Blog » DIY Bunga dan Hadiah » Cara Buat Kartu Ucapan Idul Fitri untuk Hampers Lebaran

Idul fitri atau biasa disebut dengan momen lebaran menjadi salah satu momen berbahagia beberapa orang di Indonesia. Bagaimana tidak? Moment lebaran atau idul fitri identik dengan perayaan maaf- memaafkan dan saling berbagi kasih satu sama lain. Momen lebaran idul fitri ini berasal dari budaya islam dan orang-orang muslim. Salah satu karakteristik perayaan lebaran atau idul fitri adalah pemberian THR yang berupa uang. Pemberian THR ini hadir dalam bentuk surat atau kartu ucapan idul fitri. Tidak hanya itu, kartu ucapan idul fitri ini juga kalian taruh di hampers lebaran. Untuk memberikan sentuhan personal, kalian dapat menyimak cara buat kartu ucapan idul fitri dengan mudah di bawah ini!

Cara Buat Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri

Kartu ucapan selamat idul fitri biasanya akan kita berikan selama bulan Ramadhan atau ketika hari-H perayaan idul fitri. Terdapat bahan dan langkah khusus untuk cara buat kartu ucapan selamat idul ftiri, sebagai berikut. 

Bahan dan Alat Cara Buat Kartu Ucapan Idul Fitri untuk Lebaran 

Berikut adalah beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat kartu ucapan Idul Fitri atau Lebaran:

  1. Kertas Karton Berwarna. Gunakan kertas karton berwarna-warni sebagai dasar kartu ucapan. Pilihlah warna yang sesuai dengan tema Lebaran, seperti hijau, merah, putih, atau emas.
  2. Spidol atau Tinta. Gunakan spidol atau tinta untuk menulis pesan ucapan di atas kartu. Pilih warna yang kontras dengan warna karton untuk memastikan pesan Anda terlihat jelas.
  3. Gunting. Gunakan gunting untuk memotong kertas karton sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Anda juga dapat menggunakan gunting khusus untuk membuat pola atau detail yang rumit.
  4. Hiasan Tambahan. Siapkan hiasan tambahan seperti stiker, kain flanel, pita, aksen glitter, atau anyaman manik-manik. Anda dapat menggunakan hiasan ini untuk mempercantik dan memperindah kartu ucapan Anda.
  5. Pensil dan Penghapus. Gunakan pensil untuk membuat sketsa atau garis panduan pada karton sebelum memotongnya. Penghapus juga berguna jika Anda perlu mengoreksi kesalahan atau membuat perubahan pada desain kartu.
  6. Lem. Gunakan lem untuk menempelkan hiasan tambahan seperti stiker atau kain flanel ke kartu ucapan. Pastikan untuk menggunakan lem yang kuat namun mudah dibersihkan untuk menghindari merusak kartu.
  7. Kertas Cellophane. Jika Anda ingin memberikan sentuhan ekstra pada kartu ucapan, Anda dapat menggunakan kertas cellophane untuk melapisi kartu atau membuat efek transparan yang menarik.
  8. Stensil atau Pola. Jika Anda ingin membuat desain yang rumit atau memiliki pola khusus, Anda dapat menggunakan stensil atau pola sebagai panduan dalam membuat kartu ucapan.
  9. Alat Peraga. Selain bahan-bahan di atas, Anda juga mungkin membutuhkan alat peraga tambahan seperti penggaris, pena, atau alat perekat lainnya untuk membantu dalam pembuatan kartu ucapan.

Dengan mempersiapkan semua bahan di atas, Anda dapat membuat kartu ucapan Idul Fitri atau Lebaran yang indah dan berkesan untuk dibagikan kepada keluarga dan teman-teman Anda sebagai bagian dari perayaan Lebaran.

