Home » 10 Tips Merawat Bunga Potong Agar Tetap Segar Lebih Lama

Tips Merawat Bunga Potong – Bisa dibilang salah satu jenis tanaman yang paling banyak digunakan adalah bunga. Karena bisa dibilang bunga merupakan pilihan tanaman yang selain mudah untuk ditemukan, juga paling mudah untuk dirawat. Selain itu, bunga juga memberikan kesejukan dan kesegaran di tempat yang ditanami bunga tersebut. Nah berbicara mengenai bunga, salah satu jenis bunga yang banyak digunakan oleh orang-orang adalah bunga potong.

Apa Itu Bunga Potong

Meskipun cukup populer, namun pada dasarnya, masih banyak orang yang mungkin belum tahu apa itu bunga potong. Jadi, bunga potong merupakan sebuah kuncup bunga (yang sering disertai beberapa batang dan daun) yang sudah dipotong dari tanamannya dan sebagian besar digunakan sebagai ornamen dekoratif.

Pengunaan bunga potong pada umumnya adalah dalam media vas, standing flower dan buket tangan. Banyak petani bunga yang memanen bunga potong mereka sendiri, tetapi juga ada industri bunga yang mengkhususkan diri untuk mendistribusikan bunga potong mereka ke seluruh dunia. Bunga potong sendiri ditanam ditiap negara cukup bervariasi sesuai dengan iklim, budaya dan tingkat ekonomi lokal.

Bunga potong ini pada dasarnya bisa dipanen dari alam tetapi umumnya bunga ditanam khusus di lapangan atau dalam kondisi yang bisa diatur seperti dalam rumah kaca. Budidaya dan perdagangan bunga umumnya disebut florikultura.

Nah bunga potong sendiri memiliki manfaat sebagai dekorasi rumah atau bangunan. Biasanya bunga potong ditempatkan dalam media vas sebagai dekorasi di acara-acara resmi seperti upacara pernikahan. Bunga potong sering dihiasi dengan dedaunan tambahan. Di beberapa tempat, penggunaan utama bunga potong adalah untuk sarana ibadah. Fungsi ini dapat dilihat terutama di negara Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Lalu bunga ini dipetik daripada dipotong, tanpa daun atau batangnyan. Biasanya model bunga seperti ini biasa digunakan untuk hiasan rambut, atau di lubang kancing. Kuntum bunga yang sudah terlepas juga dapat digunakan untuk taburan, misalnya mawar merah untuk acara penikahan. Karangan bunga, buket, dan krans bunga merupakan produk turunan dari bunga potong yang bernilai tambah lebih tinggi.

Tips Merawat Bunga Potong Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Nah berbicara mengenai bunga potong ini, pastinya banyak sekali yang ingin menggunakan sebagai hiasan tanaman yang menarik dirumah anda. Nah bagi anda yang ingin menggunakan bunga potong ini, kami akan memberikan 10 tips dalam merawat bunga potong agar bisa tetap segar dan tahan lama berikut ini.

  1. Meletakan Di Vas Berisi Air

Ketika memetik bunga mawar di taman untuk dijadikan sebagai bunga potong ataupun membeli bunga mawar potong di toko tanaman terdekat, anda harus sesegera mungkin meletakkannya di dalam sebuah vas yang telah diisi air. Karena bunga yang telah dipotong dari tanaman induknya pada dasarnya akan mengalami penguapan. Jangan biarkan penguapan terus berlangsung dan membuat bunga menjadi layu dan mengering. Anda harus segera menaruhnya ke dalam sebuah vas berisi air. Dengan demikian, bunga tersebut bisa segera minum dan terhindar dari layu.

  1. Lebih Bagus Menggunakan Air Hangat

Dalam merangkai bunga potong seperti ini, cara yang paling tepat untuk merawatnya adalah dengan anda harus menyiapkan vas yang bersih terlebih dahulu. Lalu isilah vas tersebut dengan air hangat yang memiliki suhu sekitar 45 derajat celcius. Penggunaan air hangat ini dilakukan karena air hangat lebih mudah diserap oleh tanaman daripada air dingin. Lalu gunakan air hangat, bunga potong Anda benar-benar akan terhindar dari risiko layu. Dan terakhir yaitu masukkan bunga mawar potong ke dalam vas dan atur tata letaknya supaya tampil cantik.

  1. Selalu Menjaga Nutrisi Bunga Potong

Bukan cuma tanaman hidup saja yang membutuhkan nutrisi untuk menunjang kehidupannya, fbunga potong juga memerlukan asupan nutrisi supaya sanggup bertahan dalam waktu yang lama. Nutrisi tanaman untuk bunga potong biasanya banyak dijual di toko pertanian.

Serta untuk komposisi di dalamnya meliputi pupuk sebagai sumber makanan, acidifier sebagai pengontrol pH air, dan biosida sebagai pelindung tanaman dari bakteri berbahaya. Anda harus membuatnya sendiri yaitu dengan mencampurkan 1 gelasair, 3 sendok makan air sari lemon, dan 1 sendok teh cairan pemutih pakaian.

