Blog » Flowerpedia » 7 Arti Bunga Melati dalam Cinta dengan Mitos Dibaliknya

Bunga melati merupakan salah satu bunga yang memiliki aroma khas. Bernama ilmiah Jasminium, umumnya bunga Melati berwarna putih dengan bentuk bintang.

Meski ukurannya kecil, tetapi bunga ini banyak digunakan dalam berbagai budaya, khususnya di Indonesia. Kamu pasti akan mudah menemukan bunga ini pada acara pernikahan maupun pemakaman. Bunga Melati menjadi simbol penting dalam momen tersebut.

Bunga Melati terdiri atas ratusan varietas yang tersebar di seluruh dunia. Namun, terdapat jenis Melati yang paling populer yaitu Jasminum officinale atau melati penyair.

Jenis Melati penyair ini adalah Melati yang sering Kamu lihat sehari-hari. Wangi harumnya membuat orang-orang terpesona.

Saat malam hari, wanginya akan semakin semerbak bahkan dapat memabukkan. Bunga ini juga memiliki mitos yang tersebar dan dipercaya oleh masyarakat luas.

Banyak hal lain yang dapat dikulik dari bunga Melati ini. Berikut informasi selengkapnya mengenai arti bunga Melati, asal-usul, manfaat, hingga mitosnya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Arti Bunga Melati dalam Cinta

Arti Bunga Melati dalam cinta yang abadi

Bunga Melati memiliki beberapa arti yang berkaitan dengan cinta. Unsur-unsur yang penting dalam cinta dapat Kamu temukan pada bunga ini.

Hal tersebut membuatnya populer sebagai pelengkap acara pernikahan khususnya untuk calon pengantin wanita. Bunga Melati menjadi aksesoris penting yang tidak boleh terlewatkan.

Berikut beberapa arti bunga Melati dalam cinta.

1. Kesucian

Warna dari bunga Melati adalah putih bersih yang melambangkan kesucian. Dalam cinta, terdapat kesucian hati yang harus dijaga saat menjalin hubungan.

Budaya Indonesia sendiri menghadirkan bunga Melati saat upacara pernikahan. Ini sebagai lambang bahwa kedua pasangan memiliki hati yang suci untuk memulai bahtera rumah tangga.

2. Kemurnian

Melati juga memiliki simbol kemurnian yang berasal dari warna putih dan kelembutan kelopak bunganya. Bunga Melati merepresentasikan perasaan murni pada cinta tanpa ada maksud tertentu.

Hubungan yang diselimuti oleh kemurnian akan menciptakan keindahan cinta. Setiap hari mereka akan berbagi hal-hal baik dari hatinya.

3. Kasih Sayang

Cinta tidak akan lengkap tanpa adanya kasih sayang. Begitu pula dengan arti bunga melati dalam cinta.

Bunga ini melambangkan kasih sayang dari pasangan yang akan menikah. Tidak heran jika Melati hadir pada dekorasi atau hiasan pernikahan.

4. Romantisme

Bunga Melati menjadi salah satu bunga dengan aroma harum semerbak. Apalagi saat malam hari, aromanya dapat memabukkan siapapun yang menciumnya.

Harumnya bunga Melati ini melambangkan romantisme terhadap orang yang dicintainya. Mereka dapat dimabuk kepayang saat bertemu pujaan hatinya.

5. Keindahan dan Kecantikan

Bentuk bunga Melati memang terlihat sederhana. Meski begitu, bunga ini tetap memancarkan pesona yang mampu membuat seseorang jatuh hati.

Bunga ini pun menjadi simbol keindahan dan kecantikan. Bahkan dalam mitologi Yunani, terdapat dewi Aphrodite yang menggunakan Melati untuk meningkatkan kecantikannya.

6. Sensualitas

Keharuman yang lembut dari bunga Melati juga menjadi simbol sensualitas. Bunga ini memiliki afrodisiak alami yang dapat meningkatkan gairah romantis dalam hubungan.

Biasanya, aroma ini hadir dalam parfum atau aromaterapi untuk menciptakan suasana yang intim pada pasangan. Ini membuat bunga Melati sangat cocok diletakkan di kamar.

Selain bunga Melati, terdapat juga bunga Sedap Malam yang juga memiliki efek sensualitas. Untuk memahaminya, Kamu bisa membaca artikel Ini Dia 3 Manfaat Bunga Sedap Malam Saat Diletakkan Di Kamar.

