Blog » Tips » Tips Menata Bunga Di Rumah Agar Meningkatkan Kesejahteraan Emosional

Tips Menata Bunga Di Rumah – Bisa dibilang bahwa bunga merupakan salah satu tanaman yang banyak digemari oleh hampir mayoritas semua orang. Bisa dibilang selain memberikan kesegaran dan kesejukan, bunga juga memberikan perasaan emosional yang sangat penting dan menenangkan bagi sang pemiliknya. Karena tanaman bunga ini secara tidak langsung juga memberikan perasaan yang senang dan bahagia. Sehingga tidak heran banyak orang yang senang dan ingin menanam atau memiliki bunga yang diletakan di rumah.

Berbicara mengenai bunga, banyak yang mungkin belum paham dan belum memahami apa sih bunga itu beserta dengan cara menata dan menanam bunga yang baik dan benar tersebut. Jadi pada dasarnya, bunga atau juga disebut kembang adalah bagian dari tanaman yang umumnya berpenampilan indah dan mengeluarkan aroma yang wangi. Bunga merupakan organ tumbuhan yang mempunyai fungsi biologis. Fungsi biologisnya untuk memicu proses reproduksi pada tanaman, yaitu dengan cara mempertemukan serbuk sari dan putik.

Untuk proses penyerbukan, bunga juga menadapatkan bantuan dari pihak ketiga di luar tanaman, seperti dari angin atau serangga seperti kupu-kupu dan lebah. Lalu dari reproduksi ini tergantung dari jenis tanamannya, ada yang mampu bereproduksi secara mandiri dan ada yang membutuhkan bantuan dari luar.

Bunga sendiri terbagi menjadi beberapa jenis bunga tunggal dan majemuk. Bunga majemuk disebut sebagai inflorescence. Contohnya adalah bunga tersebut adalah bunga matahari dan Anthurium yang sebenarnya merupakan kumpulan dari beberapa bunga atau majemuk tersebut, akan nampak seperti satu kesatuan bunga tunggal.

Bunga sendiri memiliki fungsi yang sangat penting mengingat di bagian bunga proses penyerbukan dan pembuahan terjadi. Nah setelah pembuahan, maka tanaman bunga ini dapat berkembang biak dengan mengeluarkan buah. Serta dengan bentuknya yang umumnya cantik, bunga juga sering dijadikan sebagai tanaman hias agar keindahannya dapat kita nikmati.

Tips Menata Bunga Di Rumah

Nah setelah mengetahui apa sih bunga itu, hal lainnya yang juga tidak kalah penting adalah cara menata bunga yang baik untuk memberikan kesan meningkatkan kesejahteraan emosional. Terlebih ketika memasang bunga di rumah, tentu memberikan kesan emosional yang kuat dan memberikan kesan serta efek positif yang baik untuk kesehatan mental kita. Nah buat yang penasaran berikut adalah cara menata bunga di rumah yang sangat baik untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatanan emosional yang baik dan berkualitas berikut ini.

1. Kelompokan Berdasarkan Jenis

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan kelompokkan tanaman berdasarkan jenisnya. Caranya dengan mendekatkan antara tanaman sejenis di satu sudut atau bagian teras, dan beri jarak dengan jenis tanaman yang lain. Lalu lakukan penataan seperti ini akan menciptakan kesan serasi dan tidak berantakan dan memanfaatkan space atau tempat yang tepat guna.

Namun apabila rumah anda memuliki lahan atau luas taman yang terbatas terbatas, anda dapat memanfaatkan rak untuk memajang tanaman secara lebih rapi. Dengan metode seperti ini, taman bunga yang anda miliki tetap dapat diramaikan oleh beraneka jenis tanaman, meski lahan sempit.

Serta dengan banyaknya jenis dan plihan rak bunga estetik yang beredar tentu akan membuat banyak refrensi untuk anda, mulai dari rak susun, gantung, dinding, dan lain sebagainya, yang tentu dapat memperindah area teras Anda. Memadupadankan rak berbagai ukuran juga dapat menimbulkan variasi yang menawan pada taman teras Anda.

