Blog » Flowerpedia » 5 Makna Bunga Edelweis, Cinta Abadi hingga Kenangan

Bunga edelweis (Leontopodium alpinum) merupakan salah satu bunga cantik yang tumbuh subur di pegunungan. Banyak sumber yang mengatakan bahwa bunga ini berasal dari Pegunungan Alpen di Eropa.

Kata ‘Edelweiss’ atau ‘Edelweiß’ dalam bahasa Jerman berasal dari kata ‘edel’ yang berarti mulia, dan ‘weiß’ yang berarti putih. Bunga edelweis melambangkan kesetiaan.

Makna ini muncul karena bunga edelweis tumbuh di salah satu kondisi pegunungan yang paling keras di dunia.

Memiliki bentuk dan ukuran kecil dengan daun yang berbulu menjadi ciri khasnya. Warna putih pada bunganya menjadi daya tarik bagi siapa saja yang melihatnya.

Bagi para pendaki, bunga edelweis menjadi pemandangan indah saat di puncak. Namun, bunga edelweis termasuk bunga yang dilindungi dan tidak boleh sembarang memetiknya.

Berbagai kebudayaan termasuk Indonesia mempercayai bahwa bunga edelweis menjadi simbol cinta, keberanian, dan keabadian.

Simak makna lengkap bunga Edelweis mulai dari kesetiaan, kenangan, makna untuk pacar dan sahabat, hingga arti bunga Edelweiss kering.

Mengapa Bunga Edelweis disebut Sebagai Bunga Abadi?

bunga edelwis, bunga abadi

Julukan bunga abadi pada makna bunga edelweis bukan omong kosong belaka. Bunga edelweis yang tumbuh di pegunungan ini dapat hidup dalam waktu yang sangat lama.

Ketahanan dengan cuaca ekstrim berasal dari hormon etilen dalam bunga tersebut. Hormon ini mampu mencegah kelopak-kelopak bunga edelweis dari kerontokan.

Selanjutnya, hormon etilen juga membantu pemekaran bunga edelweis dan hidup selama bertahun-tahun. Setidaknya, bunga ini dapat terus tumbuh hingga 10 tahun.

Saat dipetik pun bunga edelweis tetap terlihat segar dan tidak layu. Bentuk dan warna bunga ini tidak berubah sedikitpun meski disimpan dalam waktu yang lama.

Makna Bunga Edelweis yang Indah

Makna bunga edelweis merupakan hal penting bagi seseorang yang memiliki ketertarikan terhadap bunga. Bunga ini tidak sekadar dinikmati keindahannya saja.

Mereka juga dapat menyelami maknanya untuk diberikan kepada orang yang tepat. Beberapa makna bunga edelweis berkaitan erat dengan hubungan seperti pacar dan sahabat.

Berikut penjelasan dari setiap makna bunga edelweis.

1. Makna Bunga Edelweis untuk Pacar sebagai Cinta Abadi dan Kesetiaan

cinta abadi melalui makna bunga edelweis

Keindahan dan keabadian dari bunga edelweis memiliki makna yang mendalam. Apalagi jika seseorang memberikan bunga ini untuk pacar.

Dalam berbagai kebudayaan, makna bunga edelweis berkaitan erat dengan romantisme dan cinta abadi. Bentuk dan warna yang sulit memudar melambangkan perasaan cinta, komitmen, dan kesetiaan yang kuat.

Besar harapan bahwa hubungan tersebut akan selalu dikelilingi oleh hal-hal yang indah dan harmonis. Ini menjadi langkah agar hubungan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Membahas bunga abadi, ternyata masih ada bunga abadi lainnya selain Edelweis. Apa saja bunga-bunga itu? Baca selengkapnya di artikel kami tentang Bunga Abadi Selain Edelweis.

2. Makna Bunga Edelweis untuk Sahabat

persahabatan indah dengan makna bunga edelweis

Lambang persahabatan dengan bunga ternyata ada pada makna bunga edelweis. Keindahan yang bertahan lama atau abadi mengisyaratkan bahwa persahabatan yang bertahan lama.

Bunga edelweis dengan kegigihannya menghadapi cuaca ekstrim di pegunungan untuk terus mekar dan hidup.

Begitu pula dengan persahabatan yang tidak selalu baik-baik saja. Terkadang kita berbeda pandang, beradu argumen, dan bertengkar.

Meski begitu, tantangan dan rintangan harus dihadapi bersama-sama dengan saling memberikan dukungan dan kepercayaan.

Baca juga: 5 Bunga yang Melambangkan Persahabatan 

3. Makna Bunga Edelweis Kering: Kenangan

makna bunga edelweis kering

Bunga edelweis memang memiliki ketahanan yang sangat bagus untuk tetap segar di cuaca ekstrim. Meski begitu, banyak orang yang menggemari bunga edelweis kering.

Selain unik dan cocok sebagai hiasan, bunga edelweiss kering memiliki makna kenangan yang abadi.

Saat kering, bunga edelweis dapat tetap mempertahankan keindahan dan kecantikannya dalam waktu yang lama.

Seseorang yang menyimpan bunga edelweiss kering biasanya akan selalu mengingat kenangan berbagi momen bersama orang yang memberinya bunga edelweiss kering itu.

