Blog » Perlu Tahu » 10 Negara Paling Dermawan Tahun 2022, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

Tahukah kamu 10 negara paling dermawan di dunia pada tahun 2022? Apakah Indonesia menjadi salah satunya?

CAF (Charities Aid Foundation) telah merilis World Giving Index 2022 dan menobatkan Indonesia sebagai negara paling dermawan di dunia. Berdasarkan penilaian, Indonesia memperoleh 68 dari 100% sehingga menduduki urutan pertama dari 119 Negara.

negara dermawanUniknya, ini bukan kali pertama Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia. Sebenarnya Indonesia sudah dinobatkan sebagai negara paling dermawan selama 5 tahun berturut-turut oleh CAF.

CAF sendiri merupakan yayasan badan amal yang sudah lebih dari 95 tahun melakukan penelitian terhadap badan aman serta dampaknya untuk dunia. Dalam melakukan penilaian, terdapat 3 dimensi yang perhatian oleh CAF yaitu kebiasaan membantu orang asing, keinginan dalam berdonasi serta waktu yang dihabiskan untuk menjadi sukarelawan.

10 Negara Paling Dermawan di Dunia Tahun 2022

negara dermawanBerdasarkan World Giving Index 2022 yang diterbitkan CAF, terdapat 10 negara yang dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia. Berikut daftarnya :

  1.       Indonesia

Posisi pertama ditempati oleh Indonesia. Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia secara berturut-turut sejak tahun 2018 hingga 2022. Diperkirakan pada tahun 2021, terdapat sebanyak 8 dari 10 orang Indonesia sering berdonasi serta 6 dari 10 pernah meluangkan waktunya sebagai sukarelawan

  1.       Kenya

Kenya menjadi negara di peringkat ke-2 sebagai negara paling dermawan di dunia. Negara yang berada di bagian timur Afrika ini memperoleh nilai sebesar 61 dari 100 persen. Dimana dalam dimensi kebiasaan membantu orang asing memperoleh peringkat 7, keinginan berdonasi berada di peringkat 20 serta memperoleh peringkat ke 2 di tingkat kerelawanan.

  1.       Amerika Serikat

Dikenal sebagai salah satu negara super power, Amerika Serikat  mendapatkan peringkat ke 3 dengan  perolehan nilai sebesar 59 dari 100 persen. Dimana dalam dimensi kebiasaan membantu orang asing, Amerika memperoleh peringkat 4, keinginan berdonasi berada di peringkat 9 serta memperoleh di dimensi kerelawanan peringkat 7.

  1.       Australia

Selanjutnya, di peringkat ke 4 ditempati oleh negara Australia. Berdasarkan penilaian, Australia memperoleh nilai 55 dari 100 persen. Dimana dalam dimensi keinginan berdonasi mendapatkan peringkat yang cukup tinggi yaitu di peringkat 6. Disusul dimensi kebiasaan membantu orang asing peringkat 34 dan kerelawanan peringkat 20.

  1.       Selandia Baru

Selandia Baru menjadi negara yang menempati posisi peringkat ke 5. Negara yang secara geografis  bersebelahan dengan Australia ini memperoleh peringkat 46 pada dimensi membantu orang asing, peringkat 10 untuk keinginan berdonasi serta kerelawanan peringkat 14.

  1.       Myanmar

Selanjutnya di peringkat ke 6 ditempati oleh negara tetangga Indonesia yaitu Myanmar. Myanmar memperoleh nilai 52 dari 100 persen.

  1.       Sierra Leone

Kemudian di peringkat ke 7 disusul oleh Negara Sierra Leone. Negara di Afrika Barat ini memperoleh nilai sebesar 51 dari 100 persen.

  1.       Kanada

Kemudian di peringkat ke 8 ada negara Kanada. Namun sebenarnya perolehan nilai dari negara Kanada ini sama dengan Sierra Leone yaitu 51 dari 100 persen.

  1.       Zambia

Di peringkat ke 9 ditempati oleh negara Zambia dengan perolehan nilai sebesar 50 dari 100 persen.

  1.   Ukraina

Di urutan terakhir sebagai 10 negara paling dermawan di dunia ditempati oleh Ukraina. Negara Ukraina ini memperoleh nilai dengan total 49 dari 100 persen.

Berbagi itu Membanggakan dan Menyenangkan!

Itulah 10 negara paling dermawan di dunia tahun 2022. Tentunya menjadi hal yang membanggakan untuk negara Indonesia karena dapat terpilih kembali sebagai peringkat pertama negara paling dermawan di dunia.

Jangan berhenti di tahun ini saja! Ayo teruskan kebiasaan mu dalam berbagi dan tularkan ke  orang-orang sekitarmu!

Sama seperti Delovery yang sudah 10 tahun menemani mu, ayo lanjutkan rekor Indonesia untuk menjadi yang paling dermawan di tahun selanjutnya dan seterusnya. Hingga 10  kali berturut-turut atau bahkan lebih ya.

Berbagai itu hal yang menyenangkan dan membanggakan loh delovers!

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam berbagi. Salah satunya melalui rangkaian bunga dan gift untuk orang terkasih dari Delovery.

Delovery sendiri merupakan pioner dalam budaya gifting yang ada di Indonesia dengan beragam pilihan produk bunga dan gift menarik.

Ayo kunjungi Delovery.com sekarang juga dan jadilah bagian dari Gerakan Indonesia Suka Berbagi dan Negara Paling Dermawan.

Previous

Musim Hujan, Parcel Buah Jadi Hantaran yang Paling Diburu untuk Sahabat dan Kerabat

Next

Bukan yang Mesra di Sosmed, Ini 6 Tanda Relationship Goals dalam Hubungan