Blog » Perlu Tahu » Pentingnya Membangun Budaya Gifting di Perusahaan, Bikin Karyawan Makin Loyal & Produktif

Para pemilik bisnis dan HR tahu nggak nih seberapa pentingnya budaya gifting agar karyawan loyal terhadap perusahaan? Ya betul, penting sekali.

Meski bukan menjadi faktor utama, namun budaya gifting sukses membuat karyawan merasa diperhatikan dan diapresiasi. Sehingga karyawan akan lebih menghargai perusahaan dan semangat dalam bekerja.

Tak hanya sampai di situ, dengan membangun budaya gifting di lingkungan kerja kamu akan mendapatkan segudang manfaat yang menguntungkan.

Manfaat Budaya Gifting di Perusahaan untuk Karyawan

karyawan loyal

Seperti yang telah dijelaskan, budaya gifting menyimpan manfaat yang luar biasa bagi para pelaku usaha yang menerapkannya. Apa saja itu?

  • Menciptakan Bonding antara Perusahaan dan Karyawan

Budaya gifting nyatanya dapat dimanfaatkan sebagai ajang pendekatan perusahaan dan para karyawan. 

Pasalnya dengan menerapkan budaya gifting, berarti perusahaan ikut andil dalam hari-hari spesial para staff. Contoh sederhananya adalah ketika perusahaan mengirimkan hadiah kepada karyawan yang sedang berulang tahun.  

Dengan begitu, para karyawan akan merasakan adanya keterkaitan dan perusahaan akan lebih mudah menjalin hubungan yang harmonis dengan mereka. 

  • Membangun Loyalitas Karyawan

Manfaat utama dari menerapkan budaya gifting di lingkungan bisnis adalah untuk membuat karyawan loyal terhadap perusahaan. 

Meski hanya hadiah sederhana, namun nyatanya hal tersebut bermakna di mata karyawan. Akibatnya, mereka tak akan gampang goyah ketika terjadi masalah di kemudian hari.

  • Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Faktanya, pemberian hadiah ini akan berdampak pada motivasi mereka dalam bekerja.

Misalnya saja ketika sebuah tim berhasil mendapatkan klien premium dan tiba-tiba perusahaan dengan senang hati memberi mereka hadiah. Apa yang mereka rasakan? Bangga dan senang pastinya.

Nah, rasa bangga dan senang ini akan membuat mereka terus bekerja keras dan mencapai semua target dengan hasil yang memuaskan.

  • Menciptakan Environment Bekerja yang Menyenangkan

Manfaat terakhir adalah lingkungan kerja menjadi menyenangkan bagi seluruh anggota perusahaan.

Lagi lagi hal ini dikarenakan karena karyawan merasa dihargai atas kesediaan mereka mengabdi pada perusahaan. 

Budaya Gifting Juga Bisa Diterapkan untuk Partner Bisnis

karyawan loyalTak kalah penting, menerapkan budaya gifting kepada partner bisnis juga akan membuat hubungan keduanya sehat. Mengapa? Simak penjelasannya berikut ini.

  • Mempererat Hubungan Bisnis

Sama halnya dengan membuat karyawan loyal, membangun budaya gifting untuk partner bisnis juga memiliki manfaat yang sama. 

Setelah mereka bersikap loyal terhadap perusahaan, hubungan pun akan semakin erat. Hal tersebut tentunya juga akan membuat kerjasama akan berjalan lebih mudah.

  • Ajang Apresiasi Partner Bisnis Penting

Setelah menjalin kerja sama untuk kebutuhan bisnis, jangan lupa untuk memberi partner sebuah bentuk apresiasi.

Pasalnya, hal ini akan menunjukkan bahwa perusahaan kamu memiliki nilai moral yang baik, profesional dan sangat menghargai pihak lain.

  • Ajang Branding Perusahaan

Siapa nih yang suka kehabisan ide untuk meningkatkan branding perusahaan? Nah, kamu bisa coba inovasi budaya gifting ini sebagai solusinya.

Memberikan gift kepada partner secara tidak langsung akan menimbulkan kesan yang baik dan membuat mereka mengingat perusahaan kamu. 

Beruntungnya lagi, mereka bisa saja merekomendasikan bisnis kamu kepada partner mereka yang lain. 

Mengatur Gift untuk Perusahaan dan Karyawan itu Merepotkan? Tidak Lagi!

Gimana nih, apakah kamu tertarik untuk menerapkan budaya gifting ini? Tapi kan repot juga ya kalau dipikir-pikir. Kita harus hafal tanggal ulang tahun tiap karyawan, belum nanti kalau ada acara dadakan. Duh pusing…

Eh tenang aja, sekarang kan ada Corporate Gifting Club dari Delovery. Layanan ini akan memudahkan perusahaan dalam mengatur gift untuk karyawan. Hebatnya lagi, kalian akan dibantu oleh gift specialist yang akan membantu menemukan hadiah yang tepat dan sesuai budget. Gratis!

Jadi untuk urusan corporate gift, apapun jenisnya, Delovery-in aja. Pasti dijamin beres!

 

Previous

Jangan Diam Saja, Simak Do's & Don'ts ini Saat Hadapi Konflik Bersama Pasangan

Next

Corporate Gifting Club, Program Seru dari Delovery yang Memanjakan Korporasi