Blog » Flowerpedia » Tujuan Memberi Bunga kepada Orang yang Berduka serta Manfaatnya

Kehilangan seseorang yang kita cintai adalah momen pahit yang seringkali sulit diungkapkan dengan kata-kata. Dalam suasana duka, kata-kata bisa terasa kering dan kurang memadai. Inilah saatnya di mana karangan bunga hadir sebagai ekspresi visual yang penuh arti. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tujuan memberi bunga dan manfaat di balik gestur belasungkawa yang telah menjadi tradisi timeless dalam menghadapi keterpurukan.

Tujuan Memberi Karangan Bunga Kepada Orang yang Berduka 

Kehilangan memunculkan rasa kekosongan yang sulit diisi, dan itulah kenapa karangan bunga menjadi lebih dari sekadar bunga. Mereka adalah simbolik yang merangkum empati, dukungan, dan keindahan di tengah-tengah keterpurukan.

1. Mengungkapkan Dukacita yang mendalam sebagai tujuan memberi bunga

Karangan bunga duka cita bisa menjadi sarana yang ampuh untuk mengungkapkan rasa kehilangan yang mendalam. Jika pesan melalui verbal tidak biasa kita sampaikan sepenuhnya, maka perasaan dapat diutarakan melalui pemberian sesuatu yang mencerminkan duka. Karangan dan papan duka cita menjadi bentuk hadiah paling umum untuk memberikan bentuk visual yang bermakna. 

2. Menyampaikan Pesan Dukungan sebagai salah satu tujuan memberi bunga

Dalam keadaan duka, tujuan utama dari karangan bunga adalah menjadi perantara pesan kesejahteraan dan dukungan. Bunga-bunga yang lembut menciptakan pesan empati yang begitu dibutuhkan. Empati tidak hanya diutarakan melalui gesture saja, tetapi melalui benda dan ucapan pesan di dalamnya. Dengan begitu, ungkapan perasaan ini akan terus dikenang karena memperlihatkan dukungan yang mendalam terhadap seseorang yang sedang berduka. 

3. Memperingati dan Mengenang kepergian 

Tidak hanya sekedar ungkapan belasungkawa, tetapi karangan bunga menjadi peringatan dan pengenang terhadap yang telah pergi. Pemilihan bunga yang kita berikan mengandung makna kenangan yang tak terlupakan. Maka dari itu, ketika memilih karangan dan papan bunga duka cita sebagai pesan belasungkawa, perlu memerhatikan makna dari bunga tersebut. 

4. Memberikan Kesan Kekeluargaan 

Papan bunga menciptakan sentuhan keindahan yang lembut dan mengalir, menyelimuti ruangan dengan aura damai. Tidak hanya sebagai hiasan visual, tetapi juga sebagai elemen yang membawa ketenangan. Momen berduka seringkali penuh gejolak emosi, dan karangan bunga berperan sebagai penyampai keindahan yang mengajak untuk merenung dan meresapi makna kehidupan.

5. Memberikan Rasa Kepedulian 

Gestur memberikan papan karangan bunga bukan hanya tindakan formal atau tradisional. Sebaliknya, hal ini mewakili suatu wujud kepedulian yang sangat praktis dan empatik. Dalam momen kehilangan, di mana kata-kata mungkin terasa kurang memadai, karangan bunga hadir sebagai ungkapan tulus dari hati yang dapat memberikan kekuatan dan dukungan kepada mereka yang sedang berduka.

Manfaat memberi karangan dan papan bunga sebagai pemberian duka cita 

Dalam setiap helai bunga, terkandung ungkapan tulus dari hati. Karangan dan papan bunga duka cita adalah jembatan yang menghubungkan kita dengan kenangan yang terukir abadi dan memberikan kekuatan kepada mereka yang ditinggalkan

1. Mempengaruhi kesan positif terhadap lingkungan sosial 

Gestur sederhana ini tidak hanya memberikan dampak pada keluarga yang berduka tetapi juga menciptakan pengaruh positif pada lingkungan sosial. Solidaritas dan kepedulian tumbuh di antara masyarakat .Tindakan kepedulian seperti memberikan karangan bunga dapat menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat sekitar. Ini memberikan contoh tentang bagaimana tindakan kecil seorang individu dapat memberikan dampak positif pada yang lain. Dalam menghadapi kesulitan bersama, masyarakat dapat merasakan ikatan yang lebih kuat dan solidaritas yang mendorong mereka untuk saling mendukung. 

Gestur kecil ini dapat membuka pintu untuk peningkatan kesadaran sosial di masyarakat. Ketika orang-orang melihat tindakan kepedulian, ini dapat memicu refleksi atas cara-cara di mana mereka juga dapat berkontribusi untuk membantu sesama. Dengan demikian, tindakan memberikan karangan bunga dapat menjadi katalisator untuk peningkatan kesadaran dan kepedulian sosial.

2. Dapat menenangkan pikiran dan hati 

Aromaterapi alami dari bunga dalam karangan menciptakan suasana yang menenangkan untuk pikiran dan hati. Mereka adalah pelipur lara dalam kepedihan. Beberapa aroma bunga, seperti lavender, juga diketahui memiliki efek positif pada kualitas tidur. Dalam situasi berduka, di mana tidur seringkali terganggu, aroma bunga dapat membantu menciptakan suasana yang lebih tenang dan mendukung tidur yang lebih nyenyak. Aroma bunga tidak hanya berdampak pada tingkat fisik, tetapi juga pada tingkat emosional. Aromanya dapat membawa perasaan kelegaan dan ketenangan hati, menciptakan lingkungan yang mendukung proses berduka.

3. Kenangan dan penghiburan jangka panjang 

Karangan bunga, sebagai suatu karya seni hidup yang unik, tidak hanya memiliki keindahan visual tetapi juga memuat makna mendalam dalam konteks kehilangan. Dalam hal ini, mereka menciptakan keberlanjutan kenangan dan memberikan penghiburan melalui simbolisme yang terkandung dalam tumbuhan hidup di dalamnya. 

Tanaman hidup yang terdapat dalam karangan bunga, seperti tanaman pot atau tanaman berakar, sering dianggap sebagai simbol harapan. Mereka melambangkan kehidupan yang terus berlanjut meskipun melalui perubahan dan tantangan. Dalam situasi berduka, tanaman hidup ini memberikan pesan bahwa ada harapan untuk masa depan, bahwa kehidupan akan terus tumbuh dan berkembang.

Baca juga: 20+ Ucapan Belasungkawa Untuk Ungkapan Simpati Ke Kerabat Yang Berduka

Previous

7 Bunga Aroma Wangi untuk Menurunkan Stress & Menenangkan Pikiran

Next

Cara Buat Papan Bunga Kertas Khas Jogja Unik dengan Tips Mudah