2. Tentukan Tatanan Tanaman Bunga

Seperti apa penataan tanaman bunga yang memang ingin anda ciptakan? Apakah disejajarkan, dikumpulkan dalam bentuk lingkaran, dikumpulkan dalam bentuk persegi, atau diletakkan secara acak sesuai dengan kebutuhan anda? Anda bisa menerapkan penataan campuran, misalnya di satu area tanaman ditata secara melingkar, lalu di area lain tanaman cukup dibariskan.

Dengan cara menata bunga di teras rumah yang juga dapat anda coba adalah memakai pot bunga model gantung. Pot gantung berukuran kecil dan berwarna-warni dapat menghidupkan sekaligus menyegarkan suasana teras yang asri dan menyegarkan.

3. Menciptakan Titik Pusat

Metode ini memiliki cara yang tergolong unik untuk menghasilkan tanaman bunga yang anda butuhkan. Caranya dengan memiliki 1 bunga berjenis unggul atau terlihat menonjol dibandingkan bunga lainnya. Letakkan bunga tersebut di tengah taman atau hiasi sekelilingnya dengan batu hias atau ornamen hias lain yang menarik. Cara lainnya adalah meletakkan tanaman tersebut di pot berbentuk unik dan menarik. Dengan penggunaan teknik dengan memanfaatkan titik pusat ini, pandangan orang akan langsung tertuju pada tanaman tersebut saat melihat bunga yang anda miliki.

4. Atur Posisi Tanaman

Pengaturan seperti ini bisa berdasarkan ukuran tanaman. Misalnya seperti bunga yang berukuran kecil jangan ditaruh di belakang tanaman berukuran besar karena nanti jadi tidak kelihatan. Cara menata bunga di teras rumah yang lain yaitu dengan meletakkan tanaman pot kecil di atas batu tinggi sehingga sejajar dengan bunga yang berukuran besar. Anda juga dapat meletakkan tanaman pot di atas bangku kayu atau besi untuk menciptakan gaya rustic.

5. Membersihkan Tanaman Bunga Dari Daun Kering

Dalam merawat tanaman bunga yang anda miliki tersebut, penting untuk rajin membersihkannya dari daun atau bunga yang sudah layu, kering, atau mati. Kumpulkan rontokan daun dan bunga di satu tempat untuk kemudian dijadikan pupul kompos yang dapat menyuburkan tanah halaman Anda. Teras yang cantik selain enak dipandang, juga seolah menyambut siapa pun yang datang dengan penuh kehangatan. Selamat mencoba berbagai cara menata bunga di teras rumah.

Nah hal lainnya yang juga tidak kalah penting adalah memilih toko bunga yang berkualitas tinggi untuk menciptakan tanaman yang berkualitas di rumah anda. Nah kami dari Delovery hadir memberikan berbagai pilihan bunga yang berkualitas dan memberikan anda dalam meningkatkan kesehatan emosional yang berkualitas bagi anda.

Informasi Pemesanan Bunga Di Toko Bunga Online Terpercaya Dan Berkualitas

Jika anda sedang mencari atau berminat untuk memesan karangan Bunga, Bunga papan, buket Bunga, standing flower atau produk Bunga lainnya. Delovery.com hadir untuk memenuhi kebutuhan anda dengan pemesanan yang Mudah, cepat, dan gratis biaya pengiriman. Kami merupakan toko bunga Jakarta Timur terpercaya. Jika anda ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut, silakan kunjungi website resmi kami delovery.com.

Bagi anda yang ingin melakukan konsultasi atau mengajukan pertanyaan, anda dapat menghubungi kami melalui email sales@delovery.com. Atau anda juga dapat mengirim pesan melalui whastapp kami 081-2288-3155. Segera lakukan pesanan agar mendapatkan penawaran terbaik dari kami, ya!

Previous

Sambut Lebaran, Ini 10 Rekomendasi Hampers Lebaran Terfavorit di Tahun 2023

Next

Manfaat Kesehatan Yang Tersembunyi Dari Kebiasaan Menyimpan Bunga Di Rumah