7. Ketulusan

Bunga Melati juga melambangkan ketulusan seseorang saat menjalin hubungan romantis. Perasaan tulus ini datang dari hati yang paling dalam.

Ketulusan sangat diperlukan dalam ikatan percintaan. Tanpanya, cinta akan terkesan dipaksakan tanpa adanya kejelasan perasaan.

Apa Arti Bunga Melati dalam Pengantin?

Arti Bunga Melati dalam cinta pada pernikahan

Pernikahan merupakan momen sakral yang diharapkan terjadi sekali dalam seumur hidup. Pada momen tersebut setiap pasangan mengikatkan janji suci mereka di hadapan Tuhan.

Dalam pernikahan, khususnya adat Jawa, pengantin wanita mengenakan aksesoris bunga Melati yang menyimpan berbagai arti mendalam. Arti bunga Melati dalam pengantin sebenarnya tidak jauh berbeda dalam cinta.

Melati dalam pengantin wanita memancarkan keindahan dan kecantikan baik dari dalam maupun luar. Bahkan bunga ini dapat membuat “pangling” pengantin wanita karena kecantikannya.

Warna putih dari bunga Melati mencerminkan niat tulus dari pernikahan kedua pasangan tersebut. Keduanya dengan izin Tuhan dan hati yang murni tanpa paksaan akan membina rumah tangga.

Baca juga: 10 Bunga Romantis Yang Wajib Ada Di Buket Pernikahan Anda!

Asal Usul Bunga Melati

asal usul bunga melati di dunia

Bunga Melati memiliki sejarah yang panjang hingga populer dan digunakan dalam pernikahan. Daerah tropis dan subtropis seperti Eurasia, Australia, dan Oceania merupakan daerah asal dari bunga Melati.

Spesies bunga Melati yang pertama adalah Jasminum sambac atau Melati Arab. Kemudian berkembang hingga mempunya lebih dari 200 spesies yang tersebar di seluruh dunia.

Proses penyebaran bunga ini melalui jalur perdagangan ke wilayah Asia, Afrika, dan Eropa. Bunga Melati populer karena aroma harum yang khas dan menenangkan.

Hingga saat ini bunga Melati masih terus dibudidayakan dan menjadi bunga penting dalam berbagai acara seperti pernikahan.

Makna Bunga Melati dalam Budaya

mitos bunga melati yang diyakini oleh masyarakat luas secara turun menurun

Ternyata bunga Melati tidak hanya dipakai dalam budaya Indonesia. Beberapa negara, juga menggunakan bunga ini sebagai bagian yang penting.

Dalam beberapa budaya terdapat makna bunga Melati yang harus Kamu ketahui. Ini dapat menjadi sebuah pengetahuan baru yang menarik. Berikut beberapa makna bunga Melati dalam budaya.

  • India menggunakan Melati untuk persembahan para dewa dan upacara keagamaan sebagai simbol spiritualitas.
  • Bunga Melati dalam Filipina dikenal sebagai “sampaguita” atau bunga nasional yang juga memiliki makna kesetiaan dan pengabdian.
  • Pada hari kasih sayang, orang-orang di Thailand menggunakan bunga Melati untuk diberikan kepada orang terkasih.
  • Sri Lanka menggunakan bunga Melati sebagai simbol keindahan alam dan menjadi unsur penting pada upacara keagamaan.
  • Pakistan menetapkan bunga Melati sebagai “Chambeli” untuk bunga nasional yang melambangkan kehormatan.
  • Vietnam menghormati keindahan bunga Melati untuk dekorasi rumah dan upacara tradisional.

Mitos Bunga Melati

Bunga Melati memiliki mitos yang dipercaya dan diyakini oleh masyarakat luas secara turun menurun. Terdapat juga mitos yang berkaitan dengan makhluk halus karena aromanya yang semerbak di malam hari.

Mitos bunga Melati ini sering berkaitan dengan tradisi atau primbon Jawa. Beberapa mitos ini di antaranya sebagai berikut.

