduka, ucapan duka cita sebaiknya disertai kalimat yang memberikan semangat dan kekuatan. Dengan begitu, orang yang sedang merasakan duka mendalam akan terbantu untuk bangkit lebih cepat.

Nah, berikut Delovery hadirkan contoh ucapan belasungkawa yang mengandung semangat di dalamnya.

  • Beliau pasti sudah tenang di sana, jadi jangan lupa kirim doa setiap hari. Semangat ya, sedih boleh tapi jangan lupa bangkit kembali!
  • Aku sekeluarga turut berduka atas apa yang telah terjadi. Percayalah ini semua adalah yang terbaik dan semoga kamu kuat serta tabah untuk menjalani ini.
  • Kita boleh saja bersedih karena memang tak ada perpisahan yang tidak menyakitkan. Akan tetapi, kesedihan tidak akan membuat beliau kembali lagi. Jadi jangan berlarut-larut dalam kesedihan ya!
  • Perpisahan memang menyakitkan. Tetapi sejatinya mereka yang kita cintai tidak akan pergi, mereka akan tetap hidup di dalam hati dan kenangan. Jadi tak perlu khawatir, mereka akan tetap bersama kita!
  • Aku turut berduka cita atas musibah yang menimpa kamu sekeluarga. Pasti engkau sedang merasakan duka yang mendalam, tapi yakinlah peristiwa ini akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih kuat di kemudian hari!
  • Tuhan tidak akan memberikan cobaan yang melebihi kekuatan hambanya kok, jadi aku percaya kamu pasti kuat melewati ini! 
  • Segala sesuatu yang bernyawa pasti akan menemui ajalnya. Maka bersabarlah atas kejadian ini dan percayalah ada hikmah di balik semua ini.
  • Wajar kok kalau kamu sedih, gapapa namanya juga kehilangan orang yang disayangi. Tapi jangan berlarut-larut ya karena dibalik kesedihan akan selalu ada kebahagiaan!

Ucapan Belasungkawa Singkat Penuh Makna

ucapan belasungkawaMeski singkat, padat dan jelas kalimat belasungkawa cukup menguatkan mereka yang tengah berduka. Berikut beberapa contoh ucapan berduka singkat yang berkesan.

  • Turut berduka cita atas kepergian beliau. Semoga duka ini lekas cepat berlalu.
  • Yang telah lalu biarlah berlalu, dan kini yang bisa kita lakukan adalah mendoakan beliau yang telah tiada.
  • Beliau adalah orang yang baik selama hidupnya, jadi saya percaya Tuhan akan menerimanya dengan baik dan menjaganya.
  • Saya sekeluarga sangat sedih mendengar kepergiannya. Turut berduka cita sedalam-dalamnya.
  • Turut berduka cita atas apa yang menimpa kamu dan keluarga dan semoga beliau bisa beristirahat dengan tenang di sana.
  • Semua ini adalah jalan terbaik sehingga kita wajib menerimanya dengan hati yang lapang.
  • Semoga beliau diberikan tempat terbaik disisinya dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan keikhlasan.
  • Semoga cinta dan kekuatan Tuhan dianugerahkan kepada kamu sekeluarga sehingga mendapatkan kekuatan untuk menghadapi momen berduka ini.

Mengapa Bunga Menjadi Hantaran Simpati untuk Belasungkawa 

bunga duka citaDalam mengungkapkan perasaan duka cita, bunga menjadi salah satu penghubung ungkapan belasungkawa untuk orang tercinta. Sebagian orang biasa mengirimkan sebuah karangan bunga duka cita sebagai bentuk perhatian dan penghormatan pada keluarga yang ditinggalkan.

Perlu Anda ketahui pula jika karangan bunga duka cita  dapat dipesan secara online melalui platform terpercaya seperti Delovery. Selain terpercaya, Delovery juga melayani pengiriman hingga lebih dari 300 kota di Indonesia.

Jadi tunggu apalagi? Yuk tunjukkan kasih sayang Anda lewat Delovery!

 

Previous

Bunga yang Diawetkan (Preserved Flower) dan Bunga Kering (Dried Flower), Apa Bedanya?

Next

Bukan Hanya Karena Indah, Ternyata Ini Sejarah Panjang Bunga Dalam Pernikahan