4. Bunga Edelweis Lambang Keberanian untuk Berkorban

makna bunga edelweis dengan keberanian

Biasanya, makna pada bunga berkaitan erat pada perasaan seseorang. Berbeda dengan hal tersebut, bunga edelweis memiliki simbol keberanian.

Makna bunga edelweis ini berasal dari keberadaannya di tempat yang ekstrim seperti puncak gunung. Setiap kelopaknya menandakan bahwa bunga edelweis memiliki keberanian untuk terus bertahan.

Seseorang yang ingin mendapatkan bunga ini pun memerlukan keberanian hingga mencapai puncak gunung. Tidak semua orang mampu berkorban untuk tantangan dan rintangan saat mendakinya.

5. Simbol Kesucian dalam bunga Edelweis

kesucian dalam makna bunga edelweis

Bunga edelweis memiliki warna putih yang identik dengan hal-hal yang suci dan bersih. Dari situlah makna bunga edelweis berikutnya adalah kesucian.

Setiap kelopaknya melambangkan seseorang yang harus menjaga sifatnya agar selalu dalam keadaan suci dan bersih. Sedikit noda dapat terlihat dengan jelas dari bunga edelweis tersebut.

Setiap orang harus menerapkan makna bunga edelweis ini dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dimulai dengan menerapkan perilaku jujur, rendah hati, dan pemaaf.

Dengan begitu, kesucian dapat Anda dapatkan baik dalam hati, jiwa, dan pikiran.

Ide Bunga Buket Edelweis

makna bunga daisy: ide bunga buket edelweis

Bunga edelweis dikenal sebagai simbol keabadian dan cinta sejati. Dalam merangkai buket bunga edelweis, kita bisa menggunakan berbagai jenis kain untuk membungkusnya agar tampak lebih menarik dan elegan.

Berikut adalah tutorial singkat untuk membuat buket bunga edelweis dan rekomendasi paduan jenis kain yang bisa digunakan.

Tutorial Singkat Merangkai Buket Edelweis

  • Persiapan Kain dan Bunga: Siapkan selembar kertas coklat atau kain pilihan Anda. Letakkan selembar plastik di atas kain untuk menjaga kesegaran bunga.
  • Penempatan Bunga: Letakkan bunga edelweis di atas plastik. Pastikan tangkai bunga berada di bagian bawah.
  • Pembungkusan: Lipat kain atau kertas secara diagonal dan bungkus bunga dengan hati-hati. Pastikan bunga terlihat cantik dan rapi.
  • Pengikatan: Ikat bagian bawah kain atau kertas dengan pita atau tali untuk memastikan buket tetap rapi dan bunga tidak berantakan.

Rekomendasi Kain yang Cocok Dengan Edelweis

  • Kain Goni: Memberikan tampilan alami dan rustic, cocok untuk acara kasual atau tema alam.
  • Kain Kertas Coklat: Tampilan sederhana namun elegan, ideal untuk berbagai acara.
  • Kain Organza atau Tulle: Menambah sentuhan feminin dan mewah, cocok untuk acara formal seperti pernikahan.

Inspirasi Buket Bunga Edelweis

Berikut beberapa gambar sebagai referensi ide untuk buket bunga edelweis:

  • Buket dengan Kain Coklat:

makna bunga daisy: buket bunga dengan kain coklat

  • Buket dengan Kain Goni Sederhana:

makna bunga daisy: buket dengan kain goni sederhana

  • Buket dengan Kain Goni Elegan:

makna bunga daisy: buket dengan kain goni elegan

  • Buket dengan Kain Goni dan Sentuhan Warna:

makna bunga daisy: buket dengan kain goni dan sentuhan warna

Dengan kombinasi kain dan bunga edelweiss yang tepat, Anda bisa menciptakan buket yang tidak hanya indah dipandang tetapi juga bermakna mendalam. Selamat mencoba!

Cara Mendapatkan Bunga Edelweis dengan Mudah

Bunga edelweis termasuk dalam bunga yang dilindungi, apalagi jika bunga tersebut berada di alam seperti puncak gunung.

Para pendaki tidak boleh seenaknya dalam mengambil bunga edelweis. Bahkan terdapat peraturan yang melarang pencabutan bunga tersebut.

Jika Anda tertarik memilikinya, terdapat cara mudah yang dapat dilakukan. Saat memiliki bunga abadi ini, Anda dapat memberikan makna bunga edelweis kepada orang terkasih.

Cukup dengan pesan bunga edelweis kering di toko bunga online seperti Delovery. Dapat dipastikan bunga tersebut berasal dari budidaya yang legal

Delovery akan mengemas bunga edelweis kering dengan kreatif sesuai keinginan Anda. Dengan begitu, makna bunga edelweis dapat tersampaikan pada momen spesial seperti pernikahan. Harapannya sang pengantin dapat merasakan ketulusan cinta dari pasangannya.

makna bunga daisy dengan Buket Charming Pink Delovery

Salah satu produk unggulan dari Delovery adalah buket bunga yang sangat beragam. Anda bisa Pesan buket Charming Pink untuk orang menyampaikan perasaan kepada orang terkasih.

Previous

Bingung Rayakan Anniversary Pernikahan? Tips Jitu Bikin Momen Berkesan

Next

3 Bunga Kelahiran Februari: Violet, Primrose, dan Iris