Blog » Inspirasi » 5 Alasan Mengapa Terarium Kaca Bisa Menjadi Kado Paling Manis untuk Orang Tersayang

Siapa nih yang suka kehabisan ide dan suka bingung kalau lagi cari kado untuk orang terkasih? Kamu bisa banget nih cobain beli inovasi kado yang lagi booming akhir-akhir ini yakni, terarium kaca.

Kado hits yang satu ini sukses menjadi favorit banyak orang karena keindahannya. Bagi para penggemar tanaman hias, pasti akan senang bukan kepalang jika menerimanya. 

Lantas apa sih sebenarnya terarium ini?

Apa itu Terarium Kaca?

terarium kacaSeperti namanya, terarium adalah terobosan unik dimana tanaman akan dibiarkan tumbuh dan berkembang di dalam sebuah wadah kaca. 

Hal ini tentunya menjadi solusi yang tepat untuk kamu yang ingin hidup memelihara tumbuhan tapi tak punya lahan yang cukup luas.

Kata terarium berasal dari Bahasa Latin yaitu terra yang artinya bumi dan arium yang berarti tempat atau wadah. Jadi terarium bisa juga disimpulkan sebagai miniatur ekosistem yang dikemas di dalam wadah kaca maupun plastik transparan.

Dibalik pesonanya, terarium ternyata ditemukan secara tidak sengaja loh! Cerita ini dimulai ketika seorang fisikawan asal London, Nathaniel B.Ward sedang melakukan penelitian tentang pengaruh kelembapan udara terhadap serangga.

Namun, ada kejadian tak terduga yang terjadi. Salah satu tabung percobaan miliknya yang terbuat dari gelas tertutup ditumbuhi sebatang kecambah pakis. Anehnya lagi, tumbuhan ini tumbuh subur hingga menjadi pakis yang sempurna.

Penemuan ini kemudian diabadikan di Kerajaan Inggris pada zaman Dinasti Victoria dan menjadi terkenal di kalangan para bangsawan saat itu.

Jenis-jenis Terarium

Hingga saat ini, terarium kaca dibagi menjadi dua yakni terarium terbuka dan terarium tertutup.

  • Terarium Terbuka

Pada model ini, sisi wadah terarium ada yang sedikit terbuka sehingga memiliki karakteristik yang kering dan tidak terlalu lembab.

Oleh karena itu, kamu perlu menyirami tumbuhan di dalamnya agar bisa berkembang dengan baik.

Tanaman yang cocok hidup untuk model terarium ini diantaranya adalah kaktus dan sukulen.

  • Terarium Tertutup

Karena bentuknya yang tertutup rapat, terarium ini memiliki kelembapan udara yang tinggi. 

Beda halnya dengan terarium terbuka, kamu tidak harus sering memberikannya asupan air. Pasalnya pada model ini, tanaman mengandalkan siklus air yang secara alami terjadi.

Tanaman akan melepaskan uap air hingga mengembun di dinding kaca dan jatuh kembali ke tanah. Siklusnya sama persis dengan dunia nyata ya?

Tumbuhan ideal untuk model ini adalah pakis, lumut, fittonia, hedera felix dan baby tears.

5 Alasan Mengapa Terarium Bisa Jadi Kado Paling Manis untuk si Kesayangan

Tak hanya menambah estetika ruangan, terarium kaca memiliki segudang alasan lain yang berhasil menjadikannya sebagai kado spesial untuk si dia.

  • Memiliki Efek Positif Secara Psikologis

Suasana alami yang dipancarkan oleh tumbuhan yang ada di dalam terarium nyatanya memberikan beberapa dampak positif bagi pemiliknya. Seperti meningkatkan mood, meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres.

  • Menyerap Polusi Udara

Tanaman dalam kaca ini mampu menyerap polusi dari asap rokok yang dapat mengakibatkan Sick Building Syndrome

Selain itu, terarium juga merupakan tanaman anti radiasi sehingga akan membantu mengurangi jumlah gas polutan di udara.

  • Tidak Memakan Banyak Tempat

Karena ukurannya yang mungil, kado terarium kaca tidak akan menyulitkan penerimanya. Jadi, mereka bisa mempercantik hunian tanpa harus bingung bagaimana penempatannya.

  • Perawatannya yang Mudah

Walaupun terarium kaca juga perlu dirawat, akan tetapi perawatannya tergolong cukup mudah untuk dilakukan. 

Memang benar jika kamu harus tetap menyiramnya sesekali dan memastikan ia mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Namun, perawatan semacam ini tentu tidak sesulit saat merawat bunga di media tanam lain seperti pot.

  • Unik dan Memorable

Terarium merupakan kado yang akan memberikan kesan tersendiri pada penerimanya. Mengapa begitu? Sesimpel karena ia unik dan berbeda.

Jika pada umumnya orang memberikan coklat atau boneka sebagai hadiah, maka saat kamu memberikan terarium sebagai kado, penerimanya tentu akan merasa kado darimu itu sangatlah bermakna.

Jaminan Kualitas & Keamanan untuk Kirim Terarium Kaca Lewat Delovery

terarium kacaSetelah membaca penjelasan di atas, pasti kamu akan setuju bukan jika terarium kaca merupakan kado paling manis untuk orang terkasih? 

Bagi kamu yang tergoda untuk mencobanya, bisa banget nih langsung memilihnya dari website Delovery di kategori personalized gift. Delovery menyediakan berbagai pilihan terarium yang indahnya luar biasa. 

Terarium kaca ini bisa dengan mudah kamu pesan lewat website Delovery. Dengan memesan terarium lewat Delovery, pastinya paket akan sampai dengan cepat dan aman.

Bermacam hadiah bunga, parcel & gift juga bisa kamu dapatkan di Delovery. Tak perlu khawatir tentang pengiriman, karena kami melayani pengiriman hingga ke 300 kota di seluruh Indonesia.

Yuk percayakan hadiah untuk orang tercinta pada Delovery! Delivering Love Conveniently!

Previous

Apa itu Delovery? Platform Pembawa Ungkapan Kasih & Silaturahmi No. 1 di Indonesia

Next

Hadir di Momen Bersejarah, Ini Arti dari Simbolisasi Corsage