Blog » Flowerpedia » 8 Fakta Unik Dibalik Bunga Anyelir yang Manis dan Mempesona

Bunga Anyelir merupakan bunga yang sangat indah. Bahkan keindahan bunga yang memiliki nama lain Carnation Flower ini telah sampai ke penjuru dunia.

8 Fakta Unik Bunga Anyelir

Bentuknya yang unik membuat banyak orang ingin menanamnya di taman-taman rumah mereka. Tapi ternyata bukan hanya cantik saja lho, bunga anyelir ternyata memiliki fakta menarik yang belum diketahui orang banyak. Apa saja? Berikut ulasannya.

Mengambil Nama dari Dewa Yunani

Fakta Unik Bunga anyelir yang pertama yaitu karena bunga Anyelir memiliki nama latin Dianthus caryophyllus. Dan ternyata nama latin dari bunga anyelir ini diambil dari salah satu Dewa Yunani. Nama Dianthus diambil dari pemenggalan dua kata yaitu Dios yang berarti Dewa Zeus, dan Anthos yang memiliki arti bunga.

Jadi bila digabungkan, bunga anyelir ini dianggap sebagai bunga para dewa atau bunga yang berasal surga. Nama Carnation sendiri diberikan pada bunga anyelir karena dijadikan simbol pada upacara pengangkatan raja Yunani yang bernama Coronation.

Warna yang Indah dan Mudah Diganti

Warna bunga anyelir sangat beraneka ragam, mulai dari merah, putih, kuning, ungu, merah muda, dan oranye. Namun siapa sangka jika warna dari bunga anyelir ini sangatlah mudah untuk diubah. Kamu cukup menggunakan pewarna makanan yang dicampurkan pada air di vas bunga. Kemudian letakkan bunga anyelir yang berwarna putih. Tunggu beberapa waktu hingga warnanya berubah. Bunga anyelir ini dapat bertahan lama dengan campuran warna asalkan dirawat dengan baik.

Bunga Anyelir Berasal dari Colombia

Kolombia merupakan negara yang banyak menghasilkan dan membudidayakan bunga anyelir ini. Bunga anyelir tumbuh pertama kali di Kolombia tepatnya di daerah Bogota. Meski banyak ditemukan di daerah Kolombia, namun bunga anyelir malah menjadi simbol dari negara Spanyol, Slovenia, dan juga Monako.

Menjadi Simbol Kepresidenan di Ohio, Amerika Serikat

fakta unik bunga anyelir

Bunga anyelir berwarna merah pernah dijadikan sebagai simbol kepresidenan di Ohio setelah Presiden William McKinley menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 1901. Hal ini sebagai simbol penghormatan karena William McKinley senang menggunakan bunga carnation untuk aksesoris pakaiannya.

Kelopaknya Bisa Dikonsumsi

Berdasarkan penelitian dari University of Kentucky College of Agriculture mengungkapkan bahwa kelopak bunga anyelir ini aman untuk dikonsumsi. Karena bunga anyelir ini memiliki rasa yang pahit, sebelum membuatnya harus diramu terlebih dahulu menjadi teh atau minuman lain agar tidak terasa pahit.

Lebih Sulit Dirangkai, Tapi Menjadi Rangkaian yang Menawan

Meski memiliki bentuk yang indah, namun bunga anyelir ini memiliki tekstur yang cukup sulit untuk diatur. Karena karakternya yang memang sulit diatur, jadi untuk merangkainya menjadi bunga buket atau karangan bunga lainnya dibutuhkan bantuan dan campur tangan dari florist atau toko bunga online yang kamu percaya.

Arti warna bunga ayelir

Mempunyai Aroma Cenderung Menyengat

Meski bentuknya yang cantik, namun bunga anyelir ini memiliki aroma yang cukup menyengat dan kurang sedap untuk dicium baunya. Mungkin hanya orang-orang tertentu saja yang menyukai aroma anyelir dan memilihnya menjadi aroma parfum sehari-hari.

Bunga Anyelir Tercatat ke alam Guiness World Record

Bunga anyelir pernah juga tercatat dalam Guinness World Record karena bunga anyelir yang berjumlah 105.000 dirangkai dalam bentuk pita yang sangat besar. Pita yang dirangkai dari bunga anyelir ini digunakan sebagai peringatan hari bebas kanker payudara sedunia.

Itulah beberapa Fakta Unik bunga anyelir yang bisa kamu ketahui melalui situs Delovery. Semoga bermanfaat. Jika anda butuh karangan bunga anda bisa order pada kami, karena kami toko bunga online yang menjual berbagai rangkaian bunga mulai dari buket bunga, flower box, bunga papan dan sebagainya.

Previous

Melihat Indahnya Bunga Daisy dari Berbagai Sisi

Next

Makna dan Pilihan Karangan Bunga untuk Ucapan Duka Cita