Home » Manfaat Bunga Untuk Lingkungan: Menjaga Kelestarian Alam Dan Ekosistem

Manfaat Bunga Untuk Lingkungan – Bunga bisa dibilang merupakan salah satu tanaman yang memang banyak sekali digemari dan banyak sekali memberi manfaat yang sangat besar. Bisa dibilang bunga merupakan salah satu tanaman yang selain memberi kesejukan, juga memberikan kesan serta aura positif yang sangat bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Dan juga bunga memiliki berbagai macam manfaat penggunaan yang sangat baik akan alam dan mengurangi pemanasan global yang memang semakin disuarakan.

Tetapi sebelum itu, kami akan mengenalkan kepada anda apa sih bunga itu secara lebih mendalam karena mungkin banyak diantara anda yang mungkin belum memahami secara mendalam tentang bunga tersebut. Jadi pada dasarnya bunga merupakan merupakan salah satu bagian organ tumbuhan yang mempunyai fungsi biologis. Fungsi biologis dari bung aini adalah untuk memicu proses reproduksi pada tanaman, yaitu dengan cara mempertemukan serbuk sari dan putik yang tentu memberikan kesegaran kesejukan di tempat anda.

Dalam proses penyerbukan itu, tanaman bunga menadapatkan bantuan dari pihak ketiga di luar tanaman. Misalnya seperti dari angin atau serangga seperti kupu-kupu dan lebah. Dalam sistem reproduksi ini tergantung dari jenis tanamannya, baik bereproduksi secara mandiri dan ada yang membutuhkan bantuan dari luar.

Selain itu, bunga terbagi menjadi bebetapa jenis bunga tunggal dan majemuk. Bunga majemuk atau yang juga sering disebut sebagai inflorescence. Contohnya adalah bunga tersebut seperti bunga matahari dan Anthurium yang sebenarnya merupakan kumpulan dari beberapa bunga atau majemuk tersebut, akan nampak seperti satu kesatuan bunga tunggal.

Bunga juga memiliki beberapa fungsi yang sangat penting mengingat di bagian bunga proses penyerbukan dan pembuahan terjadi. Setelah proses pembuahan, maka tanaman bunga ini dapat berkembang biak dengan mengeluarkan buah. Serta dengan bentuknya yang umumnya cantik, bunga juga sering dijadikan sebagai tanaman hias agar keindahannya dapat kita nikmati kapan saja dan dimana saja.

Manfaat Bunga Untuk Menjaga Lingkungan

Nah berbiacara mengenai bunga, bisa dibilang memiliki banyak sekali manfaat yang pastinya akan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu bunga juga memiliki sederet manfaat yang berkaitan dengan kualitas lingkungan hidup yang perlu kita ketahui. Nah berikut adalah berbagai manfaat dari bunga untuk lingkungan yang baik dalam menjaga kesestarian alam dan ekosistem berikut ini.

1. Menghilangkan Partikel Beracun Dari Udara

Tanaman hias seperti bunga sangat ampuh dalam menghilangkan partikel beracun yang sangat baik untuk pernafasan. Bahkan dari penelitian NASA yang menjelaskan bahwa tanaman seperti, english ivy, bunga krisan, peace lily, dan berbagai spesies tanaman hias lainnya, terbukti ampuh menghilangkan partikel polutan dari udara.

Jenis tanaman bunga ini mampu menyaring dan menghilangkan kandungan benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia dari udara, bahan kimia yang dapat menganggu kesehatan. Bahan ini biasanya dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan alergi.

2. Mengurangi Debu Di Dalam Ruangan

Saat memasuki musim kemarau yang kering, biasanya debu cenderung lebih mudah bertebaran. Nah untuk solusinya, anda bisa menggunakan tanaman bunga indoor, yang dapat melepaskan 95-97% air yang dikandungnya ke udara.

Karena penggunaan kadar air ini akan menciptakan kelembaban yang mampu menangkap dan menyerap debu dalam ruangan. Selain itu, komposisi air dari tanaman hias juga bisa menyeimbangkan tingkat kelembaban udara, terutama di tengah teriknya musim kemarau. Jadi, bisa dibilang bahwa tanaman hias adalah air purifier dan air humidifier yang alami tanpa mengeluarkan biaya yang sangat mahal.