Langkah Mudah Cara Buat Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri untuk Hampers 

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membuat kartu ucapan Selamat Idul Fitri untuk hampers:

  1. Gunakan Teknik Origami. Tambahkan sentuhan kreatif dengan menggunakan teknik origami. Lipat kertas karton menjadi bentuk-bentuk menarik seperti bunga atau kubah masjid untuk memberikan kesan yang unik dan indah pada kartu ucapan kalian.
  2. Tulis Ucapan Lebaran. Tulislah ucapan selamat Idul Fitri dengan tinta atau spidol pada kartu ucapan kalian. Sertakan doa dan harapan yang tulus untuk penerimanya, sehingga pesan Anda dapat dirasakan dengan mendalam.
  3. Hias Sesuai Tema Hampers. Jika hampers memiliki tema tertentu, pastikan untuk mendekorasi kartu ucapan sesuai dengan tema tersebut. Misalnya, tambahkan elemen dekoratif yang mencerminkan jenis hampers, seperti daun kelapa untuk hampers kue kering atau motif bunga untuk hampers bunga.
  4. Gunakan Warna Ceria. Berikan warna-warni ceria pada kartu ucapan untuk menambah kesan riang khas Lebaran. Pilihlah warna yang serasi dengan tema dan suasana Lebaran untuk menciptakan kartu ucapan yang cerah dan memikat.
  5. Tambahkan Aksesori Tambahan. Hiasi kartu ucapan dengan aksesori tambahan seperti pita, manik-manik, atau kain tipis yang dapat memberikan sentuhan elegan dan memperindah kartu ucapan Anda.
  6. Rekatkan pada Hampers. Setelah selesai membuat kartu ucapan, rekatkan dengan rapi pada bagian luar hampers. Pastikan kartu mudah terlihat dan menambah nilai estetika pada kemasan hampers.
  7. Foto untuk Inspirasi. Jika memungkinkan, ambil foto kartu ucapan beserta hampers yang telah dihias. Bagikan inspirasi kreatif kalian melalui media sosial atau aplikasi pesan kepada teman dan keluarga untuk memberikan ide kepada mereka.
  8. Jangan Lupa Doa dan Harapan. Terakhir, jangan lupa untuk menyertakan doa dan harapan yang tulus dalam ucapan Anda. Ucapan yang dipenuhi dengan doa dan harapan akan membuat penerima merasa dihargai dan dicintai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian dapat membuat kartu ucapan Selamat Idul Fitri yang cantik dan berkesan untuk menyertai hampers kalian. Selamat mencoba!

Contoh Kartu Ucapan Idul Fitri Beserta Ide Kado Hampers

Kartu ucapan dapat hadir dalam berbagai bentuk, dekorasi, warna yang menyesuaikan dengan hampers, parcel atau tema dari preferensi yang kalian tentukan di awal. Untuk dapat menambah ide dekorasi atau sebagai contoh kartu ucapan idul fitri, di bawah ini Delovery sudah menyajikan beberapa contoh kartu ucapan pilihan. Kalian juga bisa mengambil ide kado hampers yang ada di bawah ini dan menambahkan preferensi personal sendiri dengan melakukan pemesanan langsung pada CS Delovery. 

1. Kartu Ucapan Idul Fitri Berwarna Hijau Lumut dengan Hampers Pecal Belah Lebaran

Kartu Ucapan Idul Fitri Berwarna Hijau Lumut dengan Hampers Pecal Belah Lebaran
Kartu Ucapan Idul Fitri Berwarna Hijau Lumut dengan Hampers Pecal Belah Lebaran

Contoh kartu ucapan selamat idul fitri satu ini dalam bentuk selembar kartu yang berwarna hijau lumut atau pekat. Warna dan bentuk dari kartu ucapan idul fitri tersebut menyesuaikan dengan hadiah hampers yang terlihat pada gambar dimana dominan dengan warna hijau. Perpaduan dari barang kebutuhan pecah belah seperti piring, dengan ditambahkan kue ringan serta peralatan ibadah, menjadi pilihan tepat untuk hadiah hampers ataupun parcel lebaran idul fitri. Kalian dapat menyesuaikan kartu ucapan dan pesan didalamnya dengan hampers idul fitri lebaran yang kalian pilih. 

2. Kartu Ucapan  berbentuk Silinder dengan Kain

<yoastmark class=

Kartu ucapan yang satu ini hadir dalma bentuk kain dengan bentuk melingkar. Ini menyesuaikan dengan tatanan hadiah seperti pada gambar, dimana terdapat sajadah. Hadiah hampers lebaran juga berisikan kue ringan atau cookies lebaran yang menjadi ciri khas perayaan idul fitri. Warna yang digunakan juga terlihat indah dan cerah dengan tambahan graphic berupa masjid. Hampers lebaran idul fitri ini bisa jadi pilihan cocok dan tepat untuk momen berharga kalian dengan keluarga dan kerabat. 