  • Bunga Melati memiliki kekuatan magis yang dapat membawa keberuntungan dan perlindungan kepada seseorang.
  • Sarana untuk memikat lawan jenis yang dicintai.
  • Masyarakat percaya penggunaan bunga Melati sebagai hiasan pada saat pernikahan dan disimpan di sekitar tempat tidur dapat membawa berkah dan kebahagiaan.
  • Aroma bunga melati yang kuat dapat menarik makhluk halus.
  • Bunga Melati dipakai untuk persembahan kepada dewa dalam ritual dan upacara keagamaan.

Manfaat Bunga Melati

manfaat bunga melati sebagai aromaterapi dan dapat juga dijadikan teh bunga melati

Melati sarat akan makna dan sejarah panjang dibaliknya. Bunga ini telah hadir di tengah-tengah masyarakat dengan keindahannya.

Selain dikagumi, bunga melati juga memiliki manfaat yang sayang jika terlewatkan begitu saja. Kamu bisa mendapatkan manfaat bunga Melati dengan mengolahnya secara benar.

Teh Bunga Melati

Kita mungkin sudah tidak asing dengan teh melati. Teh ini memiliki aroma dan rasa yang khas. Cita rasa lembut membuat teh melati disukai oleh banyak orang.

Mengkonsumsi teh melati secara rutin akan mendatangkan berbagai khasiat untuk tubuh yang sayang jika terlewat begitu saja. Beberapa khasiat teh melati adalah sebagai berikut.

  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Bantu turunkan berat badan
  • Mengatur kadar gula
  • Melancarkan pencernaan
  • Menyehatkan kulit

Aromaterapi

Bunga Melati memiliki aroma harum khas yang tidak dimiliki oleh bunga lain. Tidak heran jika bunga ini diolah menjadi minyak melati yang digunakan sebagai aromaterapi yang menenangkan.

Aromaterapi melati dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental secara bersamaan. Apalagi jika Kamu memiliki kesulitan tidur dan cemas yang berlebih.

Dengan meletakkan aromaterapi di kamar, aromanya akan menenangkan pikiran sehingga Kamu dapat memiliki kualitas tidur yang baik.

Baca juga: 6 Manfaat Melati, Mulai Dari Kecantikan Sampai Kesehatan

Cara Merawat Tanaman Melati

Bunga Melati yang memiliki banyak arti dan khasiat ini menjadi sangat populer. Orang-orang pun menanam Melati di halaman rumah dengan telaten sampai berbunga lebat.

Ketika sudah menanam Tanaman Melati, langkah selanjutnya adalah merawatnya. Meski tidak membutuhkan skill khusus, seseorang harus konsisten dan sabar hingga dapat diambil manfaatnya.

Kamu tidak perlu khawatir, kami akan memberikan cara merawat tanaman Melati yang mudah untuk dilakukan. Berikut cara-caranya.

  • Tempatkan tanaman Melati pads tempat dengan pencahayaan yang cukup sekitar 4-6 jam.
  • Lakukan penyiraman dengan teratur untuk memastikan tanah selalu lembab.
  • Berikan pupuk yang mengandung fosfor setiap 2-3 bulan sekali.
  • Lakukan pemangkasan secara rutin dengan memotong bagian yang kering dan layu.
  • Lihat tanaman secara rutin untuk memastikan tidak ada hama yang mengganggu.
  • Gantilah pot atau pindahkan ke tempat yang lebih luas ketika tanaman mulai membesar.

Ide Hadiah Bunga Melati dari Delovery

Bunga Melati memang jarang ditemukan sebagai hadiah. Namun, tidak ada salahnya juga untuk memberikan bunga ini pada acara pernikahan orang terdekat.

Kamu bisa memberikan hadiah bunga melati dengan memesannya di Delovery. Toko bunga dan hadiah online ini telah hadir selama lebih dari 10 tahun.

Delovery menyediakan berbagai produk yang dapat Kamu lihat di katalog-katalog sesuai dengan kebutuhan momen atau acara.

Untuk hadiah pernikahan, Kamu bisa cek katalog Occasion Pernikahan dan pilih kota tujuan dengan benar. Jika produk yang dipilih masih dalam satu kota, Kamu bisa mendapatkan gratis ongkir tanpa syarat apapun.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan produk berkualitas unggul dengan melakukan pemesanan di Delovery.

Previous

Rekomendasi Kue Anniversary Simple Sederhana untuk Pernikahan Romantis

Next

35 Ide Ucapan Ulang Tahun untuk Pacar, Jatuh Cinta Lagi!