Blog » Tips » Panduan 10 Pemilihan Bunga Untuk Pernikahan Yang Memukau

Pemilihan Bunga Untuk Pernikahan – Berbicara mengenai bunga, bisa dibilang merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat menarik untuk dimiliki. Selain sebagai sarana dekorasi yang sangat cantik, bunga juga menjadi salah satu pernak-pernik yang penting untuk memberikan kesegaran yang tidak kalah penting. Meskipun penggunaannya sudah sangat banyak dilakukan, ternyata masih banyak orang-orang yang belum tahu apa sih bunga tersebut.

Pengetahuan Tentang Bunga

Nah jadi pada dasarnya, bunga merupakan suatu tunas yang termodifikasi pada suatu tubuh tumbuhan dan berfungsi sebagai alat reproduksi tumbuhan. Kita tentunya dapat mengetahui sebuah bunga dari empat lingkaran daun yang menjadi bagian utama bunga, yaitu kelopak (sepal), mahkota (petal), benang sari (stamen), dan putik (karpel).

Penggunaan bunga menjadi organ perkembangbiakan pada tumbuhan Angiospermae mengapa menjadi sangat penting. Sebab, terdapat alat-alat reproduksi generatif pada tubuh bunga, seperti benang sari, putik, dan kandung lembaga. Bunga dibentuk oleh jaringan meristem ujung secara khusus yang berkembang dari ujung pucuk vegetatif, setelah dirangsang oleh faktor internal (hormonal) dan faktor eksternal (musim, iklim, dan makanan yang dimakan oleh tumbuhan). Sehingga bunga hanya ada pada saat tertentu saja.

Oleh karena itu, jenis-jenis bunga pun sangat bervariasi, memiliki beragam bentuk, dan juga warna-warna yang sangat indah. Tak heran jika banyak orang yang sangat antusias memiliki bermacam bunga untuk menghiasi ruangan di rumah.

Bunga Yang Cocok Untuk Dekorasi Pernikahan

Nah berbicara mengenai bunga, banyak sekali yang menggunakannya sebagai dekorasi untuk pernikahan. Karena bisa dibilang, bunga juga menjadi representasi bagaimana tampilan yang unik dan menarik pada suatu pesta pernikahan. Sehingga sangat penting dalam pemilihan bunga yang cocok untuk dijadikan dekorasi dalam acara pernikaha. Nah buat yang penasaran, kami akan memberikan 10 bunga yang cocok untuk dijadikan bahan dekorasi untuk pernikahan.

  1. Bunga Mawar

Bunga mawar selalu menjadi simbol cinta dan asmara. Konon, orang Yunani mengidentikan bunga mawar dengan Aphrodite si Dewi Cinta. Orang-orang Romawi juga memakai mawar di prosesi pernikahan mereka dengan menyematkannya di rambut pengantin wanita, dan menebarkannya di lantai. Konon katanya aroma mawar bisa memabukkan persis cinta sepasang pengantin.

Sehingga dengan menghadirkan mawar dalam dekorasi pernikahan seolah ingin bercerita tentang kehangatan cinta yang selalu menakjubkan. Terlebih bila bunga ini juga termasuk yang tahan segala cuaca, maka menyimbolkan kekuatan cinta menghadapi segala “gelombang” kehidupan.

  1. Bunga Melati

Tahukah Anda bahwa bunga melati atau bunga jasmine memiliki arti hadiah dari Tuhan dalam bahasa Persia? Dan juga, biasanya orang Hawaii selalu menghadirkan bunga ini di hari pernikahan mereka karena aromanya begitu menenangkan. Pengantin di Hawaii juga memakai lei yang terbuat dari melati putih lokal sebagai lambang kesucian.

Lalu di India, ada tradisi dimana tamu wanita yang datang ke pernikahan akan diberikan bunga melati kecil untuk dililitkan di pergelangan tangan atau di rambut mereka sebagai simbol keanggunan serta ketulusan. Sehingga, hadirnya bunga melati pada hari pernikahan anda untuk mengekspresikan ketulusan cinta anda dan pasangan dalam membangun rumah tangga.

  1. Daun Ivy

Perjalanan cinta setiap pasangan tentunya memiliki kisag yang beragam. Ada yang merasa kalau bertemu pasangannya merupakan suatu keberuntungan karena ia dapat menjadikannya pribadi yang jauh lebih baik. Jika ini yang anda rasakan tentang pasangan, penggunaan daun Ivy adalah representasi yang tepat. Masyarakat Yunani kuno menganggap daun Ivy sebagai jimat keberuntungan yang ampuh.