3. Kartu Ucapan Putih dengan Cangkir

<yoastmark class=

Kartu ucapan dengan warna putih cerah dan kalem juga dapat menjadi pilihan tepat. Ini karena warna putih juga bisa melanmbangkan kesucian. Untuk kalian yang memiliki tema kalem dapat menggunakan ide hampers lebaran seperti pada gambar tersebut. Pemilihan warna pada kartu ucapan idul fitri ini selaras dengan hadiah hampers pada cangkir dengan corak batik. 

4. Kartu Ucapan Pecah Belah dengan Ornamen Karangan Bunga

Kartu Ucapan Pecah Belah dengan Ornamen Karangan Bunga
Kartu Ucapan Pecah Belah dengan Ornamen Karangan Bunga

Tidak hanya pada bagian hampers pecah belah yang terlihat seperti kembang, tetapi hampers lebaran pada gambar di atas juga menambahkan ornamen bunga hidup langsung di bagian pinggir nya. Ini menjadi inspirasi unik karena kreativitas dan keindahan yang diberikan dari hampers lebaran menandakan ketulusan dan penghargaan terhadap penerimanya. Unutuk dapat melakukan kustomisasi terhadap hadiah hampers lebaran, kalian dapat melakukan pemesanan langsung dengan menghubungi CS Delovery. 

5. Kartu Ucapan Kue Tart Lebaran Idul Fitri

Kartu Ucapan Kue Tart Lebaran Idul Fitri
Kartu Ucapan Kue Tart Lebaran Idul Fitri

Jika sebelumnya adalah barang-barang seperti peralatan dan juga cookies ringa, maka kue tart idul fitri seperti pada gambar di atas juga dapat menjadi ide menarik. Biasanya kue tart identik dengan momen perayaan ulang tahun, tetapi ternyata juga bisa dijadikan untuk kue inti ketika bersama keluarga besar pada saat lebaran. Penggunaan kartu ucapan idul fitri dapat kalian taruh di tengah atau pinggir kue dengan menyesuaikan warna dan tema kue idul fitri tersebut. 

Contoh Tulisan pada Kartu Ucapan Selamat Idul Fitri untuk Lebaran

  1. “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat Hari Raya Idul Fitri! Semoga setiap langkah kita di hari kemenangan ini dipenuhi dengan kebahagiaan, kedamaian, dan berkah. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya.”
  2. “Bismillah, Ramadan Kareem! Selamat Hari Raya Idul Fitri! Di hari yang fitri ini, mari kita bersyukur atas nikmat kesempatan untuk merayakan kemenangan setelah menunaikan ibadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga perdamaian dan kebahagiaan senantiasa menyertai kita.”
  3. “Selamat Hari Raya Idul Fitri! Dengan penuh rasa syukur, kami mengucapkan selamat hari kemenangan kepada Anda dan keluarga. Semoga rahmat dan berkah-Nya selalu menyertai langkah-langkah kita. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga hubungan kita semakin erat dan terjalin dengan baik.”
  4. “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Di hari yang fitri ini, izinkan kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri dengan penuh kebahagiaan. Semoga cahaya kasih-Nya menerangi setiap langkah kita. Mohon maaf lahir dan batin. Mari kita sambut hari kemenangan ini dengan hati yang bersih dan penuh rasa syukur.”
  5. “Bismillah, Ramadan Kareem! Selamat Hari Raya Idul Fitri! Di momen yang fitri ini, mari kita sambut dengan senyuman dan kebahagiaan. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan. Semoga hari kemenangan ini membawa kebahagiaan dan kedamaian bagi kita semua.”
  6. “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat Hari Raya Idul Fitri! Mari kita syukuri setiap nikmat yang diberikan-Nya dan bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Mohon maaf lahir dan batin atas segala khilaf. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya.”

Kalian dapat memilih salah satu dari contoh di atas atau menggabungkan beberapa elemen dari setiap contoh untuk menciptakan kartu ucapan yang sesuai dengan kepribadian dan perasaan Anda. Ingatlah untuk menyampaikan pesan dengan tulus dan penuh kasih saat merayakan Idul Fitri bersama orang-orang terkasih. Selamat Hari Raya Idul Fitri!

Baca juga: 40 Kata-Kata Minal Aidin Wal Faizin Untuk Teman & Keluarga Di Ramadhan

Previous

Cara Membuat Buket Uang Sendiri dengan Mudah Bagi Pemula

Next

7 Contoh Hampers Lebaran Murah & Tips Pilih Bahan Dasar di Bawah 100k