Home » 6 Kiat Kreatif Menggunakan Bunga Hias Dalam Aristektur Lanskap

Kiat Kreatif Menggunakan Bunga Hias – Berbicara mengenai bunga hias, bisa dibilang merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak dipilih dan digunakan oleh orang-orang. Karena selain banyak dijual dan tersedia dimana-mana, bunga hias sendiri memiliki bentuk yang unik serta dengan harga yang tergolong terjangkau. Meskipun sangat populer dan penggunaannya sangat banyak, tetapi masih banyak orang-orang yang belum tahu apa sih bunga hias itu sendiri.

Pentingnya Bunga Hias

Jadi pada dasarnya, bunga hias merupakan jenis bunga yang memang sengaja ditanam untuk tujuan dekoratif atau sebagai hiasan. Penggunaan bunga hias ini bisa ditanam di taman sebagai pelengkap desain lanskap, ditanam pot yang diletakkan di dalam rumah atau di luar rumah, serta sebagai bunga potong.

Budidaya Bunga hias disebut dengan florikultur, khususnya untuk jenis tanaman yang berbunga. Untuk budidaya bunga yang menghasilkan manfaat lebih luas lagi disebut dengan holtikultur. Hasil budidaya holtikultur ini juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kuliner, contohnya digunakan untuk garnish pada makanan.

Warna dan wangi tanaman bunga hias ini juga termasuk salah satu karakteristik yang memiliki ciri khas yang tergolong kuat dan kental. Contohnya adalah tanaman yang tidak berbunga tetapi kayunya mengeluarkan wangi yang khas. Karena sifat yang dimilikinya, maka tumbuhan ini bisa diletakkan di dalam rumah atau ruangan tertentu dan masuk dalam kelompok tanaman hias.

Kiat Kreatif Menggunakan Bunga Hias

Nah berbicara mengenai bunga hias ini, pada dasarnya memiliki cara pemeliharaan dan penggunaan yang membutuhkan langkah dan cara yang tepat. Terlebih bagi anda yang menggunakan model arsitektur lanskap yang cukup komplek. Berikut akan kami sampaikan 6 kiat kreatif dalam menggunakan bunga hias arsitektur lanskap berikut ini.

  1. Rutin Untuk Memberi Pupuk

Hal pertama yang perlu anda perhatikan dalam penggunaan bunga hias ini adalah dengan selalu rutin memberi pupuk. Meskipun hanya seniah bunga hias, pada dasarnya bunga hias tersebut tetap membutuhkan vitamin dan makanan tambahan agar bisa tumbuh lebih subur. Bunga hias biasanya membutuhkan banyak nitrogen dan kalium untuk bertahan hidup.

Selian penggunaan pupuk kimia, Grameds bisa menggunakan pupuk alami seperti yang terbuat dari sampah dapur di lingkungan sekitar. Anda harus rajin memberi pupuk secara rutin seminggu sekali secukupnya sesuai kebutuhan tanaman. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk merawat kesuburan tanaman hias adalah memberi vitamin B1 atau pupuk yang berasal dari air cucian beras.

  1. Menggunakan Media Tanam Yang Tepat

Salah satu kunci penting merawat bunga hias model lanskap agar tetap subur dan bertahan hidup lama yakni memperhatikan media tanamnya. Anda harus memilih media tanam yang cocok untuk tanaman hias sesuai dengan karakteristik tanamannya.

Media tanam ini juga harus bisa disesuaikan dengan penempatan bunga hias tersebut. Misalnya seperti pemilihan tempat di dalam atau diluar ruangan. Grameds bisa menggunakan media tanam yang memiliki banyak material organik dan bisa mengikat air dengan baik.

Media tanam yang tepat dapat membuat tanaman hias bisa bertahan hidup lebih lama karena juga memiliki kualitas media tanam yang baik. Contoh media tanaman yang bisa anda gunakan adalah campuran pasir, pupuk, dan tanah dengan perbandingan komposisinya adalah 1:1:1.

  1. Menjamur Bunga Hias Secara Teratur

Hal penting lainnya yang perlu anda perhatikan adalah penyinaran atau asupan sinar matahari untuk bunga hias lanskap tersebut. Meskipun ada beberapa tanaman hias yang bisa bertahan hidup di ruangan tanpa sinar matahari, namun tetap sesekali anda harus menjemurnya agar tanaman tersebut bisa tumbuh lebih maksimal. Asupan sinar matahari tersebut justru dapat membuat tanaman hias bisa bertahan lebih lama.