  1. Bunga Lavender

Di Irlandia, penggunaan batang lavender juga banyak dipakai sebagai ramuan aromatik yang untuk acara pernikahan. Penggunan ramuan aromatik ini dipercaya sebagai simbol pengabdian. Sehingga dengan menghadirkan bunga ini pada hari pernikahan anda tidak hanya bercerita tentang pengabdian cinta tapi juga bisa memberikan ketenangan ketika anda atau pasangan merasa gugup menghadapi rangkaian prosesi pernikahan.

  1. Bunga Peony

Di Tiongkok dan Korea, penggunaan bunga peony bisa diartikan memiliki lambang kemakmuran. Dan menariknya lambang kemakmuran ini seringkali dibordir pada gaun pengantin wanita karena secara feng shui bunga ini adalah salah satu bunga yang paling menguntungkan. Tak hanya itu bunga peony juga menarasikan tentang kecantikan, feminitas, dan kasih sayang bagi masyarakat Asia.

  1. Bunga Lili

Para pengantin wanita di Yunani serta Roma sering menghiasi kepala mereka dengan penggunaan bunga lili. Karena bisa dibilang, bunga ini merepresentasikan keanggunan wanita. Serta ada lagi di Polinesia, pengantin wanita dan pria yang diikat dengan gelang cordyline fructose lilies untuk menjaga spirit keduanya tetap dipenuhi cinta ketika melangkah ke rumah baru sebagai suami-istri.

  1. Bunga Marigold

Banyak yang menyebut bunga ini sebagai “herbal matahari” karena melambangkan gairah. Lalu di Inggris, bunga ini diyakini sebagai afrodisiak karena itu sering diberikan kepada pasangan pengantin baru. Lalu di India, bunga ini adalah lambang keberuntungan yang kemudian dikalungkan kepada pengantin. Biasanya, pasangan pengantin India saling mengalungkan bunga ini saat upacara pemberkatan pernikahan.

  1. Bunga Dahlia

Berikutnya adalah bunga Dahlia yang merupakan sebuah simbol dari komitmen dan ikatan yang bertahan selamanya. Tidak heran jika bunga ini sering dihadirkan dalam momen pernikahan. Terlebih bunga ini juga termasuk bunga potong yang tahan lama, maka tak heran jika banyak pengantin wanita yang memilihnya sebagai buket pengantin itu sendiri.

  1. Bunga Baby’s Breath

Bunga putih mungil ini disebut baby’s breath karena memiliki bulir-bulir yang direpresentasikan sebagai segarnya napas bayi. Ini Bunga baby’s breath sering kali dipilih sebagai buket pengantin karena kesederhanannya mampu menyempurnakan tampilan pengantin wanita. Bunga ini juga melambangkan kesucian serta romantisme yang abadi

  1. Bunga Gardenia

Biasanya cinta adalah tentang ketulusan yang mendatangkan kebahagiaan dan kedua ini terepresentasi sempurna pada bunga Gardenia. Lalu ketika memasuki masa Victorian, bunga ini juga bercerita tentang awal yang baru. Jadi ketika ingin mengawali pernikahan dengan ketulusan serta kebahagiaan, maka bunga gardenia adalah simbol yang sempurna.

Nah setelah mengetahui 10 bunga yang banyak digunakan sebagai aksesoris maupun dekorasi pernikahan, tentunya anda perlu mencari dimana bunga-bunga tersebut bisa anda beli. Nah kami dari Delovery bisa menjadi pilihan pembelian bunga untuk pernikahan dengan kualitas terbaik. Tidak hanya itu, kami juga memberikan paket pengiriman bunga pernikahan serta promo menarik yang tentunya akan sangat sayang anda lewatkan.

Informasi Kontak Toko Bunga Jakarta

Nah bagi anda yang tertarik, anda bisa kunjungi website kami di www.delovery.com untuk melihat produk katalog dari kami. Selain itu anda bisa melakukan pemesanan melalui nomor telepon 08122883155. Kami merupakan toko bunga jakarta terbaik yang ada. Serta kunjungi sosial media kami di Instagram, Tiktok, Twitter, hingga YouTube.

Previous

6 Kiat Kreatif Menggunakan Bunga Hias Dalam Aristektur Lanskap

Next

8 Ide Kreatif Menata Bunga Dalam Vas Untuk Dekorasi Rumah Anda