  1. Mengganti Air Vas Setiap 2 Hingga 3 Hari Sekali

Merawat bunga mawar potong, anda tidak hanya memantau kondisi bunga tersebut saja, tetapi juga wajib memperhatikan dengan baik kondisi air yang berada di dalam vas. Karena kehidupan bunga potong Anda sangat bergantung pada mutu air di dalam vas.

Selain untuk memberikan nutrisi secara berkala, anda juga harus mengganti air secara teratur. Paling tidak, air di vas bunga ini harus Anda ganti dengan air baru yang bersih setiap 2 hingga 3 hari sekali. Jangan lupa untuk mencuci vas tersebut sampai bersih sebelum digunakan kembali.

  1. Memangkas Daun Yang Sudah Layu

Anda harus membersihkan bunga potong ini secara berkala agar kesegarannya sanggup bertahan dalam waktu yang lebih lama. Karena bunga potong yang kotor rentan terserang kuman dan bakteri berbahaya yang menyebabkannya mudah membusuk. Saat selesai membersihkan bunga potong, taruh kembali ke dalam vas, daun-daun pada bagian bawah bunga potong tersebut yang mungkin telah layu sebab terkena air sebaiknya dipangkas terlebih dulu. Tujuannya untuk mencegah terjadinya pembusukan daun yang bisa meningkatkan jumlah bakteri di air.

  1. Potong Batang Bagian Bawah

Potong bagian batang bawah bunga mawar potong tersebut sesampainya anda di rumah. Tetapi tak boleh memangkas habis batang bunga potong ini ya. Anda hanya perlu memotong bagian batang bagian bawah sepanjang 2 hingga 3 cm saja. Tujuannya agar batang mawar potong bisa menyerap air di dalam vas dalam waktu yang lebih cepat. Lalu pemotongan ini juga berguna untuk mencegah pembentukan gelembung udara penyebab pembusukan di pangkal batangnya.

  1. Letakan Di Tempat Yang Tepat

Tempat yang tepat untuk meletakan bunga potong ini adalah di ruangan yang dingin. Karena bisa dibilang, ruangan yang dingin seperti di AC ini akan terhidar dari risiko penguapan secara ekstrem. Ksegaran bunga potong mampu bisa bertahan lebih lama.

Jika tidak ada AC, sebenarnta bisa meletakkan bunga potong ini di tempat yang teduh. Jauhkan bunga ini dari pancaran sinar matahari langsung dan debu. Hindari juga meletakkan vas bunga di dekat jendela, peralatan yang menghasilkan panas, serta ventilasi pembuangan AC.

  1. Buang Bagian Bunga Yang Layu

Bagian bunga potong yang layu dan terlihat berwarna kecokelat-cokelatan harus segera dibuang. Tujuannya untuk mencegah terjadinya pembusukan tanaman secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan gunting yang bersih untuk memangkas bunga potong tersebut. Sebelumnya, gunting ini perlu dibersihkan terlebih dahulu memakai alkohol atau air panas. Anda tidak boleh merasa sayang ketika harus memangkas bunga potong ini. Karena pemangkasan ini berguna untuk menyelamatkan kesegaran bunga secara menyeluruh.

  1. Jauhkan Bunga Potong Dari Buah Matang

Banyak orang yang yang menaruh sekeranjang penuh buah-buahan tepat di dekat bunga potong. Sebenarnya ini mampu menghasilkan pemandangan yang menarik. Interior rumah juga terlihat lebih mewah dan bergaya manakal dihiasi dengan bungan potong dan buah-buahan yang segar.

Tetapi dengan trik ini berisiko akan mempercepat pembusukan pada bunga mawar potong Anda. Perlu diketahui, buah yang sudah matang akan menghasilkan gas etilen yang bisa memicu proses pematangan lebih lanjut. Gas ini pula yang akan mematangkan bunga potong di dekatnya yang membuat bunga potong jadi membusuk.

  1. Trik Merawat Bunga Potong Paling Ampuh

Cara paling dari merawat bunga potong ini adalag dengan cukup memotong bagian pangkal batangnya 2-3 cm. Kemudian rendamlah seluruh bagian bunga tersebut di sebuah bak yang berisi air dingin selama 20 hingga 30 menit. Trik ini sangat efektif untuk mengembalikan kesegaran bunga potong yang sudah layu.

Nah setelah mengetahui cara merawat bunga potong yang sudah kami sampaikan, hal lainnya yang juga tidak kalah penting untuk anda ketahui adalah dengan mencari toko yang menjual berbagai bunga potong yang berkualitas tinggi. Nah kami dari Delovery siap memenuhi segala kebutuhan anda dalam mencari bunga potong.

Informasi Kontak Toko Bunga Jakarta

Nah bagi anda yang tertarik, anda bisa kunjungi website kami di www.delovery.com untuk melihat produk katalog dari kami. Selain itu anda bisa melakukan pemesanan melalui nomor telepon 08122883155. Kami merupakan toko bunga jakarta terbaik yang ada. Serta kunjungi sosial media kami di Instagram, Tiktok, Twitter, hingga YouTube.

Previous

Temukan Ide Kado Zodiak Cancer Saat Ulang Tahun

Next

6 Kiat Kreatif Menggunakan Bunga Hias Dalam Aristektur Lanskap