Blog » Inspirasi » 5 Cara Mempertajam Intuisi : Pengertian dan Langkah Pendekatan

Intuisi sangat penting untuk kehidupan kita, karena dapat membantu kita dalam mengambil keputusan, menyelesaikan masalah, menghadapi tantangan, dan mengembangkan kreativitas. Meningkatkan kesehatan mental dan emosional kita merupakan salah satu cara untuk mempertajam intuisi, karena dapat membuat kita lebih percaya diri, tenang, dan bahagia.

Namun, intuisi tidak selalu mudah untuk didengar atau diikuti. Banyak faktor yang dapat mengganggu atau mengganggu intuisi kita, seperti stres, gangguan, tekanan, ketakutan, keraguan, atau pengaruh orang lain. Oleh karena itu, kita perlu tau cara mempertajam intuisi kita agar dapat menggunakannya dengan optimal.

Apa itu Intuisi & Bagaimana Dampaknya Pada Kehidupan

mengetahui Apa itu Intuisi

Sebelum kita membahas cara mempertajam intuisi, kita perlu memahami apa itu intuisi dan bagaimana dampaknya pada kehidupan kita. Intuisi adalah suatu proses mental yang terjadi secara spontan dan cepat, tanpa melibatkan pemikiran sadar atau analitis. Intuisi merupakan hasil dari pengalaman, pengetahuan, dan ingatan yang tersimpan di bawah sadar kita.

Dengan intuisi kita dapat memberikan dampak positif maupun negatif pada kehidupan, tergantung pada bagaimana kita menggunakannya. Dampak positif dari intuisi antara lain adalah:

  • Meningkatkan kreativitas dan inovasi, karena intuisi dapat membantu kita menemukan ide-ide baru atau solusi-solusi alternatif.
  • Meningkatkan kepercayaan diri dan kesejahteraan, karena intuisi dapat membuat kita merasa lebih nyaman dengan diri sendiri dan pilihan-pilihan yang kita buat.
  • Meningkatkan kualitas hubungan interpersonal, karena intuisi dapat membantu kita memahami perasaan, kebutuhan, dan harapan orang lain.

Dampak negatif dari intuisi antara lain adalah:

  • Menimbulkan kesalahan atau bias, karena intuisi dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor emosional, sosial, atau situasional yang tidak relevan atau tidak akurat.
  • Menurunkan kinerja atau produktivitas, karena intuisi dapat membuat kita terlalu cepat mengambil keputusan tanpa mempertimbangkan fakta-fakta atau konsekuensi-konsekuensi yang ada.
  • Menyebabkan konflik atau ketegangan, karena intuisi dapat membuat kita tidak mau mendengarkan atau menghargai pendapat atau saran orang lain.

Oleh karena itu, kita perlu menyeimbangkan penggunaan intuisi dan logika dalam kehidupan kita. Kita perlu mengenali kapan intuisi kita dapat dipercaya dan kapan tidak. Kita juga perlu mengerti cara mempertajam intuisi kita agar lebih akurat dan bermanfaat.

Cara Mempertajam Intuisi

Cara mempertajam intuisi bukanlah hal yang sulit atau mustahil untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang dapat kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan kualitas dan sensitivitas intuisi kita. Berikut ini adalah lima cara mempertajam intuisi yang dapat Anda coba:

1. Mendengarkan Keluhan dan Keinginan Diri Sendiri

memberikan hadiah pencapaian atau usaha kita

Salah satu cara mempertajam intuisi adalah dengan mendengarkan keluhan dan keinginan diri sendiri. Kita sering mengabaikan atau menolak perasaan yang sedang kita alami, karena kita merasa tidak pantas, tidak logis, atau tidak sesuai dengan harapan orang lain. Padahal, perasaan kita adalah salah satu sumber intuisi kita.

Selain itu, kita juga perlu bersenang-senang sendiri dengan memberikan hadiah atau penghargaan atas pencapaian atau usaha kita. Hadiah tersebut dapat berupa barang, jasa, atau aktivitas yang kita sukai. Dengan memberikan hadiah kepada diri sendiri , kita akan merasa lebih berharga dan dihargai, sehingga intuisi kita akan lebih kuat dan jelas.

