Blog » Perlu Tahu » Jangan Diam Saja, Simak Do’s & Don’ts ini Saat Hadapi Konflik Bersama Pasangan

Dalam sebuah hubungan asmara, pasti sudah umum jika terjadi sebuah perdebatan antara satu dengan yang lain. Pasalnya, hubungan terdiri dari dua orang yang berbeda dengan pemikiran yang berbeda pula.

Pasangan yang tidak pernah bertikai, malah dianggap menjalani hubungan yang tidak sehat. Karena mereka tidak mampu terbuka, melakukan silent treatment, dan saling memendam sesuatu.

Maka dari itu, tidak perlu khawatir jika harus hadapi konflik pasangan. Sebagai gantinya, diperlukan manajemen konflik yang baik agar hubungan tidak menjadi retak dan hancur.

Jangan Biarkan Konflik Bersama Pasangan Berlarut- larut

hadapi konflik pasanganBersikap acuh tak acuh terhadap masalah yang terjadi hanya akan membuat hubungan menjadi renggang. 

Padahal, sebuah permasalahan justru bisa membuat hubungan menjadi lebih erat dan harmonis jika kalian berhasil menyelesaikannya.

Untuk itu, Delovery kali ini akan memberitahu kalian apa aja sih yang boleh dilakukan dan nggak boleh dilakukan ketika hadapi konflik pasangan.

Do’s

Manajemen konflik yang baik itu meliputi menurunkan ego masing-masing, meningkatkan rasa toleransi, mengendalikan emosi dan masih banyak lagi. 

Nah berikut adalah beberapa hal yang bisa banget kamu lakukan saat bertengkar dengan pasangan.

  • “Kamu kenapa? Kesel ya sama aku? Sini duduk dulu coba bilang sama aku apa yang salah.”

Menjadi pendengar yang baik sangat dibutuhkan ketika menghadapi masalah bersama pasangan. Dengan mendengarkan keluh kesah dia terhadap dirimu akan memudahkan kamu dalam mengerti apa yang ia mau.

  • “Maaf ya sayang kemarin aku udah cuekin kamu, udah ya marahnya yuk jalan-jalan terus makan ramen kesukaanmu”

Minta maaf adalah hal yang penting dilakukan. Meminta maaf juga merupakan bukti bahwa kamu sadar atas kesalahan dan menyesalinya. 

Eh tapi ingat! Jangan diulangi loh ya kesalahanya.

  • “Jujur aku nggak suka kalau kamu kasar kayak gitu. Boleh nggak ngomongnya pelan-pelan dan nggak pake emosi?”

To the point adalah kunci. Katakan apa yang sebenarnya kamu rasakan, dan apa yang kamu inginkan. Dengan begitu, kalian akan lebih saling memahami satu sama lain.

Don’ts 

Selain melakukan beberapa hal di atas, perlu diketahui bahwa ada pula hal-hal yang tak boleh kamu lakukan saat hadapi konflik pasangan.

  • “Kamu kok kayak gitu sih, beda banget sama mantan-mantan aku dulu”

Ingat ya, jangan pernah membanding-bandingkan pasanganmu dengan orang dari masa lalu. Hal tersebut hanya akan membuatnya terluka dan merasa nggak dihargai.

  • “Ya nggak tau, pikir aja salahmu dimana sana!

Hayo siapa yang suka kayak gini? Emang pacar kamu cenayang? Kok disuruh mikir sendiri? 

Kalimat seperti ini justru akan membuat pasangan bingung dan tak tahu harus berbuat apa. Akibatnya, masalah tak kunjung selesai dan akan berlarut-larut.

  • “Lah, emang cuman kamu yang capek? Aku juga capek lho kerja, kuliah. Kok egois banget jadi orang”

Menjelaskan apa yang kamu rasakan memang perlu dilakukan. Akan tetapi jangan saling menyalahkan ya! Hindari kalimat yang terkesan egois dan tak memikirkan pasangan.

  • “Aku emang gini orangnya, kalau nggak suka yaudah”

Eitss, nggak boleh seperti ini ya sobat Delovery! Kalimat seperti itu membuktikan bahwa kamu nggak mau berusaha memperbaiki kesalahan dan menolak untuk menjadi lebih baik kedepannya.

Penting untuk Menjaga Hubungan Tetap Romantis untuk Meminimalisir Konflik

hadapi konflik pasanganNah, gimana nih Delovers ? Pasti udah paham dong tentang bagaimana hadapi konflik pasangan dengan baik dan tepat? 

Nyatanya banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya konflik. Selain memiliki manajemen konflik yang bagus, kalian juga harus menjaga hubungan tetap hangat.

Hal tersebut bisa kalian wujudkan dengan tidak melupakan berbagi momen romantis bersama pasangan. Kamu bisa nih berikan kejutan romantis sesekali padanya untuk menunjukkan rasa kasih sayang.

 

Previous

Inilah Bunga yang Menjadi Simbol Persahabatan

Next

Pentingnya Membangun Budaya Gifting di Perusahaan, Bikin Karyawan Makin Loyal & Produktif