3. Sebagai Pengusir Nyamuk Yang Ampuh

Biasanya daerah-daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia, yang namanya nyamuk sudaha menjadi teman kita sehari-hari yang tergolong sangat menyebalkan. Meskipun sudah melakukan proses penyemprotan dengan alat khusus atau mungkin mengoleskan lotion anti nyamuk, tetap saja nyamuk sulit sekali untuk menghilangkan nyamuk secara keseluruhan.

Bahkan alat-alat semprot atau lotion nyamuk ini masih banyak yang mengandung bahan kimia berbahaya yang tentu sangat tidak baik untuk kesehatan kita. Sehingga menggunakan tanaman bunga merupakan salah satu solusi terampuh yang bisa anda pilih. Ada beberapa pilihan jenis tanaman bunga yang bisa anda pilih Diantaranya seperti selasih dan geranium, yang dibenci nyamuk. Jadinya, rumah anda akan terbebas dari gangguan serangga penghisap darah ini.

4. Menurunkan Tingkat Kebisingan

Banyak yang belum tahu kalau tanaman bunga sebenarnya dapat membiasakan gelombang suara ke dalam ruangan. Tentunya, ini merupakan hal baru untuk anda, bukan? Karena faktanya tanaman hias seperti bunga-bunga ini dapat membantu memberikan ketenangan, terutama jika Anda tinggal dekat dengan jalan raya.

Nah, anda sendiri bisa memilih berbagai tanaman bunga indoor seperti rubber plants dan weeping fig. Kedua jenis tanaman ini dapat menurunkan tingkat kebisingan dengan cara menyerap gelombang suara. Sehingga anda bisa lebih merasakan ketenangan dari hiruk pikuk kota di luar sana saat berada di dalam rumah.

5. Menetralisir Bau Yang Tidak Sedap

Suka merasakan bau tak sedap ketika berada di dalam rumah, entah itu bau dari makanan busuk, dari kamar mandi, ataupun dari hewan peliharaan? Bila ya, daripada menggunakan pengharum ruangan berbahan kimia, jauh lebih baik jika Anda memanfaatkan parfum alami dari tanaman.

Untuk pilihannya sendiri, anda bisa memilih tanaman bunga hias yang beragam, seperti lidah mertua, bunga mawar, dan peace lily untuk menjaga udara tetap segar dan wangi. Tanaman ini sama efektifnya dengan penyegar ruangan, namun tidak menggunakan bahan kimia apa pun yang membahayakn kesehatan anda.

6. Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Apakah anda sering mengalami gelala insomnia atau susah tidur? Bila iya, hindari terlalu sering mengonsumsi obat tidur secara berlebihan. Karena selain menyebabkan ketergantungan, konsumsi obat berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh anda.

Nah salah satu cara yang ampuh yang bisa anda gunakan adalah dengan memberi tanaman bunga di sekitar tempat tidur anda. Misalnya seperti lavender dan bunga matahari yang selain memberikan efek mudah tidur, juga mengurangi tingkat stress, kecemasan, dan rasa sakit yang biasanya menyebabkan insomnia tersebut.

Informasi Pemesanan Bunga Di Toko Bunga Online Terpercaya Dan Berkualitas

Jika anda sedang mencari atau berminat untuk memesan karangan Bunga, Bunga papan, buket Bunga, standing flower atau produk Bunga lainnya. Delovery.com hadir untuk memenuhi kebutuhan anda dengan pemesanan yang Mudah, cepat, dan gratis biaya pengiriman. Kami merupakan toko bunga Jakarta Timur terpercaya. Jika anda ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut, silakan kunjungi website resmi kami delovery.com.

Bagi anda yang ingin melakukan konsultasi atau mengajukan pertanyaan, anda dapat menghubungi kami melalui email sales@delovery.com. Atau anda juga dapat mengirim pesan melalui whastapp kami 081-2288-3155. Segera lakukan pesanan agar mendapatkan penawaran terbaik dari kami, ya!

Previous

Tips Memilih Bunga Untuk Hadiah Romantis Yang Tepat Dan Bermakna

Next

Fakta Lain Bunga Daisy yang Tumbuh dari Air Mata Artemis