2. Mempertajam Intuisi dengan Mengelola Emosi dengan Teratur dan Tepat 

Mengelola Emosi dengan Teratur

Cara mempertajam intuisi yang lainnya adalah dengan mengelola emosi dengan teratur dan tepat. Emosi adalah reaksi alami yang timbul akibat rangsangan dari dalam atau luar diri kita. Emosi dapat berupa positif atau negatif, tergantung pada bagaimana kita menilai dan menanggapi rangsangan tersebut.

Kita juga perlu mengatur emosi kita dengan cara yang tepat, sesuai dengan situasi dan kondisi yang kita hadapi. Mengubah emosi kita dengan mengubah pikiran, sikap, atau perilaku kita juga merupakan bagian dari cara mempertajam intuisi. Kita dapat mengubah emosi negatif menjadi positif dengan berpikir positif, bersyukur, atau berempati.

3. Menghindari Diri dari Pikiran Negatif dapat Mempertajam Intuisi

Menghindari Diri untuk Berpikir Negatif

Selanjutnya, cara mempertajam intuisi adalah dengan menghindari diri untuk berpikir negatif. Hal ini dapat dilakukan dengan berpikir menghindari yang berisi hal-hal yang buruk, salah, atau tidak mungkin. Pikiran dapat negatif berasal dari pengalaman masa lalu, ketakutan masa depan, atau pengaruh lingkungan.

Berpikir hal positif dapat membuat kita merasa lebih berdaya, lebih berharga, atau lebih beruntung. Pikiran positif dapat membuat kita melihat peluang, peluang, atau keajaiban yang ada di sekitar kita. Selain itu, juga dapat membuat kita lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih sukses.

4. Berikan Waktu Sendiri, Jauh dari Keramaian

mempertajam intuisi dengan memberikan waktu sendiri dengan membaca buku

 

Dengan memberikan waktu sendiri dan jauh dari keramaian juga merupakan cara mempertajam intuisi. Kita sering terjebak dalam rutinitas dan kesibukan yang menuntut kita untuk berinteraksi dengan banyak orang, informasi, atau kegiatan. Padahal, hal-hal tersebut dapat membuat kita kehilangan kontak dengan diri sendiri, dengan intuisi kita.

Selama waktu sendiri, kita dapat melakukan hal-hal yang dapat membuat kita lebih rileks, seperti bermeditasi, berdoa, bernapas, mendengarkan musik, membaca buku, atau menulis jurnal. Kita juga dapat memperhatikan sensasi tubuh, perasaan, atau pikiran yang muncul, tanpa menghakimi atau memperhatikan. Kita dapat mencatat atau mengingat intuisi yang kita peroleh selama waktu itu sendiri, dan menggunakannya sebagai bahan pertimbangan atau tindakan untuk lebih membantu cara mempertajam intuisi kita.

5. Sering Terapkan Sikap Empati Terhadap Orang Lain

Mempertajam intuisi dengan intuisi Empati Terhadap Orang Lain 

 

Sering menerapkan sikap empati terhadap orang lain merupakan cara mempertajam intuisi yang terakhir. Kita perlu berusaha memahami perasaan, pikiran, dan motivasi orang lain, tanpa menghakimi atau menyalahkan mereka. Kita perlu berusaha untuk merasakan apa yang mereka rasakan, dan tidak hanya melihat dari sudut pandang kita sendiri.

Dengan seringnya menerapkan sikap empati terhadap orang lain, kita dapat meningkatkan kebijaksanaan dan kemanfaatan intuisi kita. Kita dapat lebih mudah menyesuaikan dan menerapkan intuisi kita dengan situasi dan orang-orang yang berbeda-beda.

Baca Juga:  Hubungan Sehat Baik Romantis Maupun Platonis : Ciri Dan Cara Membangun

Demikian artikel yang saya buat mengenai Cara Mempertajam Intuisi. Dengan mempertajam intuisi kita, kita dapat meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan. Kita dapat menjadi lebih bahagia, sehat, sukses, dan bermakna.

Previous

Hubungan Sehat Baik Romantic Maupun Platonic : Ciri dan Cara Membangun

Next

Menghilangkan Pikiran Negatif :  Menerapkan Mindfulness untuk Bahagia