Anda juga bisa sesuaikan jenis tanaman hias yang perlu asupan sinar matahari, seperti tanaman-tanaman yang berwarna hijau karena bisa saja membutuhkan proses fotosintesis yang lambat jika tidak ada sinar matahari. Anda juga tidak perlu menjemur tanaman hias terlalu lama karena justru bisa membuatnya menjadi kering dan layu.

  1. Rajin Melakukan Repotting

Melakukan repotting terkadang banyak disepelekan orang saat merawat bunga hias. Nah pada kenyatannya, dengan mengganti pot secara rutin dapat menjaga kestabilan pertumbuhan tanaman hias. Mengapa Grameds perlu mengganti pot tanaman hias secara berkala?

Hal tersebut perlu dilakukan karena tanaman hias pasti akan terus tumbuh dan bertambah besar, apalagi jika anda memelihara bunga hias yang mudah berkembang biak atau cepat tumbuhnya. 

Cara ini bisa memaksimalkan pertumbuhan bunga hias karena menjaga lahannya untuk tumbuh tetap tersedia sesuai dengan kebutuhan. Jika bunga hias tersebut semakin tumbuh besar maka membutuhkan semakinluas dan besar pula wadah atau potnya, jadi anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan tersebut.

  1. Menjaga Kestabilan Bunga Hias Itu Sendiri

Berikutnya adalah menjaga kebersihannya disekitar lingkungan kita. Banyak orang yang luput dari kebersihan bunga hias ini karena menganggap selama masih enak dipandang maka tidak jadi masalah.

Padahal bunga hias juga mudah terkena kotoran. Lalu bagaimana caranya menjaga kebersihan bunga hias? Misalnya anda bisa mengelap daun-daun tanaman hias yang bisa saja banyak debu dan akan mengganggu proses fotosintesisnya untuk berkembang.

Anda juga perlu menghindari bunga hias dari kotoran sampah, contohnya sampah-sampah kecil seperti abu dan puntung rokok, bungkus plastik dan sebagainya yang rentan terbuah di pot-pot tanaman hias jika kurang diperhatikan. Selain mengganggu pertumbuhan bunga hias, hal tersebut justru juga akan mengganggu pemandangan.

  1. Memastikan Bunga Hias Bebas Dari Hama

Yang terakhir dan perlu anda ketahui adalah anda harus memastikan bahwa bunga hias yang anda miliki tersebut terbebas dari hama. Karena pada dasarnya, bunga hias ini tetap berpotensi di serang oleh hama. Itulah sebabnya anda juga tetap perlu memperhatikan tanaman hias bebas dari hama agar tanaman tersebut bisa bertahan hidup lebih lama.

Cara untuk membebaskan tanaman hias dari hama bisa anda lakukan dengan cara memberikan nutrisi baik pada tanaman, menjaga kualitas media tanam, memindahkan tanaman secara rutin, memangkas rumput liar dan menjaga kebersihannya.

Nah setelah mengetahui cara penggunaan bunga hias arsitektur lanskap beserta cara merawatnya yang tepat, hal lainnya yang juga perlu anda perhatikan adalah dengan memilih tempat pembelian bunga hias yang berkualitas tinggi. Nah kami dari Delovery bisa menjadi pilihan yang menarik bagi anda. Karena Delovery merupakan salah satu tempat pembelian bunga hias dengan pilihan produk serta standar kualitas yang sudah terjamin dan teruji.

Informasi Kontak Toko Bunga Jakarta

Nah bagi anda yang tertarik, anda bisa kunjungi website kami di www.delovery.com untuk melihat produk katalog dari kami. Selain itu anda bisa melakukan pemesanan melalui nomor telepon 08122883155. Kami merupakan toko bunga jakarta terbaik yang ada. Serta kunjungi sosial media kami di Instagram, Tiktok, Twitter, hingga YouTube.

Previous

10 Tips Merawat Bunga Potong Agar Tetap Segar Lebih Lama

Next

Panduan 10 Pemilihan Bunga Untuk Pernikahan Yang Memukau