Blog » Inspirasi » Menghilangkan Pikiran Negatif :  Menerapkan Mindfulness untuk Bahagia

Pikiran adalah hal negatif yang sering dialami oleh banyak orang. Hal ini dapat berupa kekhawatiran, ketakutan, kesedihan, kemarahan, rasa bersalah, atau rasa tidak percaya diri. Pikiran dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mental dan fisik, serta mengurangi kualitas hidup. Selain itu juga dapat menghalangi kita untuk mencapai tujuan dan impian kita. Namun, ada cara untuk menghilangkan pikiran negatif dan menggantinya dengan pikiran positif yang dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan kita. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menerapkan mindfulness.

Apa itu Mindfulness 

Mindfulness adalah kesadaran akan apa yang terjadi di dalam dan di sekitar kita pada saat ini, tanpa menilai atau bereaksi secara otomatis. Ini merupakan kemampuan untuk mengamati pikiran, perasaan, sensasi, dan lingkungan kita dengan penuh perhatian dan ketertarikan.

Mindfulness dapat membantu kita untuk menghilangkan pikiran negatif karena:

  • Mindfulness dapat membantu kita untuk menghilangkan pikiran negatif dengan menyadari pikiran negatif yang muncul di benak kita, sehingga kita dapat mengenali dan menerima mereka sebagai bagian dari pengalaman kita, tanpa harus menyikapi atau menyimpannya.
  • Mindfulness dapat membantu kita untuk menghilangkan pikiran negatif dengan memisahkan diri kita dari pikiran negatif, sehingga kita tidak teridentifikasi atau terjebak oleh mereka. Kita dapat menyadari bahwa pikiran negatif hanyalah fenomena mental yang bersifat sementara dan tidak mutlak, serta tidak mencerminkan kenyataan atau kebenaran.
  • Mindfulness dapat membantu kita untuk menghilangkan pikiran negatif dan mengubahnya menjadi pikiran positif, dengan cara memilih untuk memfokuskan perhatian kita pada hal-hal yang bermanfaat, menginspirasi, atau membahagiakan kita. Kita dapat mengucapkan afirmasi positif, mengingat kenangan indah, menghayati keindahan alam, atau menyatakan rasa terima kasih kita.

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif dengan Mindfulness

Pikiran negatif adalah pikiran negatif yang tidak sesuai dengan kenyataan, atau merugikan diri kita sendiri atau orang lain. Selain itu juga bisa membuat kita merasa tidak bahagia, tidak puas, tidak berdaya, atau tidak berharga. Pikiran negatif bisa dihilangkan dengan mindfulness, yaitu dengan mengamati pikiran kita tanpa menilai atau terlibat secara emosional, dan mengalihkan perhatian kita ke hal-hal yang lebih positif dan bermakna. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan pikiran negatif dengan mindfulness.

1. Saat pikiran negatif muncul, mereka tidak menilai atau terlibat secara emosional

Pikiran negatif seringkali muncul secara otomatis dan tidak disadari. Hal ini bisa berupa kata-kata, gambar, suara, atau perasaan yang tidak menyenangkan. Pikiran negatif bisa mempengaruhi suasana hati, perilaku, dan kesehatan kita. Saat pikiran negatif muncul, jangan mencoba menghindari, menyangkal, atau memperdebatkannya. Juga jangan mencoba untuk mengubah, membenarkan, atau memperkuatnya. Hal-hal ini hanya akan membuat pikiran negatif semakin kuat dan melekat.

 

Sebaliknya, cobalah untuk mengamati pikiran negatif dengan sikap mindfulness, yaitu dengan terbuka, ramah, dan tanpa penilaian. Anggap saja pikiran negatif sebagai awan yang lewat di langit, atau gelombang yang datang dan pergi di laut. Pikiran bukanlah fakta negatif, melainkan hanya pendapat, asumsi, atau interpretasi kita. Dengan mengamati pikiran negatif, kita dapat menyadari bahwa pikiran negatif tidak memiliki kekuatan atau pengaruh atas kita, kecuali jika kita memberikannya. Untuk menghilangkan pikiran negatif, kita bisa memilih untuk tidak mempengaruhi atau terikat oleh pikiran negatif, dan membiarkan berlalu begitu saja.

 

2. Hindari multitasking saat mengerjakan sesuatu

Multitasking adalah melakukan lebih dari satu hal secara bersamaan, atau berpindah-pindah dari satu hal ke hal lain dalam waktu singkat. Multitasking seringkali dianggap sebagai cara yang efektif dan efisien untuk menyelesaikan banyak tugas dalam waktu terbatas. Namun, penelitian menunjukkan bahwa multitasking sebenarnya bisa merugikan kinerja, kualitas, dan kesehatan kita. Multitasking bisa meningkatkan stres, kesalahan, kehilangan fokus, kelelahan, dan kecemasan. Multitasking juga bisa mengurangi kepuasan, kreativitas, dan kebahagiaan kita.

 

Untuk menghilangkan pikiran negatif yang disebabkan oleh multitasking, cobalah melakukan satu hal dalam satu waktu, dengan penuh perhatian dan kesadaran. Fokuskan pikiran, perasaan, dan tubuh kita pada tugas yang sedang kita kerjakan, tanpa memikirkan hal-hal lain yang tidak relevan atau mendesak. Nikmati proses dan hasil dari apa yang kita lakukan, tanpa mengecilkan atau memancarkan diri kita.

3. Luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk penghitungan singkat

Meditasi adalah latihan untuk menenangkan pikiran, merilekskan tubuh, dan meningkatkan kesadaran. Karena dapat membantu kita untuk menghilangkan pikiran negatif, dengan cara mengosongkan pikiran kita dari segala gangguan, dan mengisi pikiran kita dengan hal-hal yang positif dan bermakna. Selain itu juga tidak harus dilakukan dengan cara yang kaku, atau dengan mengikuti aturan tertentu. Meditasi bisa dilakukan dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan kenyamanan kita. Salah satu cara yang mudah dan sederhana untuk merenung adalah dengan menggunakan pernafasan sebagai objek perhatian. Napas bisa membantu kita untuk mengatur emosi, menenangkan sistem saraf, dan meningkatkan kesehatan.

4. Gerakkan tubuh Anda dengan penuh kesadaran

Tubuh dan pikiran kita saling terhubung dan mempengaruhi satu sama lain. Saat tubuh kita sehat dan bugar, pikiran kita juga menjadi lebih sehat dan bugar. Sebaliknya, saat tubuh kita sakit dan lemah, pikiran kita juga menjadi lebih sakit dan lemah. Salah satu cara untuk menghilangkan pikiran negatif adalah dengan menggerakkan tubuh kita dengan penuh kesadaran.

 

Menggerakkan tubuh kita bisa membantu kita untuk melepaskan stres, meningkatkan mood, meningkatkan energi, meningkatkan kekebalan, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Menggerakkan tubuh kita dengan penuh kesadaran berarti melakukan aktivitas fisik dengan fokus, perhatian, dan kesadaran penuh terhadap apa yang kita lakukan, tanpa mempertimbangkan hal-hal lain yang tidak relevan atau mengganggu. Ada banyak jenis aktivitas fisik yang bisa kita lakukan dengan penuh kesadaran, seperti berjalan, berlari, bersepeda, berenang, yoga,, senam, atau olahraga lainnya.

5. Luangkan waktu untuk memikirkan hal-hal yang membuat Anda bersyukur

Rasa syukur adalah salah satu kunci kebahagiaan. Rasa syukur dapat membantu Anda untuk menghilangkan pikiran negatif dengan cara mengubah cara pandang Anda, menghargai apa yang Anda miliki, dan mengakui kebaikan yang ada di dalam dan di sekitar Anda. Anda dapat meluangkan waktu setiap hari untuk menulis atau mengucapkan hal-hal yang Anda syukuri, baik yang besar maupun yang kecil. Anda juga dapat mengungkapkan rasa terima kasih Anda kepada orang-orang yang telah membantu, mendukung, memberikan hadiah, serta menginspirasi Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih bahagia, lebih puas, dan lebih terhubung dengan diri sendiri dan orang lain.

6. Mencari dukungan dari orang-orang terdekat

Anda tidak perlu menghadapi pikiran negatif sendirian. Dengan mencari dukungan dari orang-orang yang Anda percayai, seperti keluarga, teman, atau pasangan dapat menghilangkan pikiran negatif. Anda dapat berbagi pemikiran, perasaan, dan pengalaman Anda dengan mereka, dan mendengarkan saran, masukan, atau motivasi dari mereka. Anda juga dapat mencari bantuan profesional dari psikolog, konselor, atau terapis jika Anda merasa pikiran negatif Anda mengganggu fungsi atau kesejahteraan Anda. Dengan memiliki dukungan sosial yang kuat, Anda akan merasa lebih percaya diri, lebih dihargai, dan lebih berdaya untuk menghilangkan pikiran negatif.

7. Alihkan perhatian dari pikiran negatif dengan fokus pada Indra Anda

Salah satu cara untuk menghilangkan pikiran negatif adalah dengan mengalihkan perhatian Anda dari pikiran Anda, dan fokus pada indra Anda, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, dan pengecapan. Anda dapat melakukan hal-hal yang dapat merangsang Indra Anda, seperti melihat pemandangan yang indah, mendengarkan musik yang menyenangkan, mencium aroma yang harum, menyentuh benda yang lembut, atau mengecap makanan yang lezat. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih hidup, lebih bahagia, dan lebih terhubung dengan diri sendiri dan dunia.

Baca Juga: 5 Cara Mempertajam Intuisi : Pengertian Dan Langkah Pendekatan

Pikiran negatif adalah hal yang normal dan manusiawi, tetapi jika tidak ditangani dengan baik, dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kebahagiaan kita. Untuk menghilangkan pikiran negatif, kita dapat menerapkan mindfulness, yaitu kesadaran akan apa yang terjadi di dalam dan di sekitar kita pada saat ini, tanpa menilai atau bereaksi secara otomatis. Dengan mindfulness, kita dapat menyadari, memisahkan, dan mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita.

Previous

5 Cara Mempertajam Intuisi : Pengertian dan Langkah Pendekatan

Next

Cara Mengetahui Toko Bunga Tangerang Terpercaya & Produk Terbaik